Berita Nasional Terpercaya

Inilah 8 Cara Agar dengan Gaji UMR, Tetap Bisa Punya Tanah

0

Bernasid – Punya tanah yang luas, bagi sebagian masyarakat Indonesia menjadi sebuah kebanggaan. Tapi bagaimana dengan sebagian masyarakat di kota-kota besar. Jangankan untuk punya tanah yang luas, sekedar hanya untuk punya tanah buat tempat tinggal saja susahnya minta ampun.

Apalagi dengan gaji pas-pasan dan berbagai kebutuhan setiap harinya, bisa dikatakan hampir mustahil dengan Gaji UMR bisa punya tanah. Tapi jangan pesimistis dulu. Asal tahu caranya tidak ada yg mustahil di muka bumi ini.

Begini caranya agar dengan penghasilan pas-pasan, tapi kita tetap bisa memiliki sebidang tanah. Mungkin dimasa yang akan datang itu akan menjadi Rumah Idaman yang Anda impi-impikan. 

1. Punya Mindset yang Benar Tentang Tanah

Banyak diantara kita suka terjebak dengan pilihan kondisi. Dimana kita mengharapkan tanah dilokasi yang bagus tapi harga yang pasti mahal. Atau pilihannya tanah di lokasi yang kurang bagus. Sebenarnya bukan tidak bagus, tapi kurang bagus saja, dengan harga yang relatif murah dan bahkan kita sendiri berhitung mampu menjangkaunya.

Bagaimana cara memilihnya, kita kembalikan kepada kondisi keuangan kita. Kalau kita termasuk yang punya dana besar, hal ini tidak menjadi masalah. Tapi bagaimana dengan yang punya dana terbatas? Maka pilihan ke dua tentu yang masuk akal. 

Pertanyaan selanjutnya, buat apa punya tanah kalau masih dipelosok negeri atau orang sering bilang di negeri antah brantah?

Eiiits, jangan dulu meremehkan. Kita tahu BSD, Gading Serpong, Alam Sutera, Kota Wisata Cibubur, Kota Legenda, Lippo Karawaci, Lippo Cikarang, dll, sejumlah nama beken kawasan penyangga Jakarta. Kira-kira dulu ada dimana ya 20 tahun silam? Anda pasti tahu jawabannya bukan? Benar, jawabannya ada di negeri yang kita bilang Antah Brantah itu.

2. Punya Niat Kuat untuk Punya Tanah

Orang selalu bilang kembali kepada niatnya kita. Kalau Anda perokok berat untuk berhenti merokok, hanya butuh niat yang kuat. Begitu juga dengan punya tanah, Anda hanya butuh niat yang kuat.

Sebab dengan niat, kita akan menjadi fokus untuk mengejarnya. Pepatah mengatakan, “Apa yang kita fokuskan itu yang anda dapatkan.”

3. Konsepnya Punya Dulu Baru Memilih

Kalau kita belum punya Tanah, bagaimana bisa memilih mana yang bagus dan mana yang kurang prospek ke depannya. Terlalu banyak pertimbangan membuat rencana kita tertunda. Dan setiap penundaan membuat kita semakin ketinggalan dengan kenaikan harga, yang hampir setiap tahun terjadi kenaikan. Jadi lebih penting punya dulu, baru nanti berpikir untuk memilih. Tapi sudah pasti pilihannya punya kita sendiri.

4. Pilih Harga Dulu Baru Lokasi

Jangan salah membuat prioritas kalau dana Anda terbatas. Sebab kalau kita banyak pertimbangan lokasinya harus bagus, jawabannya pasti harganya mahal. Lebih baik kita memilih lokasi yang jauh dari kota, asalkan akses menuju ke lokasi sudah tersedia. Maka patokan harga yang harus kita pakai sebagai acuan pertama kali, baru kalau sudah harganya ditetapkan kita bisa mencari tanah dengan harga yang sudah kita tetapkan.

5. Pilih Metode Pembayaran Angsur

Dengan mengambil cara bayar di angsur, kita tidak akan terbebani dengan beban pengeluaran tambahan yang berat. Kita masih bisa mengukur, jumlah angsuran yang masih terjangkau.

6. Pilih Pembayaran Angsur Panjang

Kita mungkin akan kaget melihat bunga dari pembayaran angsur yang panjang. Tapi sebenarnya angka tersebut belum angka real value. Sebab jika Anda beli properti, walaupun Anda beli saat masih angsur. Nilai kenaikan dari properti tersebut secara alami akan tetap mengalami kenaikan. Walau kenaikannya tergantung situasi dan kondisi setempat.

7. Cari yang Bisa Cicil Langsung ke Developer

Cicil ke developer lebih mudah dan tidak repot. Banyak diantara masyarakat kita, yang kelas ekonominya menengah ke bawah, sedikit kebingungan dan kesulitan jika berurusan dengan perbankan. Maka solusinya cari penyedia lahan tanah yang bisa langsung angsur ke developer tanpa melalui cicilan ke Bank, untuk Akad Kreditnya.

8. Pilih yang akan Naik dalam 10 Tahun ke Depan

Banyak hal yang membuat nilai tanah kita naik dalam jangka waktu tertentu. Diantaranya: 
1. Punya Akses Jalan Umum sudah Terbuka.
2. Masih Terjangkau dari Jakarta.
3. Dekat dengan Kantor Kelurahan atau Kantor Kecamatan.
4. Dekat dengan Transportasi massal.
5. Ada Rencana Jalan Tol.

Demikian 8 tips yang membuat anda mulai bisa merancang, untuk bisa punya tanah dengan gaji UMR.

Leave A Reply

Your email address will not be published.