Berita Nasional Terpercaya

Produk UKM Juga Harus di Kemas Semenarik Mungkin !

0

Bernas.id – Kemasan adalah desain kreatif yang mengaitkan bentuk, struktur, material, warna, citra, tipografi dan elemen-elemen desain dengan informasi produk supaya bisa dipasarkan. Kemasan sendiri digunakan untuk membungkus, melindungi, mengirim, mengeluarkan, menyimpan, mengidentirikasi dan membedekan sebuah produk di pasar.

Baca juga Ingin Belajar Investasi? Ini Hal yang Harus Diperhatikan

?Fungsi kemasan untuk sebuah produk?

Beberapa perusahaan atau pelaku usaha sangat meperhatikan pembungkus suatu barang sebab mereka menganggap bahwa fungsi kemasan itu tak hanya sebagai pembungkus saja. Sedikitnya pengemasan itu memiliki dua fungsi yakni ?

1. Fungsi Protektif

Berkenaan dengan proteksi produk, perbedaan iklim, prasarana transportasi, dan saluran distribusi yang semua berimbas pada pengemasan. Dengan pengemasan protektif, para konsumen tidak perlu harus menanggung risiko pembelian produk rusak atau cacat.

2. Fungsi Promosional

Peran kemasan pada umumnya dibatasi pada perlindungan produk. Namun kemasan juga digunakan sebagai sarana promosional. Menyangkut promosi, perusahaan mempertimbangkan preferensi konsumen menyangkut warna, ukuran, dan penampilan.

?Membuat Kemasan Menjadi Menarik Itu Penting?

Sebuah kemasan juga merupakan ciri dari sebuah produk branding. Kemasan adalah salah satu ciri khas dari fungsi mengemas sebuah produk dengan daya tarik, sebagai sarana pengiklan, melindungi produk dan yang paling utama adalah sebagai identitas suatu produk.

Hal yang paling menarik dari sebuah pengemasan produk adalah dari pengaruhnya terutama dikemas dengan menarik sehingga bisa menarik calon konsumen dan meningkatkan daya saing dipasaran, dan nantinya akan meningkatkan ke harga jual.

Maka sebagai pelaku UKM juga harus memikirkan bagaimana pentingnya dari sebuah produk yang dikemas melalui kemasannya yang menarik dan beda dari produk yang sejenis. Semakin menarik bungkusnya, tentu akan semakin juga menarik minat para konsumen untuk membelinya.

Kemasan produk juga memberikan sebuah image dari gambaran sebuah produk terkait kualitasnya, merk dan kepercayaan dari konsumen.  Sebuah produk jika dikemas dengan bagus akan meningkatkan rasa percaya diri dari konsumen ketika memilih produk yang akan dibelinya. Lalu pentingnya sebuah kemasan untuk produk, yakni sebagai alat untuk mengkomunikasikan (promosi) dari sebuah brand kepada konsumennya.

Baca juga Agar UKM Tak Kalah Bersaing, Coba 5 Tips Pemasaran Ini!

Para pelaku UKM tentu kenal dengan sebuah produk minuman air mineral dengan merk kemasan ?Aqua?. Bahkan semua orang tahu bahwa merk dengan kemasan tersebut merupakan sebuah produk minuman air mineral dengan dibungkus kemasan yang menarik dari bahan plastik yang bening, tips, isinya air mineral dan yang paling utama untuk menandakan identitas serta sebagai alat promosi dengan adanya tulisan di bungkusnya dengan brand ?Aqua?. Itulah mengapa pentingnya mengemas produk terutama produk dari Industri Kecil dan Menengah.

Bayangkan saat pedagang asongan menawarkan minuman berkemasan dengan meneriakkan ?Aqua Aqua..?, maka akan muncul rasa kepercayaan pembeli sebab mengetahui jenis dari kualitas dan merk barang yang dijual itu. kemuidan pada saat ingin membeli minuman kemasan ke warung maka biasanya penjual langsung memberikan minuman dengan merk tadi.

Meskipun terkadang yang diberikan dengan merk yang lain. Nah dari situ, tentu sudah menggambarkan bahwa citra sebuah produk meningkatkan rasa percaya diri dengan membeli produk tersebut. Dengan media kemasan akan menancapkan citra merk kepada konsumen, sehingga konsumen mudah mengingat dan fanatik untuk memilih produk yang dikenalnya.

Dalam mengemas produk UKM menjadi kemasan yang menarik, pada dasarnya pun harus disesuaikan dengan budget yang sudah dialokasikan. Karena dengan pengadaan kemasan tersebut tak sedikit modal yang akan dikeluarkan dalam jumlah yang sangat besar. Tentu hal tersebut sangat berdampak pada industri micro terutama industri rumahan. Maka dari itu, perlu penyesuaian sesuai dengan keefektifitasannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.