Berita Nasional Terpercaya

Kontak WhatsApp-mu Hilang Tak Berbekas? Simak Cara Cepat dan Mudah Kembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

0

Bernas.id – Pernah tidak kamu mengalami secara tiba-tiba kontak yang terdapat di WhatsApp-mu hilang semua tanpa bekas? Kalau kamu mengalami hal seperti ini pasti kamu akan bingung karena kontak-kontak penting seperti nomor orang tua atau gebetan hilang bak ditelan bumi dan kamu pun tidak bisa menghubungi mereka lagi.

Namun, kalau kamu mengalami kondisi seperti ini sebenarnya kamu tidak perlu khawatir berlebih lho guys! Pasalnya, ada berbagai cara yang tepat dan mudah untuk mengembalikan kontak-kontak yang hilang tersebut. Langsing saja caranya di bawah ini!

Baca juga Kece, Polisi Amerika Ganti 36 Ribu Windows Phone dengan iPhone

1. Bersihkan cache aplikasi WhatsApp-mu.

Kabarnya langkah yang satu ini dapat kamu lakukan apabila kontak di WhatsApp tiba-tiba hilang tanpa bekas. Caranya adalah dengan masuk ke Settings lalu Application, lalu pilih WhatsApp. Kemudian nanti akan muncul tampilan Apps Info, langsung saja pilih menu Force Stop kemudian pilih menu Clear Cache.

Setelah melakukan langkah tersebut coba restart smartphone-mu  dan lihat kembali ke aplikasi WhatsApp. Pasti beberapa kontak yang hilang bakal kembali ke WhatsApp-mu.

Baca juga Ini Persamaan Karakter Pendiri Apple, Microsoft, dan Google, Kunci Sukses Mereka

2. Aktifkan menu Permission

Apabila suatu saat nomor kontak di WhatsApp-mu tiba-tiba hilang semua, maka kemungkinan menu Permission di smartphone-mu belum aktif. Sehingga hal tersebut dapat menyebabkan kontak di smartphone dan WhatsApp tidak terkoneksi dan membuat hilang ketika kamu secara tidak sengaja me-restart smartphone-mu.

Nah, supaya tidak lagi terjadi hal seperti ini maka kamu wajib untuk mengaktifkan menu Permission di smartphonemu. Caranya adalah dengan masuk ke menu Settings lalu Application dan pilih menu WhatsApp kemudian Permission. Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp-mu supaya sistem bisa membaca kontakmu dan mengurangi kemungkinan nomor kontak hilang secara tiba-tiba.

Baca juga Perkenalkan Pepper, Robot Biksu Jepang yang Bertugas di Upacara Kematian

3. Tampilkan semua kontak dari pengaturan WhatsApp

Jadi, kalau tiba-tiba nomor kontak di WhatsApp kamu hilang secara tiba-tiba hal tersebut bisa jadi terjadi karena pengaturan kontak di menu Pengaturan WhatsApp belum aktif. Nah, supaya tidak terjadi lagi ada baiknya mengaktifkan pengaturan ini di menu Settinga lalu Contact dan cek list opsi Display All Contact.

4. Aktifkan kontak di akun Gmail-mu.

Memang kontak WhatsApp itu terintegrasi dengan akun Google. Nah, kalau di smartphone kamu akun G-mailnya terlalu banyak maka kontak yang seharusnya tersimpan di Gmail tidak perlu ditampilkan di Phone Book dan otomatis kontaknya tidak muncul di WhatsApp.

Cara mengatasinya adalah dengan memilih menu Settings di aplikasi kontak smartphone-mu. Kemudian cari menu Contact to display, dan cek list akun Gmail tempat kamu menyimpan kontak. Setelah itu, jangan lupa untuk Refresh Contact pada aplikasi WhatsAppp dan secara otomatis kontak yang hilang alias tidak terdeteksi akan dimunculkan.

5. Kalau sudah mentok, coba hapus dan instal ulang WhatsApp-mu.

Cara yang terakhir, terutama kalau kamu sudah mentok tidak bisa lagi mengembalikan nomor kontak yang hilang secara tiba-tiba. Namun perlu kamu ingat, ketika menginstal ulang kamu harus memasang aplikasi yang ada di Play Store.

Semoga dengan cara ini, nomor kontak yang hilang di smartphone-mu bisa balik lagi. Jadi, kamu bisa menghubungi orang tuamu lagi maupun gebetan pujaan hati.

Selamat mencoba ya guys!

Leave A Reply

Your email address will not be published.