Berita Nasional Terpercaya

Badai Maria Terjang Dominika, Renggut 15 Nyawa

0

Bernas.id ?  Badai Maria telah menerjang Dominika — sebuah negara di kepulauan Karibia– dan kini sudah bergerak ke Puerto Riko. Di Dominika, badai ini merenggut nyawa 15 orang dan 20 lainnya dilaporkan hilang, demikian disampaikan pemerintah Dominika.

“Sungguh sebuah keajaiban bahwa jumlah korban tewas tak mencapai ratusan,” kata PM Dominika, Roosevelt Skerrit sambil meneteskan air mata kepada sebuah stasiun televisi setempat seperti dikutip dari BBC, Jumat (22/9/2017).

Badai Maria melanda Dominika sebagai badai Kategori 4 pada Senin 18 September malam waktu setempat. Ratusan rumah di sana pun dilaporkan rusak.

Badai lantas memorakporandakan Puerto Riko, membuat seluruh pulau terputus dari aliran listrik.

PM Skerrit mengatakan bahwa dia telah menghabiskan 24 jam terakhir untuk melakukan survei melalui udara, untuk mengetahui dampak kehancuran akibat terjangan badai dahsyat tersebut.

“Ini brutal. Kami belum pernah melihat kehancuran seperti itu. Rumah-rumah rata dengan tanah, sekolah pun hancur, telekomunikasi juga terputus dan rumah sakit utama pulau itu masih terputus dari listrik,”  tutur PM Skerrit pada Kamis 21 September di pulau terdekat Antigua.

PM Skerrit mengatakan, generator rumah sakit terendam banjir. Petugas pun masih berusaha untuk mengecek apakah unit tersebut masih bisa digunakan.

“Pulau ini membutuhkan semua bantuan yang ditawarkan dunia,” sambung PM Skerrit.

Di Purto Riko, pihak berwenang mendesak warga untuk mencari tempat yang lebih tinggi menjelang potensi banjir bandang, akibat guyuran hujan hingga 30 inci (76 cm) yang dibawa Badai Maria dan diprediksi pada Sabtu 23 September.

Gubernur Puerto Riko, Ricardo Rossello menggambarkan badai tersebut sebagai “badai paling dahsyat dalam satu abad”. Menurutnya, Maria telah merusak jaringan listrik di pulau itu sehingga butuh waktu berbulan-bulan untuk memulihkan dayanya.

Gambar-gambar yang beredar di media sosial menunjukkan atap bangunan di sana terbang saat angin kencang berkekuatan 140 mph (225 km / jam) juga merobohkan pohon dan saluran listrik di ibu kota Puerto Riko, San Juan.

Saat ini Badai Maria dilaporkan telah melemah menjadi Kategori 3. Ia bergerak dari lepas pantai utara Republik Dominika dan menuju ke Kepulauan Turks dan Caicos.

Pihak berwenang menyebut, badai tersebut telah menewaskan setidaknya 17 orang di seluruh Karibia. Dua di antaranya tewas di wilayah Guadeloupe milik Prancis. Sejumlah warga juga dilaporkan menghilang.

Presiden AS Donald Trump mengatakan bahwa badai tersebut telah benar-benar memorak-porandakan wilayah milik AS di Karibia. Ia pun berjanji akan meninjau kawasan Puerto Riko.

Walau begitu sejauh ini Trump belum mengumumkan pulau itu sebagai daerah bencana. Ia telah mengerahkan bantuan darurat dari pihak federal.

Baca juga 8 Lansia Panti Jompo Tewas Akibat Terjangan Badai Irma

Badai Maria adalah badai dahsyat kedua yang melanda Karibia pada musim badai kali ini. Sebelumnya Badai Irma yang termasuk badai Kategori 5 menghantam pada awal September, yang menewaskan setidaknya 84 orang di Karibia dan AS.

Simak video slide foto kerusakan akibat Badai Maria di bawah ini:

Leave A Reply

Your email address will not be published.