Berkurban di Era Digital

Editorial Harian Bernas - Thia Destiani
30 Agustus 2017

Ilustrasi. (Sumber foto: Tim Grafis Bernas)

Bernas.id - Zaman memang telah berubah dari era analog ke era digital. Perkembangan ini juga menutut perubahan perilaku manusia, termasuk dalam hal ibadah berkurban pada hari raya Idul Adha. Jika dulu seseorang harus “bersentuhan” secara langsung dengan hewan kurbannya, kini teknologi informasi makin memberikan kemudahan.

Kini, seseorang bisa melaksanakan ibadah kurban hanya dengan perlengkapan gadget di tangan. Tinggal pilih hewan kurban yang tersedia di sejumlah laman marketplace atau situs jual beli online. Tak hanya bisa memilih dan membeli hewan kurban melalui dunia maya, pekurban juga bisa menentukan lokasi penyembelihan hewan kurban sekaligus menentukan sasaran penerima manfaat daging hewan kurbannya.

Kemudahan teknologi informasi tersebut diharapkan mampu merangsang kaum muda untuk melaksanakan ibadah kurban. Sebab, tidak bisa dipungkiri, selama ini ibadah kurban dikonotasikan sebagai “kewajiban” orang-orang tua saja. Melalui kemudahan dan kecanggihan teknologi informasi inilah diharapkan kaum muda tertarik untuk berkurban.

Salah satu lembaga yang memanfaatkan perkembangan dunia digital untuk pelaksanaan ibadah kurban adalah Dompet Dhuafa melalui program Tebar Hewan Kurban (THK). Menurut GM Dompet Dhuafa, Benny, program THK ini sudah dilaksanakan sejak tahun 1994.

Untuk melaksanakan program THK ini, Dompet Dhuafa menggandeng mitra peternak di seluruh Indonesia. “Tahun ini mitra Dompet Dhuafa kita ada 63. Masing-masing mitra itu mengelola 5-30 peternak.  Mereka ada di 28 provinsi,” kata Benny kepada Bernas, Selasa (29/8).

Dalam pelaksanaan kurban, Dompet Dhuafa merekrut Tim pelaksana pengendali mutu atau quality control (QC) yang memiliki beberapa tugas dalam menjalankan amanahnya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan pelayanan THK mulai dari fase pengadaan sampai pemotongan. Ada empat tugas pokok seorang QC. Pertama, pemantauan, pengontrolan, pengecekan kesehatan, dan bobot calon hewan kurban sebelum hari pelaksanaan. Kedua, pengecekan dan verifikasi lokasi pendistribusian dan calon penerima manfaat. Ketiga, pemantauan proses penyiapan dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Keempat, pelaporan, pendokumentasian, evaluasi, dan rekomendasi.

Salah satu persoalan yang dihadapi Dompet Dhuafa adalah sistem pelaporan kepada pekurban tentang pelaksanaan penyembelihan hewan kurban berikut pembagian daging hewan kurbannya. Awalnya, petugas harus mencetak foto pelaksanaan penyembelihan hewan kurban, kemudian ditempel pada selembar form untuk dilaporkan ke Jakarta.

“Kalau dalam jarak dekat tidak terlalu memakan banyak biaya. Tapi bagi yang di ujung Sumatra, di ujung Sulawesi, di ujung Papua, itu jarang sekali. Sebab untuk mencetak foto saja mereka harus turun ke kecamatan terdekat. Kemudian untuk mengirimkan mereka harus ke kecamatan terdekat,” papar Benny.

Berkat perkembangan teknologi, proses tersebut bisa dipermudah. “Kita coba namanya sistem digital. Jadi sekarang ini mereka cukup mengirimkan foto-foto pelaksanaan kurban sebelum dan sesudah pemotongan. Semua foto-foto dokumentasi tersebut menjadi laporan digital. Nah buat mereka, ini menjadi sebuah kemudahan. Mereka tidak perlu mencetak foto, mereka tidak perlu menempel, mereka tidak perlu mengirimkan,” kata Benny.

Menurut Benny, kemudahan teknologi itu memberikan banyak manfaat, khususnya mereduksi biaya serta prinsip kehati-hatian. Sebab, jika harus menyeleksi ratusan cetak foto, tentu ada risiko kesalahan.

“Dari sisi waktu, proses pelaporan kita bisa dilakukan lebih cepat. Kendalanya kalau misalnya dulu itu kan pelaporan kita bisa sangat terlambat, sebab kita harus menunggu laporan yang datang dari mitra yang ada di daerah. Proses pengiriman itu kan tergantung jarak. Semakin jauh, semakin lama. Untuk mengirim saja kadang kadang perlu waktu satu hari ke kantor kecamatan. Dari kantor kecamatan ke Jakarta kira kira butuh waktu satu minggu, belum lagi proses seleksi kita di Jakarta untuk memilah milah,” paparnya.

Dengan perkembangan teknologi IT, lanjut Benny, semua proses itu bisa dipangkas, bisa direduksi. Secara otomatis sudah bisa menjadi laporan dalam skema pdf, nama donaturnya, kemudian alamatnya. “Dan itu akan kita kirimkan ke email. Bagi mitra-mitra yang tidak punya email, kita printkan. Tapi lebih cepat karena kita tinggal print laporan yang di pdf itu, kemudian dikirim kepada donatur-donatur kita,” ujarnya.

Mulai tahun ini Dompet Dhuafa memberikan tawaran menarik bagi pekurban. Bisa memilih sendiri lokasi pendistribusian hewan kurban. Ini menjadi keunggulan baru bagi para pekurban yang menyalurkan berkah kurbannya melalui Dompet Dhuafa. Saat ini pekurban dapat memilih lokasi pendistribusian sesuai dengan list peta distribusi dari tim THK Dompet Dhuafa. Langkahnya, seusai pekurban membayarkan kurbannya melalui THK Dompet Dhuafa, akan mendapatkan email verifikasi yang di dalamnya memuat link pemilihan lokasi pendistribusian kurban. Setelah itu, klik link, dan pilih daerah sesuai keinginan pekurban.

Pendistribusian hewan kurban berupa domba, kambing, sapi, dan kerbau ini akan dilakukan di daerah-daerah terpencil, rawan gizi, terbelakang, miskin dan daerah yang terkena bencana, serta kerusuhan di seluruh Indonesia. Pendistribusian juga menjangkau luar negeri, yang berpenduduk minoritas muslim, daerah konflik perang seperti Palestina, Mindanao, Rohingya.

Lalu, bagaimana keabsahan kurban di era digital ini? Menurut mantan Ketua PP Muhammadiyah, Prof Din Dyamsuddin, ibadah kurban yang diberitakan minimal setahun itu memiliki dampak sosial yang besar. Kecenderungan umat Islam untuk berkurban juga semakin besar.

“Kita tidak tahu itu kalau diakumulasi berapa nilainya. Tapi yang paling jelas sangat relevan ibadah kurban ini dengan kondisi kehidupan keumatan dan kebangsaan kita ini yang menuntut adanya orientasi hidup yang bersifat sosial dalam bentuk kedermawanan dan solidaritas sosial. Ini sangat relevan, sebagai koreksi terhadap oritentasi hidup di era modern ini yang sering tampil bersifat individualistik, egoistik,” kata Din Syamsuddin kepada Bernas, Selasa (29/8).

Oleh karena itu, lanjut Din Dyamsuddin, dalam rangka menyambut pelaksanaan ibadah kurban itu dalam konteks kemodernan sekarang yang sudah semakin meluas, kompleks. “Maka tidak salah kalau diterapkan atau dimanfaatkan teknologi yang canggih, apalagi pada era digital dewasa ini. Maka lembaga-lembaga Islam, ada dompet dhuafa, ada Lazismu (lazis Muhammadiyah), dan lain lain dapat menerapkan pendekatan yang memudahkan, baik penghimpunan dana maupun penyaluran daging kurban itu sendiri,” katanya.

Menurut Din Syamsuddin, ilmu fiqih dalam Islam itu cukup fleksibel dan rasional. “Kalau penghimpunan secara online dengan menjelaskan spesifikasi hewannya menyangkut berat hewan dan harga, cara seperti itu tidak salah. Agar kita tidak dianggap membeli kucing dalam karung, seperti itu dibolehkan, asalkan pelaksanaannya harus bersungguh-sungguh ikhlas dan jujur dalam melaksanakannya. Jadi tidak ada masalah dan itu sudah dipraktekkan bertahun-tahun,” ujarnya.

Din Syamsuddin mengakui, saat ini tidak mudah jika harus mengumpulkan hewan-hewan kurban di satu tempat kemudian pekurbannya harus datang, kecuali di kampung yang masih memungkinkan. “Jadi itu tidak ada masalah dan tidak perlu dipermasalahkan, termasuk penyaluran hewannya sekarang juga sudah canggih. Tidak hanya dalam bentuk daging mentah yang dibagi, bahkan sudah dalam bentuk makanan berproses,” tandasnya.

Din Syamsuddin bahkan menginformasikan bahwa tahun ini Lazismu akan membagikan daging kurban dalam bentuk olahan rendang yang dikemas dalam kaleng. “Rendang dalam kaleng. Saya kira ilmu pengetahuan dan teknologi sangat dimungkinkan oleh agama,” ujarnya.

Din Syamsuddin mengajak umat muslim Indonesia menyambut Idul Kurban agar tetap berorientasi pada substansi. Jangan kehilangan substansi. “Karena banyak perayaan-perayaan hari raya keagamaan itu kita sering terjebak pada simbolisme tapi sering melupakan substansi,” ujarnya.

Substansi yang dimaksud Din Syamsuddin adalah  meningkatkan ketaatan, kepatuhan penuh terhadap Tuhan sesuai yang ditujukan nabi Ibrahim AS. “Berarti juga kita jangan melupakan Tuhan. Apalagi membangkang terhadap perintahNya. Kalau sudah menyangkut perintah agama, maka itu bukan wilayah pembahasan. Itu wilayah pelaksanaan,” tandasnya.

Substansi lainnya, lanjut Din Syamsuddin, Idul Adha harus juga bermuara pada solidaritas sosial. “Kesetiakawanan sangat diperlukan dewasa ini dalam rangka mengukuhkan kebersamaan kita sebagai umat Islam dan bangsa Indonesia,” ujarnya.



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Properti 12 Menit lalu

Jokowi Resmikan Tol Bawen-Salatiga

JAKARTA, Bernas.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Ruas Tol Bawen-Salatiga Senin (25/7/2017) yang ditandai dengan penekanan tombol sirine. Ruas Tol Bawen-Salatiga yang disebut memiliki panorama terindah se-Indonesia dengan lat ...

Nasional 1 Jam lalu

10 Tahun Mengabdi, PTT Satpol PP Belum Diangkat Jadi PNS

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Hidayatullah menyampaikan ada 1.000 pegawai tidak tetap (PTT) dari 5.000 anggota Satpol PP yang belum diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). ...

Kecantikan 3 Jam lalu

Cantik Tak Cuma Wajah,Tapi Juga yang Satu Ini...

Bernas.id - Biasanya orang akan lebih memperhatikan wajah dibandingkan tubuh, sebab wajah dapat dikatakan sebuah etalase tubuh. Wajah cantik merona dan segar pasti akan menarik perhatian walaupun tubuh tak proporsional. Hal ini juga terjadi ...

Kecantikan 4 Jam lalu

5 Langkah Mudah Perawatan Wajah di Pagi Hari

Bernas.id - Perawatan wajah rutin secara harian memang sangat penting untuk dilakukan terlebih di pagi dan malam hari.Untuk perawatan kulit wajah pagi hari dapat dilakukan beberapa langkah sebagai berikut: Gunakan Susu Pembersih Susu ...

Nasional 14 Jam lalu

Cara Kemenhub Kumpulkan Investasi Asing

JAKARTA, Bernas.id – Pemerintah terus menggenjot infrastruktur transportasi di berbagai daerah. Salah satu yang dimanfaatkan pemerintah untuk mencari dana adalah menawarkan investasi di Indonesia. Pertemuan Menteri Transportasi Asi ...

Kesehatan 15 Jam lalu

Waspada 6 Makanan Ini Jadi Berbahaya Jika Dipanaskan

Bernas.id - Biasanya, ketika memasak terlalu banyak di pagi hari dan tidak bisa langsung menghabiskannya, orang Indonesia memiliki kebiasaan tersendiri untuk memanaskan makanan di sore harinya. Alhasil, masakan di pagi hari bisa dijadikan m ...

Internasional 16 Jam lalu

Tangkal Radikalisme, Pakistan Akan Pantau Khotbah Jumat

Bernas.id –  Pakistan berencana mengatur khotbah Jumat di berbagai masjid di negara tersebut. Tujuannya supaya para ulama dapat menyampaikan topik keagamaan yang sebelumnya sudah disetujui oleh pemerintah. Prakarsa itu dicanan ...

Wisata 16 Jam lalu

5 Makanan Ini Dibawa Orang Indonesia Ketika Pelesir ke Luar Negeri

Bernas.id - Sekarang ini tidak sedikit orang Indonesia yang mampu melakukan travelling ke berbagai negara yang memiliki empat musim seperti di Belanda, Inggris, Jerman, Jepang, dan berbagai negara empat musim lainnya. Walaupun memiliki hobi ...

Kesehatan 16 Jam lalu

Tak Banyak Dipahami, Ini 4 Fakta Dibalik Tanggal Kadaluwarsa Makanan

Bernas.id – Sebagai konsumen, tentu wajib selalu waspada dengan memeriksa tanggal kadaluarsa dari makanan atau minuman kemasan yang akan dibeli. Misalnya saja, ketika akan membeli keripik kemasan, cek dulu tanggal kadaluwarsanya. Bias ...

Umum 17 Jam lalu

Begini Travel Advice AS Terkait Potensi Erupsi Gunung Agung

Bernas.id –  Gunung Agung di Bali kini memiliki Level IV atau Awas. Ini adalah tingkatan paling tinggi dan dipastikan gunung itu akan erupsi. Namun, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) tidak bisa memastikan ...

Nasional 18 Jam lalu

Kata Mendagri Soal Maraknya OTT Kepala Daerah oleh KPK

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku prihatin dengan rentetan kepala daerah yang tertangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT). Terbaru, KPK menangkap Wali Ko ...

Nasional 18 Jam lalu

PT Pindad: Ada Kontrak Pembelian Senjata dengan BIN dan Polri

JAKARTA, Bernas.id – PT Pindad pun angkat bicara terkait pemesanan senjata oleh Badan Intelijen Negara (BIN). Menurut Sekretaris Perusahaan PT Pindad Bayu A. Fiantori, BIN telah memesan 517 pucuk senjata. "Benar, ada kontrak d ...

Nasional 18 Jam lalu

Korban Kecelakaan Usia Muda, Menhub Ingatkan Peduli Keselamatan Berkendara

MEDAN, Bernas.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan pentingnya keselamatan dalam berkendara. Hal ini mengingat jumlah korban kecelakaan lalu lintas adalah masyarakat yang masih berusia muda. Pernyataan ini disampa ...

Kecantikan 18 Jam lalu

Tak Cuma Enak, 3 Bahan Alami Ini Percantik Kulit Wajah Kamu

Bernas.id - Biasanya, pemakaian masker wajah dilakukan setelah melakukan proses peeling. Memang antara peeling dan masker selalu berkaitan. Dua aktivitas ini merupakan satu rangkaian dan umumnya menjadi satu paket ketika berada di salon mau ...

Regional 19 Jam lalu

Kepala PVMBG: Tanda-Tanda Gunung Agung akan Meletus

BALI, Bernas.id - Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani menyampaikan tanda-tanda terjadinya letusan Gunung Agung di Karangasem, Bali. Ia menyebutkan sudah terjadi gempa yang dirasakan sampai ke pos pantau. ...

Teknologi 19 Jam lalu

Makin Diminati Pasar, Ini Keunggulan Furukawa Battery yang Tak Dimiliki Aki Lain

Bernas.id - Penjualan aki motor dan mobil milik Furukawa Battery tumbuh secara drastis. Bahkan, pada semester I/Tahun 2017 lalu, DIY-Jateng  mencatat penjualan sebesar 5 ribu unit bulannya. Menurut Assistance Departement Head P ...

UMKM 20 Jam lalu

Capai Kemenangan Persaingan, Pebisnis Wajib Perhatikan 5 Tips Ini

Bernas.id - Semua pebisnis tentunya ingin agar bisnis yang dimilikinya mampu berkompetisi dan tetap eksis dalam jangka waktu yang panjang. Tapi kenyataannya tidak semua pebisnis mampu untuk mempertahankan bisnisnya karena salah mengelola da ...

Nasional 21 Jam lalu

Tarif Isi Ulang Antarbank Bisa Beratkan Masyarakat, Ini Usulan DPR

JAKARTA, Bernas.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI bidang ekonomi dan keuangan, Taufik Kurniawan mengingatkan agar pemerintah memerhatikan kebijakan tambahan biaya saat isi ulang atau top up uang elektronik sebesar Rp 1 ...

Wisata 21 Jam lalu

Mulai Bandara, Sinergi 7 Pemkab Harus Kompak Promosi Danau Toba

TAPANULI UTARA, Bernas.id – Pemerintah memprioritaskan promosi 10 destinasi wisata baru selain Bali. Salah satunya adalah Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pun mengecek langsung akses transpo ...

Internasional 21 Jam lalu

Angela Merkel Terpilih Lagi Jadi Kanselir Jerman, Partai Anti Imigran Masuk Parlemen

Bernas.id –   Hasil penghitungan suara pemilu Jerman menunjukkan, Angela Merkel (63), terpilih untuk keempat kalinya sebagai Kanselir Jerman. Hasil jajak pendapat dpa-infocom, menyebut Persatuan Demokratik Kristen Jerman (CD ...

Nasional 21 Jam lalu

Ketua MPR: Situs Nikah Siri Coreng Keadaban Bangsa Indonesia

JAKARTA, Bernas.id – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Zulkifli Hasan menyesalkan adanya situs nikahsirri[dot]com) yang diduga melelang keperawanan dan unsur pornografi. Situs itu dinilainya sangat memalukan dan merusak ni ...

Nasional 21 Jam lalu

Satpol PP dan PTT Unjuk Rasa di Kementerian PAN-RB Tuntut Ini

JAKARTA, Bernas.id – Pegawai tidak tetap (PTT) Dinas Perhubungan dan Satuan Polisi Pamong Praja DKI Jakarta akan menggelar aksi unjuk rasa agar diangkat menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Aksi PTT dan Satpol PP itu rencananya berlang ...

Kuliner 22 Jam lalu

Ingin Mengempukkan Daging dengan Mudah? Lakukan 4 Hal Ini

Bernas.id - Selain bubuk pengempuk daging yang telah dijual di pasaran, beberapa bahan alami di bawah ini dapat anda pakai untuk mudah membuat daging menjadi empuk. Tujuannya tentu supaya daging yang dimasak pun semakin mudah dikunyah. Lalu ...

Kesehatan 23 Jam lalu

Tragis, Ingin Cantik Miss USA ini Kena Kanker Kulit Akibat Tanning

Bernas.id - Salah satu peserta Miss USA membeberkan fakta mengejutkan, ia terdiagnosa mengalami penyakit kanker kulit yang diperolehnya karena sering tanning. Dilansir dari dailymail.co.uk, tanning merupakan proses mencokelatkan kulit tu ...

Kuliner 23 Jam lalu

Steak Semakin Lezat dengan 4 Ragam Saus Ini, Sudah Mencobanya?

Bernas.id - Kurang mantap jika steak disajikan tanpa saus atau gravy-nya. Beda saus maka beda pula rasanya. Yuk, mana saus yang sesuai dengan selera Anda. 1. Barbeque sauce Selain dipakai untuk bumbu daging sebelum dimasak, barbeque s ...

Kecantikan 23 Jam lalu

Wow, Biji Adas Bisa Bikin Wajah Bebas Jerawat!

Bernas.id - Biji adas atau fennel Seeds mempunyai bentuk hampir sama dengan jintan putih yakni lonjong dan panjang. Tetapi biji adas mempunyai ukuran yang lebih besar. Kulitnya pun beralur dan warnanya coklat muda. Sedangkan aromanya manis ...

Tokoh 23 Jam lalu

Sukses Itu Dimulai dari Sebuah Keputusan

Bernas.id - Irene Corry memutuskan untuk sukses ketika umur 13 tahun ketika sosok ayahnya meninggal dunia. Karena kondisi ekonomi, ia pun bertekad untuk rajin belajar cepat lulus kuliah agar bisa  bekerja mendapat penghasilan. &ldqu ...

Kesehatan 24 Jam lalu

Tambah Tua Kok Jadi Susah Kurus? Ini Sebabnya

Bernas.id - Pada saat remaja tubuh kita sangat mudah untuk kurusnya, hanya karena puasa 2 hari saja bobot badan akan turun 1 kg.  Namun di saat bertambah dewasa jadi makin susah menguruskan badan? Dilansir dari Brightside, penyebab ...

Nasional 24 Jam lalu

Dorong Pariwisata, Bandara Silangit Bertaraf Internasional

TAPANULI UTARA, Bernas.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau kesiapan Bandara Silangit di Tapanuli Utara, Sumatera Utara, Minggu (24/9/17). Hal ini terkait rencana peresmian menjadi bandara internasional pada 28 Oktober ...

Nasional 1 Hari lalu

Mentan: Petani dan Peternak Gagal Panen Ditanggung Asuransi

CIBUBUR, Bernas.id – Menteri Pertanian Amran Sulaiman menyampaian asuransi pertanian pada komoditas padi sudah mulai berjalan efektif. Menurutnya, kerugian saat panen gagal akan digantikan asuransi. "Baru-baru ini kekeringan d ...

Nasional 1 Hari lalu

Wiranto Luruskan Isu Penyelundupan Ratusan Senjata

JAKARTA, Bernas.id - Menkopolhukam Wiranto membantah isu penyelundupan senjata ke Indonesia. Ia menegaskan bahwa pengadaan senjata sebanyak 500 senjata oleh Badan Intelijen Negara (BIN). "Ini berhubungan dengan pembelian 500 senjata ...

Nasional 1 Hari lalu

Soal Situs Nikah Siri, KPAI Sebut 3 Indikasi Ini

JAKARTA, Bernas.id – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengimbau masyarakat agar tak terjebak dalam kejahatan yang mengatasnamakan agama. Hal ini disampaikan Ketua KPAI, Susanto menyusul terungkapnya situs nikah sirih nikahsir ...

Gadget 1 Hari lalu

Makin Canggih, Sekarang Dengerin Lagu Cukup Pakai Topi

Bernas.id - Untuk pecinta games pasti mengenal Atari. Yup, perusahaan game legendaris tersebut kini mempunyai produk yang asik, topi bisbol yang memiliki teknologi tinggi dengan ditambah speaker bluetooth yang bisa ditanam. Kini, memang ...

Kecantikan 1 Hari lalu

Ingin Wajah Awet Muda Seperti Usia 18 Tahun? Ini Cara Mudahnya

Bernas.id - Kulit awet muda tentu jadi idaman setiap wanita, tak sedikit uang dikeluarkan supaya tampil menawan. Padahal ada cara  alami yang  sangat mudah dilakukan supaya membuat kulit wajah bagai remaja 18 tahun. Dilansir da ...

Kesehatan 2 Hari lalu

Minum Dingin Bikin Kanker, Fakta atau Hoax?

Bernas.id – Apakah kamu percaya bila air dingin bisa membuat seseorang mudah terkena kanker? Bisa jadi karena suhu dingin dapat membuat makanan berminyak jadi semakin membeku dan bisa menyulut kanker bila ada di tubuh. Benarkah? Di ...

Kesehatan 2 Hari lalu

Ngeri, Jangan Makan Kentang Goreng Malam-Malam Kalo Gak Mau Jadi Gini!

Bernas.id - Apakah kamu termasuk penggemar makanan enak layaknya French Fries (kentang goreng) atau Steak. Namun tahukah kamu jika mengonsumsinya di malam hari malah menjadi hal yang buruk? Inilah penjelasan ilmiah. Dilansir dari Huffing ...

Otomotif 2 Hari lalu

Jangan Tinggalkan 5 Benda Ini di Dalam Mobil untuk Cegah Kebakaran

Bernas.id - Belakangan ini, kasus mobil terbakar kerap terjadi. Bahkan, saat diparkir pun mobil juga berresiko terbakar. Banyak hal yang menjadi penyebab kenapa mobil yang posisinya sedang diam dan tak menyala pun juga bisa terbakar. Ter ...

Otomotif 2 Hari lalu

Tips Simpel Merawat Mobil Berwarna Putih Supaya Catnya Tak Menguning

Bernas.id - Mobil adalah kendaraan beroda empat yang menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya, sebab mobil merupakan benda yang berguna untuk menunjang keperluan kita jika akan melakukan suatu perjalanan. Dengan makin berkembangnya indu ...

Nasional 2 Hari lalu

Berturut-turut OTT KPK di Daerah, Ini Usulan Anggota Komisi II DPR

JAKARTA, Bernas.id – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI menyayangkan fenomena kepala daerah yang terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini dinilai adanya korupsi yang makin akut di Indone ...

Otomotif 2 Hari lalu

Supaya Pakem, Penting untuk Merawat Master Rem. Ini Caranya

Bernas.id - Perkembangan sepeda motor di Indonesia dewasa ini sangat luar biasa dengan keragaman tipe, varian, inovasi teknologi, hingga kuantitasnya yang sangat banyak. Seiring dengan kemajuan teknologi itu, kebutuhan akan mekanik dan tekn ...

Kesehatan 2 Hari lalu

Penjualan Mobil Berbahan Bakar Fosil, Akan Dilarang di Negara Ini

Bernas.id - Di Negara Tiongkok, tingkat polusi saat ini kian mengkhawatirkan. Meski tidak termasuk ke dalam 10 negara dengan polusi paling parah, Tiongkok menempati urutan kelima untuk jumlah kematian yang disebabkan polusi udara. Sebena ...

Gadget 2 Hari lalu

Mau Internet Lancar Ngebut, Instal 7 Software Ampuh Ini di Gawaimu

Bernas.id - Ada banyak hal yang harus kamu ketahui untuk dapat menikmati internet. Tidak hanya hardware saja, software juga menjadi sebuah komponen yang wajib harus ada dan diketahui kegunaanya. Secara perkembangannya, software tidak kalah ...

Nasional 2 Hari lalu

PIA Minta Jokowi Dukung KPK Tuntaskan Kasus Megakorupsi E-KTP

JAKARTA, Bernas.id – Komunitas Perempuan Anti Korupsi (PIA) menggalang dukungan terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Acara itu digelar saat Car Free Day di Jakarta, Minggu (24/9/17). PIA pun meminta dukungan Presiden Joko W ...

Kuliner 2 Hari lalu

Bahayanya Daging Merah Jika Tak Sesuai Aturan. Ikut Cara Ini!

Bernas.id - Penganut diet Hi protein atau tinggi protein yang mengandalkan daging merah memang semakin hari semakin banyak saja. Itu karena jenis diet ini dikenal sangat efektif untuk dapat menguruskan pinggang serta meratakan perut. Apakah ...

Kesehatan 2 Hari lalu

Gak Kurus Meski Diet? Bisa Jadi Karena 3 Masalah Ini

Bernas.id – Berat badan yang enggan menyusut menandakan ada yang salah dengan metabolisme tubuhnya. Dilansir dari Brightside.me, inilah beberapa hal yang bisa menjadi pengganggu metabolism kamu. 1. Diet yang Salah Pada saat usia ...

Kecantikan 2 Hari lalu

Sering Ada di Dapur, Herbal ini Bisa Menghaluskan Wajah Kamu

Bernas.id - Seringkali kita melakukan perawatan kecantikan di salon maupun di klinik kecantikan yang terbilang menghabiskan banyak uang. Padahal dengan membuat sendiri berbagai produk kecantikan tentu akan lebih menghemat. Salah satunya ada ...

Highlight 2 Hari lalu

Waduh! Banyak Aplikasi Google Play Berbuat Curang

Bernas.id - Dilansir dari androidauthority.com, kecurangan yang terdapat di Google Play bukan masalah besar tapi hal tersebut dapat dirasakan langsung oleh pemakainya. Dua masalah langsung yang dirasakan pemakainya adala ...

Properti 2 Hari lalu

Generasi Milenial Senang Jalan-jalan, tapi Ingin KPR Tetap Aman. Ini Tipsnya

JAKARTA, Bernas.id - Setiap orang butuh hiburan sewaktu-waktu, terutama bagi generasi milenial yang sehari-harinya berkutat dengan pekerjaan. Alasannya, tak jarang di hari libur pun mereka masih sibuk dengan pekerjaan. Anda pastinya tidak m ...

Properti 2 Hari lalu

Benda-benda Ini Dianggap Membawa Sial untuk Rumah. Ini Alasannya

JAKARTA, Bernas.id - Terkadang, menempati sebuah hunian baru atau lama, sebagian orang masih percaya akan mitos dan feng shui. Feng shui sendiri merupakan ilmu Tiongkok yang mempelajari tentang keseimbangan antara manusia dengan alam, yang ...

Otomotif 2 Hari lalu

Berniat Ganti Ban Motor Lebih Lebar? Ini Rumusnya Agar Tetap Safety

Bernas.id - Modifikasi sepeda motor merupakan suatu hal yang wajar dilakukan bagi mereka penggemar otomotif. Ada rasa kenikmatan tersendiri sesudah mengubah performa atau bentuk motor yang paling disayangi, hingga dapat memberi rasa percaya ...