Berita Nasional Terpercaya

Donald Trump Nekat Tatap Langsung Gerhana Matahari AS

0

Bernas.id ?  Terdapat satu peraturan yang patut diketahui saat hendak melihat gerhana matahari; jangan melihat langsung ke arah sang surya sebelum tertutup sepenuhnya oleh bulan.

Memang, banyak orang tak mengetahui pentingnya peraturan itu. Akan tetapi, yang paling mengejutkan adalah, sepertinya Presiden Amerika Serikat Donald Trump termasuk dalam kelompok orang yang tidak tahu ada larangan itu.

Setidaknya untuk beberapa saat, sebelum salah satu staf kepresidenan dari kejauhan meneriakkan kata-kata berikut;

“Jangan melihat langsung!”, ujar seorang staf kepresidenan kepada orang nomor satu Negeri Paman Sam itu, seperti diberitakan CNN, Selasa (22/8/2017).

Sebagian orang mungkin berpikir, seharusnya individu sekaliber Presiden Amerika Serikat Donald John Trump pasti mengetahui tentang peraturan tersebut.

Atau paling tidak, sejumlah besar penasihat, cendekiawan, ilmuwan, hingga Badan Antariksa NASA yang bekerja untuknya pasti telah memberi imbauan tentang bahaya menatap langsung sang surya kala gerhana.

Namun hal itu nampaknya tidak terjadi.

Buktinya, dalam sebuah sesi foto resmi di Balkon Truman, Gedung Putih, pada 21 Agustus 2017, tepat kala gerhana matahari nampak di Washington, DC, Presiden Donald Trump sempat menatap langsung ke arah matahari dengan mata telanjang, tanpa memakai kacamata pelindung.

Dan, seperti yang nampak pada sejumlah foto yang beredar, presiden ke-45 AS itu dengan nekatnya melakukan aksi berbahaya tersebut lebih dari satu kali.

“Sekitar pukul 14.39 (waktu setempat), presiden melakukan gestur di depan para jurnalis media, juru foto, dan kerumunan di bawah balkon. Ia melakukan gestur menunjuk kerumunan dan menunjuk ke arah langit,” kata jurnalis The Guardian, Ben Jacobs yang dikutip CNN.

“Sesaat setelah ia melakukan itu, salah seorang staf Gedung Putih yang berada di bawah balkon berteriak 'jangan melihat langsung!',” imbuh Jacobs.

Pada akhirnya, sang presiden pun mengeluarkan kacamata pelindung. Pada kesempatan berbeda, seorang jurnalis CNN, Ashley Strickland, sempat mengulas bahaya menatap matahari dengan mata telanjang kala proses gerhana matahari sebelum tertutup seutuhnya oleh Bulan.

“Retina dapat menerjemahkan cahaya menjadi dorongan listrik yang otak mengerti, tapi satu hal yang tidak dapat diterjemahkan adalah rasa sakit,” tulis Strickland.

“Jadi, jika Anda berpikir ingin mencuri-curi pandang untuk melihat sekilas matahari sebelum tertutup Bulan, ketahuilah, itu bukan sebuah pengalaman yang berharga. Meski hanya sedikit, cahaya itu sangat berbahaya.”

“Bahkan, dengan hanya sekilas dapat menyebabkan penglihatan menjadi kabur hingga kebutaan sementara. Masalahnya, dalam beberapa kasus, sulit untuk diketahui apakah itu bersifat sementara atau permanen,” ujarnya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.