Berita Nasional Terpercaya

Israel Berencana Dirikan Tembok Penghalang di Sekeliling Jalur Gaza

0

HarianBernas.com ? Bukan cuma Amerika Serikat yang memiliki rencana membangun tembok di perbatasan negaranya. Media Haaretz yang berbasis di di Israel mengabarkan kalau pemerintah Israel berniat membangun tembok bawah tanah sepanjang 60 km. Tembok ini akan dibangun di sekeliling perbatasan wilayah Israel dan Jalur Gaza.

Baca Israel Hilangkan Detektor Metal dari Masjid al-Aqsa

Tembok ini rencananya bakal dibuat dari beton dan dilengkapi dengan sensor. Tujuan pembangunan tembok ini adalah untuk memastikan kalau lorong-lorong bawah tanah yang menghubungkan Gaza dengan dunia luar tidak bisa lagi beroperasi.

Mayoritas bagian tembok bakal berada di bawah tanah dengan kedalaman sekitar 40 meter, sementara hanya sebagian kecilnya yang setinggi 6 meter yang akan berdiri di atas permukaan tanah. Pembangunan tembok ini diperkirakan bakal menelan biaya 1,1 milyar dollar (14,6 trilyun rupiah) dan memerlukan waktu setidaknya dua tahun.

Jika tembok ini sudah berdiri, tembok ini bakal membuat wilayah Israel menjadi semakin sulit untuk diserang oleh Hamas maupun kelompok militan lain yang berbasis di Jalur Gaza. Untuk sekarang Israel mengoperasikan sistem pertahanan misil Iron Dome yang bisa menembak jatuh misil-misil yang diluncurkan dari wilayah Gaza ke Israel.

Rencana ini diperkirakan tidak akan menuai tanggapan positif dari Hamas yang sekarang bertindak sebagai pengelola wilayah Jalur Gaza. Namun Israel melalui Mayjen Eyal Zamir menegaskan kalau Israel siap berperang jika Hamas berani menggunakan jalur perang untuk menghentikan pembangunan tembok ini.

Baca Bekas Pemain Manchester United Diincar Timnas Israel

Pemerintah Israel juga dikabarkan berniat membangun barikade penghalang di bawah airsupaya Hamas tidak bisa melakukan penyelundupan ke dalam wilayah Gaza lewat jalur laut. Namun tidak dirinci seperti apakah barikade penghalang di laut tersebut kelak.

Leave A Reply

Your email address will not be published.