Berita Nasional Terpercaya

Ingin Mengempukkan Daging dengan Mudah? Lakukan 4 Hal Ini

0

Bernas.id – Selain bubuk pengempuk daging yang telah dijual di pasaran, beberapa bahan alami di bawah ini dapat anda pakai untuk mudah membuat daging menjadi empuk. Tujuannya tentu supaya daging yang dimasak pun semakin mudah dikunyah. Lalu apa saja bahan tersebut?

1. Daun pepaya

Terdapat tiga cara yang dapat dilakukan. Pertama, bungkus daging dengan daun pepaya dan biarkan selama beberapa jam dalam suhu ruang. Kedua, Gosokkan daun pepaya pada permukaan daging. Tujuannya untuk mengeluarkan getah dan membiarkannya meresap pada daging. Ketiga, remas daun pepaya dan gunakan untuk membungkus daging. Kemudian diamkan lebih kurang 10 menit supaya daging empuk.

2. Air lemon dan jeruk nipis

Cukup lumurkan air lemon atau air jeruk nipis pada daging dan diamkan selama beberapa jam sebelum diolah. Selain membantu mengempukkan, air lemon dan jeruk nipis juga memberikan cita rasa asam yang segar pada hasil olahan daging.

3. Nanas

Enzim bromelin pada nanas dapat mengurai protein sehingga mampu untuk mengempukkan daging. Cara menggunakannya, parut nanas terlebih dahulu. Kemudian lumurkan pada daging dan diamkan lebih kurang 10 menit. Gunakan nanas dalam porsi yang sedikit dan jangan terlalu lama mendiamkannya supaya daging yang diolah nantinya tidak hancur.

4. Garam laut

Berbeda dengan garam dapur, tekstur dari garam jenis ini kasar dan sangat baik untuk mengempukkan daging. Caranya adalah dengan menaburkan garam pada permukaan daging secara merata. Diamkan selama lebih kurang satu jam sebelum diolah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.