Berita Nasional Terpercaya

Astaga! Gara-gara Cemilan Singkong Thailand, Ibu Muda Ini Kebanjiran Omzet Puluhan Juta Rupiah Per Bulannya

0

Bernas.Id – Era digital membawa perubahan besar pada banyak aspek kehidupan. Segala sesuatunya sekarang serba daring. Pengusaha atau pemilik bisnis yang tidak peka terhadap perubahan ini bahkan cenderung bertahan dengan gaya atau tradisi lama akan menerima dampak yang negatif, kebangkrutan. Namun, banyak bermunculan pengusaha-pengusaha baru berbasis daring tanpa memerlukan modal yang besar tapi bisa bertumbuh berkali-kali lipat dalam waktu singkat. Ini merupakan dampak positif dari perubahan.

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang banyak dilirik oleh para penggiat bisnis daring, termasuk ibu muda dua anak ini yang mempunyai nama lengkap Kinanti Widya Ratri (28 tahun) atau biasa dipanggil Mama Kyran. Berawal dari kesukaannya coba-coba mengolah makanan ringan atau cemilan sebelum menikah, sekarang ia memiliki bisnis kuliner yaitu cemilan kekinian. Bisnis yang baru digelutinya Oktober 2016 ini sekarang sudah memiliki omzet kurang lebih 30 juta rupiah per bulannya.

Pekerjaan Mama Kyran sebelumnya adalah Sales Counter Automotive di salah satu perusahaan Automotive besar di Indonesia. Sejak anak pertamanya lahir, ia sudah ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya dan fokus kepada anaknya namun ia masih belum mempunyai cukup keberanian. Setelah anak keduanya lahir barulah ia memutuskan untuk mengundurkan diri untuk fokus mengurus kedua anaknya di rumah.

Istri dari Moh. Rofiyanto Ramadhon ini bercerita awalnya ia terjun di bisnis kuliner cemilan kekinian yang diberi nama Resep Mama Kyran. Saat itu adik iparnya meminta dibuatkan cemilan dan hidangan saat acara rapat di kantornya. Kebetulan saat itu dibuatkan cemilan singkong thailand dan karena buatnya kebanyakan akhirnya itu kelebihan singkong thailand difoto dan diposting ke media sosialnya yaitu facebook. Dari situlah, ia tiap hari dapat pesanan membuat singkong thailand sampai akhirnya tak terasa pelanggannya semakin banyak. “Sebenarnya hanya iseng buat mengisi waktu luang di rumah, tapi malah menjadi pemasukan yang lumayan,” katanya.

Resep Mama Kyran pertamanya hanya dibuat sesuai pesanan, namun setelah permintaan mulai banyak barulah ia mulai mengkreasikan menu-menu lainnya seperti klapertart, cilok kuah ceker, sop suki ceker, mango sticky rice, pie susu, dan jus buah dengan gula asli. Singkong thailand sendiri memiliki banyak variasi toping yang menggoda selera. Kisaran harganya hanya Rp10.000 – Rp15.000 per satuannya namun kemasannya dibuat sangat bagus dan higienis sehingga terkesan mahal. Menu favorit yang banyak dipesan sejauh ini masih singkong thailand dan cilok kuah ceker.

Di kediaman Mama Kyran di daerah Koja, Jakarta Utara, ia mengatakan alasannya menekuni bisnis kuliner yaitu ingin menyediakan makanan sehat dan enak yang bisa dinikmati oleh semua usia. Karena suami dan kedua anaknya sering menikmati cemilan buatannya bahkan sangat menyukai makanan Resep Mama Kyran. Ia ingin selalu berkreasi membuat variasi menu makanan yang bisa dinikmati oleh semua usia disertai rasa yang enak dan sehat. Ia menciptakan slogan “jajan enak tanpa harus nge-mall“.

Salah satu kelebihan cemilan Resep Mama Kyran adalah menyediakan jasa pesan antar, pelanggan tinggal menunggu di rumah. Awalnya ia yang masak dan sekaligus mengantarnya, tapi lama kelamaan keteteran. Apalagi setelah pelanggan semakin banyak dan suka tidak sabar karena pengantaran terlalu lama. Akhirnya ia bekerja sama dengan jasa layanan antar sistem free delivery maksimal 6 km. Ia juga menggandeng jasa pengiriman lainnya jika pengantaran melebihi 6 km karena sekarang pengiriman makanannya sudah sampai wilayah Bekasi, Cileduk, dan Bogor.

Mama Kyran sangat antusias dengan bisnisnya ini. Apalagi suaminya, seorang karyawan swasta di perusahaan IT, sangat mendukungnya dalam bentuk digital marketing. Wajar jika ia menetapkan targetnya yaitu memiliki banyak outlet. Jadi, daring dan luring ia jalani, tapi itu masih direncanakan setelah ia memiliki modal yang cukup.

Untuk melihat cemilan kekinian yang dijual oleh Mama Kyran, dapat dilihat foto-fotonya di Instagram  @resepmamakyran. Pemesanan bisa melalui aplikasi Whatsapp atau telepon langsung ke 081310397181. Untuk wilayah Koja dan sekitarnya bisa langsung via grabfood dengan kode pencarian Resep mama kyran.

Keinginan Mama Kyran untuk dapat mengurus anak di rumah berbuah manis dengan terwujudnya bisnis kuliner cemilan kekinian Resep Mama Kyran yang bisa ia jalankan di rumah.

Leave A Reply

Your email address will not be published.