Berita Nasional Terpercaya

Tips Produktif Bagi Kalian Para Fresh Graduate yang Belum Mendapatkan Pekerjaan

0

Bernas.id – Setelah kamu lulus kuliah, kamu pasti akan merasakan bagaimana momen menyenangkan karena sudah berhasil lolos dari masa skripsi yang cukup menyiksa. Alangkah baiknya jika kamu menggunakan waktumu yang luang ini untuk banyak beristirahat dan juga memuaskan masa istirahatmu yang beberapa waktu lalu sempat tertunda. Tetapi, kamu tidak boleh lupa jika kamu juga perlu untuk mencari kerja demi masa depanmu nantinya.

Baca juga: Apa Itu Jurusan Sistem Informasi? Inilah Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

Karena mencari kerja tidaklah sesederhana yang orang katakan, makanya bagi kamu yang masih menganggur pasca sarjana, ada baiknya jika kamu mengisinya dengan berbagai kegiatan yang produktif. Kegiatan ini akan membuat tidak merasa bosan selama menikmati masa menganggurmu. Ini dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan, seperti yang dikutip dari berita terkini.

1. Melakukan kerja part time

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang setelah lulus kuliah adalah dengan melakukan kerja part time. Mungkin kamu sudah melamar di sebuah perusahaan tertentu. Kamu masih menunggu panggilan dari perusahaan tersebut. Selagi kamu menunggu panggilan dari perusahaan tersebut, kamu juga bisa mencari pengalaman sambil mengisi waktu apabila kamu belum juga mendapat panggilan kerja.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak teman baru dari pekerjaan part time yang kamu kerjakan itu. Karena masih bekerua paruh waktu, kamu bisa memanfaatkan banyak waktumu untuk melakukan berbagai hal lain yang kamu sukai.

Baca juga: Inilah 5 Universitas Jurusan Sistem Informasi Terbaik di Indonesia

 

2. Mempelajari banyak hal baru

Hal kedua yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang setelah lulus kuliah adalah dengan mempelajari berbagai hal baru. Cobalah untuk mempelajari hobi yang kamu sukai, atau pelajari juga hal yang baru. Kamu bisa mencoba berbagai hal yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya.

Kamu bisa belajar dengan temanmu atau otodidak lewat internet maupun buku. Ini sangat berguna untuk menambah bakat pada surat lamaranmu nantinya. Sehingga, perusahaan tahu bahwa kamu adalah sosok yang kreatif dan juga inovatif.

Baca juga: 14 Universitas Jurusan Teknik Informatika Terbaik di Indonesia

 

 

3. Pergi ke rumah nenek

Hal ketiga yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang setelah lulus kuliah adalah berkunjung ke rumah nenek. Setelah terlalu lama sibuk dengan berbagai rutinitas, tidak ada salahnya jika kamu pergi ke rumah nenek untuk menyapanya.

Menginap di rumah nenek selama beberapa hari juga tidak ada salahnya, lhoo. Asalkan kamu bisa mengatur waktuuntuk menginap di rumah nenek dan tidak memiliki kegiatan yang sangat penting, mendekatkan diri dengan keluarga menjadi salah satu hal yang baik.

Baca juga: 13 Universitas Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia dan Luar Negeri

 

4. Menjadi sukarelawan di acara amal

Hal keempat yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang setelah lulus kuliah adalah menjadi sukarelawan di acara amal. Jangan pernah menggerutu ketika kamu belum juga mendapatkan pekerjaan. Akan lebih baik jika kamu menjadi sukarelawan untuk berbagai acara amal agar kamu bisa lebih bersyukur atas berbagai hal yang terjadi di hidupmu. Ada berbagai macam kegiatan amal yang bisa kamu ikuti di lingkungan sekitarmu.

Baca juga: Inilah 6 Sertifikasi Akuntansi Bagi Profesi Akuntan di Indonesia

 

5. Menghabiskan waktu untuk me time

Hal kelima yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang setelah lulus kuliah adalah menghabiskan waktu untuk me time. Dengan melakukan berbagai hal yang kamu suka, seperti jalan – jalan ke tempat yang belum pernah kamu kunjungi dan menciptakan berbagai momen yang tidak terlupakan mumpung kamu masih memiliki banyak waktu bersantai ria.

Nanti ketika kamu sudah mendapatkan pekerjaan, kamu akan lebih fokus dengan kerjaanmu karena selama waktu luang, kamu sudah memuaskan diri untuk jalan – jalan.

Baca juga: 5 Universitas Jurusan Kewirausahaan Terbaik Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.