Berita Nasional Terpercaya

Keindahan Bunga Jadi Peluang Bisnis Menjanjikan, Ini Catatannya

0

Bernas.id ? Bunga menjadi salah satu pilihan untuk mengungkapkan kasih sayang, kegembiraan, bahkan duka cita. Bunga digunakan dalam banyak momen penting seperti wisuda, melamar kekasih, pesta pernikahan, bahkan hingga kematian seperti karangan bunga ucapan turut berduka cita.

Mahasiswa atau kaum muda bisa memanfaatkan bunga sebagai peluang bisnis. Saat ada teman kuliah yang lulus ujian skripsi biasanya diberi bunga apalagi saat wisuda. Toko bunga bisa banjir pesanan bouquet bunga. Simak hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membuka toko bunga menurut Bernas.id: 

1. Modal usaha

Usaha bunga atau florist itu bisa menjadi salah satu pilihan untuk menambah pengasilan karena modal yang dibutuhkan terbilang kecil. Mulai dari ratusan ribu, Anda bisa memulainya. Satu ikat bunga dari petani berkisar Rp 20.000-Rp 35.000 untuk bunga lokal. Bunga lokal ini seperti krisan, garbera, maupun mawar. Sementara, daun-daun yang umumnya digunakan untuk rangkaian bunga vas maupun hand bouquet relatif murah mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 15.000. Karena harga bunga juga tak menentu maka Anda bisa melakukan kerjasama dengan supplier bunga. Setidaknya harga bunga lokal tetap stabil untuk stok toko bunga Anda.

2. Harga jual bunga

Setiap bisnis tentunya ingin mencari keuntungan dan mendapat penghasilan. Mulai dari buket tangan untuk wisuda Anda bisa menjualnya mulai dari Rp 30.000 hingga Rp 200.000. Tergantung dari bunga-bunga yang dipilih. Biar makin cantik carilah tambahan kain, pita warna-warni agar rangkaian bunga makin cantik. Bunga vas bisa dijual dari Rp 100.000 hingga Rp 500.000. Sedangkan, karangan bunga mulai Rp 450.000 hingga Rp 2.000.000. Menggiurkan bukan? Selain dapat uang, Anda bisa menyalurkan kreativitas dalam merangkai bunga. 

3. Promosi wajib dilakukan

Anda bisa menawarkan bervariasi mulai dari bunga meja, bunga tangan, hingga karangan bunga besar. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan hasil rangkaian bunga yang dibuat. Jangan lupa buat katalog agar memudahkan pembeli menentukan bentuk rangkaian bunga dan jenis bunga yang diinginkan pembeli. Tawarkan kepada teman-teman agar bisnis bunga Anda dikunjungi pembeli atau mendapat banyak pesanan.

4. Tantangan bisnis bunga

Tantangan bisnis florist adalah kecepatan dalam membuat pesanan. Setidaknya butuh waktu dari hitungan menit hingga berjam-jam. Karena tingkat kesulitannya berbeda-berbeda. Ketahanan, kesegaran, dan kerapuhan setiap bunga juga berbeda-beda maka diperlukan ketelitian dan harus berhati-hati saat mengirim bunga.

Tertarik untuk usaha bunga? Selamat berkreasi. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.