Berita Nasional Terpercaya

Kenapa Jepang Jauh Lebih Maju Dari Pada Indonesia? Ini Jawabannya

0

Bernas.id – Jepang menjadi salah satu negara di Asia yang sangat terkenal dengan kemajuan teknologi dan juga pendidikannya. Negara ini juga dikenal sebagai penghasil barang – barang elektronik yang mana produknya berhasil diekspor hampir ke seluruh dunia. Sehingga, bukanlah hal yang mengherankan ketika Jepang mempunyai pendapatan yang cukup besar dari hasil penjualan barang elektronik yang diproduksi.

Baca juga: Begini 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Etos kerja keras dan kedisplinan menjadi modal utama Negeri Sakura meraih kesuksesannya. Ingin tahu bagaimana rahasia orang Jepang raih kesuksesannya? Ini dia ulasannya!

1. Waktu adalah uang

Rahasia pertama yang membuat Jepang menjadi negara yang maju adalah orang – orang di Jepang sangat menghargai waktu yang mereka miliki. Menurut mereka, waktu adalah uang. Sehingga waktu menjadi salah satu hal yang sangat berharga. Tahukah kamu, bahwa Jepang menjadi negara yang mempunyai keterlambatan hanya tujuh detik setiap tahunnya.

Hal ini mungkin tidak terjadi di Indonesia. Masih banyak berbagai hal yang terlambat dan tidak sedikit orang yang belum menghargai betapa berharganya waktu.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

 

2. Orang Jepang sangat disiplin dalam berbagai hal, termasuk mengantri

Rahasia kedua yang membuat Jepang menjadi negara yang maju adalah orang jepang sangat disiplin dalam berbagai hal termasuk mengantri. Pendidikan di Jepang sudah melakukan penanaman karakter sejak mereka masih kecil. Bahkan di Jepang sejak tingkat pertama sampai tingkat ke ketiga fokus pendidikannya ialah etika sehingga setiap orang bisa hidup baik dengan orang lain. Walaupun mereka terburu – buru, mereka selalu berusaha untuk mengantri dan tidak menyerobot barisan.

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

 

3. Kebersihan negara yang patut diacungi jempol

Rahasia ketiga yang membuat Jepang menjadi negara yang maju adalah kebersihan di negara ini benar – benar patut untuk diacungi jempol. Kamu tidak akan menemukan sampah bertebaran dimana – mana saat berkunjung ke Jepang. Negaranya benar – benar bersih, dan masyarakatnya tidak membuang sampah sembarangan.

Baca juga: 7 Cara Main Saham Bagi Investor Pemula dengan Mudah

 

4. Tidak hidup konsumerisme

Rahasia keempat yang membuat Jepang menjadi negara yang maju adalah tidak hidup konsumerisme. Walaupun mereka merupakan negara yang memproduksi berbagai barang elektronik yang terkenal, tetapi mereka bukanlah orang yang boros. Orang Jepang benar – benar tahu mana barang yang diperlukan dan harus dibeli dan mana barang yang bisa ditunda dulu. Sebesar apapun gaji yang dimilikinya, orang jepang akan hidup dengan sederhana.

Baca juga: Inilah Jam Buka Bursa Saham di Indonesia

 

5. Malu saat ketahuan korupsi

Rahasia kelima yang membuat Jepang menjadi negara yang maju adalah malu saat ketahuan korupsi. Istilah harakiri (bunuh diri dengan menusukkan pisau ke perut) menjadi salah satu budaya Jepang yang dilakukan oleh mereka yang terbukti bersalah dengan melakukan pelanggaran yang berat atau gagal melakukan tugasnya. Di Jepang sendiri, ketika seorang pejabat ketahuan korupsi maka dia akan dengan sadar langsung mengundurkan diri karena rasa malu.

Baca juga: Inilah Bedanya Karakteristik Obligasi dan Saham

 

6. Membaca buku ketika ada waktu longgar

Rahasia keenam yang membuat Jepang menjadi negara yang maju adalah membaca buku ketika ada waktu longgar. Ini menjadi salah satu kebiasaan yang patut untuk dicontoh.

Baca juga: Mari Mengenal Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

Leave A Reply

Your email address will not be published.