Berita Nasional Terpercaya

Selulit, Penyakit Kulit yang Bikin Perempuan Gak Pede

0

Bernas.id – Hampir 80% wanita pernah terserang selulit di suatu waktu tertentu di dalam hidupnya. Kalangan medis telah sepakat jika selulit tak lebih dari sekumpulan lemak di bawah kulit. Selulit memperburuk penampilan bokong paha dan pinggul wanita. Oleh karena itu, banyak wanita yang tak percaya diri karenanya.

Secara sederhana, selulit muncul karena kegagalan tubuh untuk membuang lemak, terperangkap di bawah lapisan kulit, kemudian menggumpal dan pada akhirnya menimbulkan kesan tidak rata serta bergelombang di permukaan kulit.

Selulit memang bukan  salah satu penyakit kulit berbahaya. Tetapi keberadaannya sangat mengganggu penampilan dan menjadikan penderita kurang percaya diri. Selulit muncul karena adanya kegagalan tubuh secara maksimal untuk membuang lemak yang terperangkap di bawah lapisan kulit yang kemudian menggulung menggumpal serta bergelombang pada permukaan kulit yang menimbulkan kesan tak rata.

Selulit lebih banyak dialami oleh wanita sebab distribusi lemak di tubuh sangatlah berbeda dengan pria. Selulit pada umumnya muncul di bokong lengan atas bagian bawah dan belakang punggung bawah paha dalam atas dan belakang serta bawah bahu.

 

Penyebab

Faktor utama penyebab selulit karena kelebihan minyak di dalam tubuh. Namun ada sejumlah faktor faktor lain yang membuat sellulit dapat muncul lebih dini yaitu kelelahan, stress, kurang olahraga, merokok, minuman mengandung alkohol dan kafein, makanan pedas, serta obat-obatan tertentu.

Beberapa faktor ini akan menghambat pembuangan material yang tak terpakai dalam tubuh sehingga tubuh menyimpannya dan akhirnya terbentuklah selulit. Selain itu selulit juga muncul karena masalah hormon.

Menjelang menstruasi biasanya kadar hormon estrogen meningkat dan dapat mempengaruhi munculnya selulit dan bahkan berlipat jumlahnya. Hal yang sama pun terjadi ketika sang wanita mengalami kehamilan.

 

Pencegahan

Untuk mencegah selulit muncul Dini dapat dilakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini:

  • Memperbanyak minum air putih untuk meningkatkan elastisitas serta pengencangan kulit.
  • Rutin berolahraga untuk membakar lemak dalam tubuh. Batasi makanan tinggi kalori. Makanan rendah kalori dapat membantu untuk menurunkan berat badan karena kelebihan lemak.
  • Selain mempercepat aliran darah, pijatan mempunyai fungsi untuk memecah lemak yang ada di dalam tubuh.
  • Pakailah krim tambahan yang tersedia di pasaran sebagai langkah pencegahan atau untuk menghilangkan selulit.

 

Tindakan penyembuhan secara herbal

Ramuan tradisional cukup ampuh untuk menghilangkan selulit. Sebagai contohnya dengan menggunakan ampas kopi,Siapkan ampas kopi serta gosokkan secara perlahan ampas kopi yang masih hangat pada bagian tubuh yang terkena selulit. Untuk langkah pencegahan lainnya dapat dilakukan dengan cara mengikat seluruh tubuh 10 sampai 15 menit dengan menggunakan spons lembut 1 kali seminggu. Tindakan ini bisa memperlancar peredaran darah dan menguatkan otot.

Ternyata kopi juga dapat digunakan untuk menghilangkan strech mark terutama di bagian paha dan perut. Tetapi agar khasiat kopi terasa maksimal, pakailah bijih kopi yang dihaluskan secara langsung.

Jangan memakai kopi yang telah diseduh baik itu kopi manis, kopi yang telah dicampur dengan berbagai bahan tertentu, dan juga yang lain. Akan lebih baik memakai kopi yang masih alami. Untuk penggunaannya cukup mencampur kopi dengan air hangat hingga membentuk pasta, kemudian oleskan secara rutin di bagian guratan putih atau stretch mark.

Cara lainnya adalah dengan kentang. Jenis umbi-umbian yang satu ini mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaat dari kentang bisa digunakan untuk menghilangkan stretch mark di bagian kulit, perut,  paha, dan bagian lainnya. Anda cukup mengirisnya dan mengoleskan secara merata di bagian stretch mark.

Leave A Reply

Your email address will not be published.