Berita Nasional Terpercaya

Menristek Akan Sesuaikan Kurikulum Kampus dengan Keperluan Pasar

0

HarianBernas.com – Presiden Joko Widodo beberapa waktu belakangan ini sempat mengkritik jika jurusan yang ada di kampus Indonesia tak sesuai dengan berkembangnya zaman serta kebutuhan pasar. Jurusan yang ada di SMK pun dikritik Jokowi karena sejak zaman dahulu hanya itu saja padahal saat ini telah banyak berubah.

Karena mendapatkan kritikan itu, Menristek Dikti M Nasir mengatakan jika apa yang telah dikritik oleh Presiden memang benar adanya. Saat ini pihaknya telah siap memperkaya konten kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan sekarang.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Perubahan itu lebih kepada kontennya, nama mata kuliahnya memang sama namun kontennya yang berbeda. Nasir pun menjelaskan jika Indonesia membutuhkan berbagai jurusan baru yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Sampai sejauh ini, kebutuhan itu sudah diakomodir di dalam jurusan yang telah ada.

“Sebagai contohnya Presiden menyampaikan adanya masalah manajemen logistik, pastinya kita telah kembangkan manajemen logistik. Lalu di jurusan manajemen logistik itu kan terdapat pemasaran, ada juga sumber daya, operation, untuk bisa menjadi operational manajemen yang berarti harus ke manajemen,” terang Nasir.

Begitu pula dengan jurusan teknik, hukum, dan beberapa ilmu lain yang sudah mempunyai banyak turunan. Nantinya pihaknya akan dapat memperkaya berbagai ilmu turunan itu supaya lebih spesifik serta sesuai dengan kebutuhan pasar.

Baca juga: Inilah 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.