Berita Nasional Terpercaya

Berlatar Seperti Tirai, Dam di Bali Ini Bisa Jadi Lokasi Pre-Wedding

0

Bernas.id ? Keindahan Pulau Dewata Bali tak hanya pantai-pantainya tetapi ada tempat sederhana tapi menarik untuk berfoto-foto. Adalah Dam Tukad Unda. Dam di Bali ini berbeda. Bentuknya bertingkat dan disuguhkan air terjun yang menyerupai tirai raksasa dengan aliran air yang jernih.

Lokasi Dam Tukad Unda memang cukup jauh dari pusat kota Bali. Tepatnya berada di Tukad Yeh Unda, Kecamatan Klungkung, Kabupaten Klungkung. Meski jauh, letaknya di pinggir jalan raya dan bisa terlihat dari jembatan utama yang menghubungkan Kota Klungkung dan Kecamatan Dawan.

Air dari dam itu dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengairi persawahan yang merupakan mata pencahariaan utama mereka. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke Dam Tukad Unda cukup membayar Rp 10.000. Meski hanya sebuah penampungan air, tempat ini sudah dikelola dengan baik. Lokasi ini juga cocok untuk pre-wedding. Ada pula kolam pemandian, restaurant, dilengkapi kamar mandi.

Pepohonan rindang menambah suasana asri Dam Tukad Unda. Tak sedikit pasangan calon pengantin yang melakukan foto pre-wedding berlatar aliran air dam yang membentuk tirai.

Dam Tukad Unda merupakan dam buatan yang dibangun pada aliran sungai terbesar di Bali yakni Sungai Yeh Unda. Yang berasal dari gabungan beberapa buah sungai. Sehingga air Sungai Yeh Unda hampir tidak pernah surut sepanjang musim.

Leave A Reply

Your email address will not be published.