Berita Nasional Terpercaya

Cara Mengolah Bunga Turi Supaya Tidak Pahit

0

Bernas.id –  Bunga Turi sering dimanfaatkan sebagai campuran pecel yang mempunyai manfaat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah pencegah kanker. Namun sayangnya, banyak orang tidak menyukainya karena rasanya yang pahit.

Tunggu dulu, sebenarnya kita bisa kok mengolah bunga turi supaya tidak pahit dan tetap memperoleh manfaat baiknya. Inilah beberapa caranya,

1. Pilihlah bunga turi yang segar terlihat dari warna dan tampilan kelopak bunga masih utuh, tidak kisut dan kecokelatan. Pilihlah bunga turi yang masih muda, terlihat dari kuncup bunga yang belum mekar. Bunga turi yang sudah mekar mempunyai tekstur yang lebih liat sshingga kurang nikmat untuk dikonsumsi.

2. Keluarkan bunga putik dan benang sari dari dalam  bunga turi ini dilakukan untuk mengurangi rasa pahit bunga turi.

3. Untuk menutupi rasa pahitnya bunga turi sebaiknya diolah dan disajikan sebagai sajian ber bumbu atau pedas anda dapat mengkombinasikannya dengan bahan lain sesuai selera.

4. Jika disajikan sebagai campuran sayur rebus maka sebelumnya rebus bunga turi dengan air mendidih yang telah diberi sedikit garam hingga layu kemudian tiriskan dan tendang bunga turi dalam air es supaya masih terasa renyah dan tidak terlalu matang.

Selain sebagai campuran pecel anda bisa mengolahnya untuk campuran urat pemesanan yang masakan ber santan dan lainnya. Jadi jangan pernah ragu lagi mengolah bunga turi sebagai hidangan favorit keluarga. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.