Mereka Bicara Kemerdekaan

Editorial Harian Bernas - Thia Destiani
16 Agustus 2017

Ilustrasi. (Sumber foto: Tim Grafis Bernas)

HarianBernas.com - “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”

Hampir semua rakyat Indonesia pasti mengetahui bahwa kalimat itu menjadi salah satu bagian pembukaan UUD 1945. Paling tidak, hampir semua rakyat Indonesia pernah mendengarnya, karena kalimat itu selalu dibacakan pada setiap upacara bendera.

Indonesia memang sudah 72 tahun merdeka. Kemerdekaan itu tidak datang begitu saja, melainkan hasil perjuangan dengan pengorbanan darah dan nyawa para pejuang bangsa ini. Maka, sudah menjadi kewajiban kita saat ini untuk mengisi kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan susah payah oleh para pendiri bangsa ini.

“Saya kira kita sudah merdeka 72 tahun, sekarang bagaimana kita bisa menghadapi tantangan kemajuan tantangan zaman di mana kita juga harus mampu menyesuaikan diri. Bagi keluarga, bagaimana membina putra-putrinya untuk berpendidikan. Kalau mampu yang berpendidikan setinggi-tingginya agar bisa kompetitif. Jangan hanya menjadi pegawai negeri,” kata Gubernur DIY, Sultan Hamengku Buwono X, kepada Bernas, Selasa (15/8).

Bagi para para birokrat, lanjut Sultan, bagaimana bisa melaksanakan sumpah jabatan dan bisa melaksanakan tugas sebaik-baiknya sebagai abdi negara dan pelayan masyarakat. Di sisi lain, bagaimana antara masyarakat dan pemerintah bisa membuka dialog yang transparan untuk membangun pemerintahan yang bagus, sikap dan kredibilitasnya lebih baik, serta integritasnya lebih baik sehingga kasus-kasus korupsi tidak semakin merajalela.

“Bekerja itu harus  didasari kejujuran, kerelaan dan pengabdian,” tandas Sultan.

Kewajiban untuk mengisi kemerdekaan itu juga disampaikan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin. Menurutnya, jika dahulu para pejuang berjuang melawan penjajah untuk kemerdekaan, maka kewajiban seluruh rakyat Indonesia saat ini adalah mengisi kemerdekaan itu.

“Ini menjadi tanggung jawab kita untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi bangsa dan negara kita,” tandas Lukman Hakim Saifuddin kepada Bernas, Selasa (15/8).

Sedangkan Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, berpendapat bahwa tanggal 17 Agustus menjadi satu pendorong untuk berjuang dan berbakti lebih bagus. “Buat anak-anak muda, kalian belajar yang baik, cita-cita yang baik, manakala kamu bisa berbuat begitu maka kamu akan memberikan suatu suasana atau aura yan bagus di sekelilingmu. Saya percaya dengan hati demikian dan selalu berpikir positif maka Tuhan yang Maha Kasih akan selalu menemani kalian. Semoga Tuhan Maha Kasih menemani kita semua,” katanya kepada Bernas.

Lantas, apa arti kemerdekaan bagi sejumlah tokoh di Yogyakarta? Menurut Agus Santoso, Ketua Majelis Buddhayana Indonesia DIY, kemerdekaan adalah tatkala batin bebas dari mental menggenggam ataupun menolak, bebas dari kemelekatan ataupun kebencian. Ia berfungsi dengan sempurna, bermanfaat bagi orang banyak.

“Sebaliknya, meski tidak ada penjajah eksternal, tapi batin yang dikuasai kebodohan sempit ‘aku versus liyan’, ia sakit, picik, egois dan mencelakakan orang banyak,termasuk dirinya sendiri,” kata Agus Santoso.

Sedangkan Monsinyur Robertus Rubiyatmoko Pr, Uskup Keuskupan Agung Semarang, menyatakan bahwa kemerdekaan RI ke-72 ini ditandai dengan suatu kebangkitan atau kesadaran penuh dari masyarakat Indonesia. Khususnya, betapa pentingnya, betapa mendesaknya bangsa Indonesia ini membulatkan tekad untuk menjaga kesatuan bangsa Indonesia. Terlebih dengan cara menghidupkan kembali nilai-nilai Pancasila yang selama ini sudah tenggelam, atau mulai hilang dan mulai luntur.

“Dan inilah satu yang menjadi tanda sangat positif sekali, yakni kesadaran masyarakat Indonesia untuk sungguh-sungguh mengupayakan kebersamaan, kesatuan, hidup bersama dalam kebhinekaan. Kita sungguh-sungguh disadarkan betul, apalagi kemarin dengan adanya Asian Youth Day (AYD), disadarkan bahwa kita itu manusia diciptakan dalam keberagaman. Dan itulah yang akhirnya kita upayakan, namun beragam yang akhirnya mampu menyatukan. Bhinneka Tunggal Ika, Unity in Diversity. Inilah salah satu yang bagi saya menjadi tonggak penting untuk jalan bangsa Indonesia selanjutnya,” paparnya.

Uskup Agung Semarang itu mengajak untuk kembali melongok sejarah masa lalu bangsa Indonesia, ketika sama-sama berjuang untuk mewujudkan atau meraih kemerdekaan itu. “Kita yang berbagai macam aneka suku, bahasa, bangsa, agama, dipadukan untuk satu tujuan yang sama yakni kemerdekaan. Mudah-mudahan ingatan akan masa lalu, longokan akan masa lalu ini membuat kita kembali kepada usaha untuk menyatukan visi misi, yakni kemerdekaan yang sejati, lahir dan batin, dan sungguh-sungguh memberi kebebasan manusia untuk menjadi manusia-manusia yang beriman,” ujarnya.

Sementara, Tyan Yestenia, Media Worker and Youth Movement Enthusiast @yesheisindo, memaknai kemerdekaan sebagai keberanian untuk memilih. “Setiap kita pernah hidup dalam perbudakan. Ada hal-hal tertentu yang mengendalikan dan mempengaruhi kita sehingga kita tidak punya pilihan. Saat kita berani memilih dan menikmati pilihan itu, kita merdeka,” ujarnya.

Sekretaris Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia DIY, Lifie Rohyana, berpendapat arti kemerdekaan adalah kebebasan menentukan jalan hidupnya sendiri yang hakiki tanpa tekanan dari pihak lain. Menurutnya, kemerdekaan beragama itu mengandung arti bahwa tiap-tiap manusia bebas memilih, melaksanakan ajaran agama menurut keyakinan dan kepercayaannya, dan dalam hal ini tidak boleh dipaksa oleh siapapun, baik itu oleh pemerintah, pejabat agama, masyarakat, maupun orang tua sendiri.

“Kemerdekaan beragama itu tidak mengandung paksaan atau menyuruh penganutnya untuk memaksakan agamanya kepada orang lain, terutama kepada seseorang yang telah menganut salah satu agama lain atau memaksakan agamanya kepada orang lain yang berbeda agamanya,” katanya.

Sedangkan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Sleman-DIY, Alit Merthayasa, berpendapat arti kemerdekaan RI Ke-72 baginya adalah terbebaskannya masyarakat Indonesia dari belenggu penjajahan dalam arti luas yang meliputi Ipoleksosbud-hankam. Namun demikian, menurutnya, hingga saat inirakyat belum sepenuhnya merdeka di bidang ekonomi karena masih sangat tergantung pada negara Barat dan pasar dunia.                       

“Jika ingin merdeka di bidang ekonomi mestinya masyarakat harus bangga dengan hasil karya anak bangsa sendiri dan secara optimal memanfaatkan potensi sumberdaya yang dimiliki bangsa Indonesia,” katanya.                       

Untuk dapat merdeka di bidang ekonomi tersebut, lanjut Alit Merthayasa, seluruh anak bangsa harus berpendidikan cukup dan mampu memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan produk-produk yang dibutuhkan masyarakat sendiri. Jika hasil berlebih baru mengembangkan pasar ekspor. Pengembangan pendidikan yang memanfaatkan sumber daya alam seperti pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber energi mesti didorong dan dikembangkan untuk dimanfaatkan baik oleh masyarakat secara individu, komunal, sosial, dan komersial.                       

Produk-produk pertanian dan perkebunan, menurut Alit, juga mesti dioptimalkan untuk sepenuhnya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat. Industri pengolahan hasil pertanian dan perkebunan mesti dikuasai penuh oleh negara. “Demikian yang mesti mendapat perhatian dari kita semua guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ustadz Hasyim Abdullah, Direktur Pusat Studi Hadits dan Pemberdayaan Masyarakat Kecil “Daarus Sunnah” Yogyakarta, menyatakan kemerdekaan mengandung makna yang sangat luas sehingga sangat mungkin seseorang berbeda pendapat dengan orang lain di dalam memahaminya.“Sungguhpun demikian ternyata para pendiri bangsa Indonesia dengan segala kerendahan hati telah bersepakat dan menyatakannya secara sadar, cerdas dan sungguh-sungguh bahwa kemerdekaan pada hakikatnya adalah rahmat yang sangat besar dari Allah Ta’ala kepada bangsa Indonesia, sebagaimana diabadikan di dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, alinea ketiga. ‘Atas berkat rahmat Allah rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorong oleh keinginan luhur supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaannya’,” ujarnya.

Oleh karena itu, lanjutnya, memaknai sebuah kemerdekaan dalam konteks Indonesia dahulu, kini, dan yang akan datang, adalah apabila bangsa Indonesia mampu membebaskan dirinya dari tiga bentuk penjajahan, yaitu disorientasi hidup, penindasan ekonomi dan kezaliman sosial. “Merdeka, merdekalah bangsaku Indonesia,” ujarnya.



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Kesehatan 1 Jam lalu

Hati-hati! Suhu Dingin Bisa Membunuh Bayi Anda

Bernas.id - Setiap manusia ditakdirkan untuk memiliki sistem homeostasis dari lahir. Sistem ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jika terjadi sesuatu gangguan pada sistem homeostasis ini, maka suhu tubuh dapat turun maupun m ...

Inspirasi 4 Jam lalu

Tak Mau Jadi Rengginang Yang Sembunyi Dalam Kaleng Biskuit? Ini Caranya, Hidup Akan Lebih Asyik!

Bernas.id - Lelucon mengenai kaleng biskuit yang hits di tahun 1980an ini ramai dan biasanya menjadi viral jika mendekati lebaran. Biasanya pada hari Lebaran akan kita temui kaleng-kaleng dengan merk biskuit tersebut yang isinya b ...

Kesehatan 4 Jam lalu

Terbukti Ampuh! Terapi Minyak Tanah Untuk Penderita Asam Urat dan Rematik

Bernas.id - Jika kedua kaki Anda selalu terasa nyeri untuk berjalan, bisa jadi Anda adalah penderita salah satu penyakit asam urat dan rematik. Sebenarnya, asam urat dan rematik itu adalah jenis penyakit yang sama, hanya saja asam urat adal ...

Wisata 7 Jam lalu

Inilah Wisata Malam Di Jogja Yang Selalu Dirindukan Pengunjungnya!

Bernas.id - Jogja adalah kota yang menyuguhkan keindahan dan keromantisan di setiap sudut kotanya, sehingga tidak jarang seseorang yang pernah berkunjung ke kota ini akan kembali lagi. Jogja memang membuat rindu setiap pengunjungnya, kerama ...

Seni Budaya 7 Jam lalu

Mengenal Bangunjiwo, Kelurahan Dengan Berbagai Potensi Budaya

Bernas.id - Saat ini Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sedang menggalakkan program Rintisan Desa Budaya, dimana setiap desa diharuskan untuk memiliki satu atau lebih kebudayaan yang dapat menjadi daya tarik. Salah satu Desa yang mem ...

Internasional 8 Jam lalu

Planet Ini Jaraknya Tidak Jauh dari Bumi dan Mungkin Berpenghuni

Bernas.id – Keberadaan alien memang masih belum terbukti hingga sekarang. Namun misi para astronom untuk mencari planet lain yang berpenghuni masih terus berlanjut. Tim astronom di observatorium Chili baru-baru ini mengumumkan kalau p ...

Bola 9 Jam lalu

Waduh, Dua Rekan Setim Ini Berkelahi di Tengah-Tengah Pertandingan

Bernas.id – Sepak bola merupakan olah raga tim. Jadi sudah sepantasnya pemain-pemain di tim yang sama menunjukkan kekompakannya di atas lapangan hijau. Namun hal berbeda tersaji dalam pertandingan Liga Serie A Brazil antara Flamengo m ...

Tokoh 9 Jam lalu

Semua Harus Dilakukan dengan Cara dan Pikiran yang Benar

Bernas.id - Handy Wijaya CFP menceritakan pengalaman istimewanya yang menjadi titik balik dalam kehidupannya. Waktu itu, ia mengambil keputusan untuk pindah ke dunia perbankan setelah  satu setengah tahun bekerja di perusahan sekuritas ...

Umum 9 Jam lalu

Canggung Menari, Kahiyang Ayu Lempar Senyum Manis Usai Terima Marga Siregar

MEDAN, Bernas.id – Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu resmi menerima marga Siregar, Selasa (21/11/17). Dalam pemberian marga tersebut, Kahiyang didudukkan di atas pelaminan yang sudah disediakan keluarga paman Bobby, yaitu Doli ...

Tokoh 10 Jam lalu

Presenter TV Senior AS Charlie Rose Dituduh Sebagai Pelaku Pelecehan Seksual

Bernas.id – Charlie Rose, jurnalis TV senior yang menjadi pembawa acara CBS This Morning, dan paling dikenal untuk tayangan wawancara PBS-nya, baru saja ditambahkan ke daftar nama pria yang dituduh melakukan pelecehan secara seksual d ...

Kesehatan 10 Jam lalu

Ternyata, Berdasarkan Penelitian, Lemak itu Tak Bikin Gemuk!

Bernas.id – Banyak orang menganggap memakan makanan berlemak bakal membuat gemuk. Namun, semakin banyak saja penelitian yang membuktikan anggapan itu keliru. Salah satu penelitian tentang lemak ini ditulis oleh Aaron Carroll, seorang ...

Nasional 11 Jam lalu

Mubazir Kalau Plt Ketum Golkar Orang di Dekat Setya Novanto

JAKARTA, Bernas.id - Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar pada Selasa (21/11/17) siang ini akan menggelar rapat pleno untuk menentukan pelaksana tugas (Plt) ketua umum partai untuk mengganti posisi Setya Novanto yang kini menjadi ta ...

Nasional 11 Jam lalu

Nazaruddin Siap Bantu KPK Beri Keterangan Soal Setya Novanto

JAKARTA, Bernas.id - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin mengaku siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) apabila keterangannya diperlukan dalam penyidikan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi e-KT ...

Internasional 11 Jam lalu

Dituduh Penyihir, Gadis Asal Papua Nugini Disiksa Warga Secara Brutal

Bernas.id – Seorang gadis muda disiksa secara brutal di Papua Nugini setelah secara keliru dituduh mempraktikkan ilmu sihir. Gadis yang diyakini berusia sekitar enam tahun itu, saat ini, tengah dirawat di rumah sakit karena luka pa ...

Musik 11 Jam lalu

Video Klipnya Dinilai Terlalu Sensual,  Penyanyi Pop Wanita Mesir Ini Diciduk Polisi

Bernas.id – Seorang penyanyi wanita bergenre pop asal Mesir terpaksa ditahan oleh kepolisian setempat setelah video klip lagu yang ia nyanyikan menuai kontroversi. Karya yang ia garap dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sensual te ...

Lifestyle 12 Jam lalu

Masih Suka Menunda-nunda dan Mengabaikan Pekerjaan? Sadari Kerugian Ini Agar Kamu Tidak Melakukannya Lagi

Bernas.id - Hal kecil seringkali luput dari penglihatan kita. Tapi tau nggak sih bahwa kita itu nggak boleh meremehkan hal kecil. Sebab sekecil apapun itu pasti akan berdampak besar bila dilakukan secara berulang-ulang. Kebiasaan mengaba ...

Highlight 12 Jam lalu

Tiang Listrik, Akhir Perjalanan Panjang Setnov Menuju KPK

Bernas.id - Drama panjang nan melelahkan antara KPK dan ketua DPR RI Setya Novanto akhirnya menemuka ujungnya. Minggu malam (19/11) Setyo Novanto resmi mengenakan rompi orange KPK. Tersangka kasus mega korupsi e-KTP ini tiba di gedung KPK m ...

Kuliner 12 Jam lalu

Inilah Keripik Kentang Termahal Sedunia, Cuma Lima Keping Dihargai Rp 730 Ribu!

Bernas.id – Sebuah perusahaan bir di Swedia tak hanya memproduksi bir, namun juga mengeluarkan produk camilan keripik kentang. Namun, keripik kentang keluaran St. Erik's Brewery ini bukanlah camilan yang biasa-biasa saja.  ...

Film 12 Jam lalu

Waduh, Film Anak Naura dan Genk Juara Dituduh Sudutkan Islam

Bernas.id – Kita tentu senang jika terdapat film anak-anak buatan Indonesia di masa sekarang. Salah satunya adalah film anak-anak ‘Naura & Genk Juara’. Tetapi sayangnya terdapat kabar tak sedap menghampiri film ini. Be ...

Film 12 Jam lalu

Tonton Trailer Memukau “A Wrinkle Time” dari Disney

Bernas.id – Disney baru saja meluncurkan trailer baru untuk film berdasarkan novel fiksi ilmiah karya Madeleine L’Engle yang berjudul A Wrinkle Time. Film yang digarap oleh sutradara Ava DuVernay ini telah merampungkan proses pe ...

Inspirasi 12 Jam lalu

Jual Merchandise Tanpa Dijaga, Idol ini Tuai Pujian

Bernas.id – Mencari pendapatan lebih bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satunya adalah dengan menjual barang-barang khas (merchandise) dari sebuah grup idol. Karena tingginya minat penggemar untuk membeli barang yang dijual o ...

Nasional 12 Jam lalu

Fahri Hamzah Sebut Jasa Setya Novanto kepada Pemerintahan Jokowi

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menganggap wajar jika Ketua DPR Setya Novanto meminta perlindungan Presiden Joko Widodo. Setya Novanto menjadi tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP. Penilaian Fahri ...

Properti 14 Jam lalu

Wow! Kota Seluas 50 Kali Meikarta akan Dibangun Bos Microsoft

PHOENIX, Bernas.id - CEO Microsoft Bill Gates, berencana akan membuat kota pintar, yang luasnya diperkirakan 50 kali dari kota baru Meikarta yang tengah digarap Lippo Group. Mereka rencananya akan membangun kota baru dengan mengintegrasi ...

Properti 15 Jam lalu

Target Akhir Tahun Bangun 200 Ribu Rumah, REI Optimis Tercapai

JAKARTA, Bernas.id - Menjelang akhir tahun ini, target pembangunan rumah rakyat harus tercapai. Terkait soal itu, REI optimis bisa melampaui target yang diperkirakan melebihi capaian yakni 200 ribu unit rumah. Hal tersebut dikatakan Ketu ...

Film 15 Jam lalu

Justice League Gagal Capai Prediksi Box Office

Bernas.id – Dalam pembukaan perdana di Amerika Utara, Justice League ternyata tak mampu mencapai prediksi pendapatan box office. Jika banyak yang memperkirakan film ini akan meraih USD 110 juta kenyataanya hanya USD 96 juta di pekan p ...

Fashion 15 Jam lalu

Agnez Mo Tampil Menawan di Red Carpet American Music Awards 2017

Bernas.id – Agnez Mo mempunyai kesempatan untuk menghadiri red carpet ajang penghargaan musik tahunan America Serikat, American Music Awards (AMAs) 2017. Penyanyi cantik berambut pendek ini tampil menawan dengan gaun putih. Penampilan ...

Film 15 Jam lalu

Ternyata Film Justice League Banyak Kemiripan dengan Avengers. Tonton ini Kalau Gak Percaya

Bernas.id – Apakah kamu sudah menonton Justice League? Kalau belum hati-hati, karena tulisan ini akan menjadi spoiler. Kalau sudah menonton, mungkin kamu akan menyadari ada banyak kemiripan antara Justice League dengan film The Ave ...

Bisnis 15 Jam lalu

Terungkap! Ini Harta Karun Dalam Bisnis yang Belum Dimanfaatkan

Bernas.id - Terkadang dalam keseharian, kita disibukkan dengan memikirkan pemasaran produk dan pelayanan dari waktu kewaktu. Jarang dari kita yang melihat ke dalam dan menyadari apa yang sebenarnya kita miliki. Ternyata kita memil ...

Selebritas 15 Jam lalu

Ayah Irfan Hakim Meninggal Dunia Setelah Opname 53 Hari

Bernas.id – Kabar duka baru saja datang dari presenter kondang Irfan Hakim. Pria yang memiliki 4 anak ini baru saja kehilangan ayahanda tercinta H. Rosyid Sukarya pada pukul 3.30 pagi ini (21/11/2017). Selama 53 hari ayahanda di rawat ...

Destinasi 16 Jam lalu

Wah, Desa Ini Menjadi Yang Terindah di Dunia!

Bernas.id - Banyak tempat di Indonesia yang begitu menawan namun tidak dikenali, padahal nyatanya memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Kali ini perjalanan menyusuri sebagian kecil daerah Sumatera Barat atau biasa diken ...

Mutiara Iman 16 Jam lalu

Wahai Muslimah, Hari Gini Masih Baperan? Oh, No!

Bernas.id - Kita mungin sudah tak asing dengan kata "baper" atau "bawa perasaan". Istilah yang sudah kekinian ini ternyata menurut tulisan pakar Romansa memiliki beberapa arti ...

Bisnis 16 Jam lalu

Jika Ingin Bisnis Jalan Di Tempat, Jangan Baca Ini!

Bernas.id - Liburan yang seru itu yang sudah tahu destinasi wisata yang asyik, jangan asal jalan saja karena selain waktu habis di jalan sambil memikirkan tempat tempat yang bisa didatangi, sudah pasti boros bensin dan tenaga. Keb ...

Marketing 16 Jam lalu

Strategi Jitu Costumer Service Online, Bahkan Emoticon Berpengaruh!

Bernas.id - Seperti yang sudah diketahui bersama, bagi sosok costumer service, seorang pelanggan atau konsumen adalah sasaran empuk yang bagaimana caranya membuat mereka membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Seorang costumer service mau ...

Finansial 18 Jam lalu

Mau Asah Skill Investasi? Yuk Bermain Cashflow Game

JAKARTA, Bernas.id -- Ada hal yang berbeda di Kantor Lembaga Sertifikasi Profesi Pasar Modal (LSP-PM) di Lantai 6 Gedung GKBI, Jakarta. Sekelompok orang dari berbagai profesi sedang bermain 'Cashflow Game'. Cashflow Game merupakan s ...

Highlight 19 Jam lalu

Hati-Hati! Kini Ada Virus Malware yang Ancam Pemakai Facebook dan Twitter

Bernas.id – Jika kamu termasuk pemakai aktif Facebook dan Twitter maka harus semakin berhati-hati. Saat ini sedang terdapat malware yang menjangkiti media sosial dengan nama Trojan Terdot. Malware ini adalah turunan dari Trojan Zeus y ...

Selebritas 19 Jam lalu

Sedih, Lee Min Ho dan Suzy Miss A Resmi Putus

Bernas.id – Bisa jadi banyak pecinta Korean Drama (KDrama) menelan kekecewaan karena adanya berita yang cukup mengejutkan. Kabar ini berasal dari pasangan paling serasi asal Korea Selatan, Lee Min Ho dan Suzy yang berasal dari girlban ...

Bisnis 19 Jam lalu

Bermain Permainan Ini, Anda Bisa Terhindar dari Kesalahan Berinvestasi

JAKARTA, Bernas.id - Meski pernah bekerja di instansi perbankan, tak menjamin seseorang memiliki pemahaman tentang aset maupun liabilitas. Ini dialami Bapak Yohanes, mantan bankir di sebuah intansi perbankan. Dia mengaku memahami mindset te ...

Nasional 19 Jam lalu

Nasib Setya Novanto Ditentukan Siang Ini

JAKARTA, Bernas.id - Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) akan menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran etik oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto pasca ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sebelum menin ...

Kesehatan 19 Jam lalu

Tikus Bakal Digunakan untuk Perangi Wabah TBC

Bernas.id – Tikus selama ini dianggap sebagai hama dan biangnya wabah penyakit. Namun organisasi APOPO yang berbasis di Belgia memiliki pandangan berbeda. Pasalnya APOPO seperti yang dilansir oleh Reuters justru berniat melatih tikus ...

Internasional 19 Jam lalu

Hebat! Robot Ini Bisa Lakukan Salto Tanpa Terjatuh

Bernas.id – Robot yang bisa bergerak dengan lincah bukan cuma ada di film-film. Perusahaan robotik Boston Company yang berbasis di Amerika Serikat (AS) belum lama ini merilis video mengenai Atlas, robot humanoid buatan mereka. Dala ...

Gadget 20 Jam lalu

Ingin Mengirim Foto Lewat WhatsApp dengan Kualitas Bagus? Gini Caranya!

Bernas.id – Pemakai WhatsApp telah lebih dari 1 miliar, bisa dibilang platform pengirim pesan ini memang sangat digemari masyarakat dunia. Tak mengherankan jika platform ini mempunyai fitur yang lengkap, sebut saja pengiriman dok ...

Highlight 20 Jam lalu

Hati-Hati, Kini Sedang Tren Jebakan Teks yang Mengaku dari WhatsApp

Bernas.id – Pemakai WhatsApp di Inggris kini sedang ditakuti dengan adanya jebakan scam atau penipuan berbentuk teks yang kelihatan telah dikirimkan oleh WhatsApp. Sejak hari Minggu (19/11/2017), mayoritas pemakai platform ini mendapa ...

Musik 20 Jam lalu

Bruno Mars Jadi Pemegang Piala Terbanyak, Inilah Daftar Lengkap Pemenang AMAs 2017

Bernas.id – American Music Awards (AMAs) 2017 memang baru saja usai. Tapi pastinya berbagai kejutan pun dihadirkan dalam ajang ini. Pastinya untuk 2017 ini, Bruno Mars menjadi penyanyi dengan perolehan piala terbanyak. Bruno Mars m ...

Internasional 20 Jam lalu

Miris, Separuh Kekayaan Dunia Hanya Dimiliki oleh 1 Persen Penduduk Dunia

Bernas.id – Kesenjangan sosial masih menjadi masalah pelik di dunia. Menurut laporan terbaru yang dirilis oleh Credit Suisse, sebanyak separuh kekayaan dunia hanya dimiliki oleh 1 persen dari total masyarakat dunia. Mereka yang termas ...

Inspirasi 21 Jam lalu

Tantangan Berat Dunia Kepenulisan

Bernas.id – Dunia pendidikan dan perkembangan karakter anak-anak Indonesia mengalami tantangan yang semakin berat belakangan ini. Jangkauan dunia cyber yang semakin mudah di akses mulai dari anak-anak sampai kalangan dewasa, memberika ...

Inspirasi 1 Hari lalu

Keluarlah! Karena "The World is Our Classroom". Ini Lho Maknanya

Bernas.id - Tagline “The World Is Our Classroom” ini bisa kita temui ketika melintas di depan sebuah Universitas Swasta terkemuka di Jakarta. Kalimat tersebut sangat menarik karena belajar pada umumnya memang dilakukan di k ...

Lifestyle 1 Hari lalu

Bang, Ini Lho Yang Harus Disiapkan Menjelang Pernikahan. Sudah Siap?

Bernas.id – Pernikahan sendiri adalah sebuah peristiwa yang bisa diliang besar dan juga bersejarah dalam kehidupan, karena menyangkut sepasang insan yang menyatu dalam ikatan tali suci pernikahan. Adakalanya pernikahan tidak dilangsun ...

Pendidikan 1 Hari lalu

Fresh Graduate: Cari Kerja, Lanjut S-2 atau Nikah, ya?

Bernas.id - Tanpa terasa, waktu berjalan begitu cepat. Setelah lulus SMA pasti banyak di antara kamu yang memutuskan untuk lanjut S1. Setelah melalui setiap tahapan dalam kuliah S1, mulai dari orientasi mahasiswa baru, kuliah di kelas, kuli ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Oh My God, Ternyata Kebiasaan Ini Tak Baik Bagi Telinga! Lalu Bagaimana Cara Menjaga Kesehatannya?

Bernas.id - Gangguan pada telinga bukan hanya dialami oleh satu atau dua orang tapi jutaan orang di dunia ini. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan telinga yang merupakan satu dari lima panca indera. Ada banyak penyebab kerusakan atau ...

Hobbies 1 Hari lalu

Janda Ini Sedang Naik Daun untuk Menghias Rumah!

Bernas.id - Saat ini sudah banyak terbentuk komunitas ataupun geng ibu-ibu muda zaman now, salah satunya adalah komunitas. Terdapat komunitas beranggotakan ibu-ibu muda yang hobi mendekor rumahnya dengan berbagai barang-barang lucu dan ...