Berita Nasional Terpercaya

Mau UMKM Sukses? Yuk Ikuti Cara Jokowi Ini

0

JAKARTA, Bernas.id ? Presiden Joko Widodo pernah merasakan pahit manisnya sebagai seorang pengusaha mabel. Orang nomor satu di Indonesia itu meminta para perajin ikut memasarkan produk-produk dengan cara yang kekinian. Caranya adalah manfaatkan media sosial.  

“Urusan pemasaran juga saya ingatkan supaya, media digital, medsos digunakan semaksimal mungkin,” katanya saat membuka pameran Kriyanusa oleh Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) 2017 di Jakarta Convention Center, Rabu (27/9/17).

Pria yang aktif menggunakan media sosial itu mencontohkan salah satu media sosial yang cukup efektif digunakan untuk memasarkan produk saat ini adalah Instagram. Nah, para perajin Indonesia bisa mengunggah foto-foto produknya ke Instagram.

“Coba bareng-bareng kita sewa fotografer yang bagus untuk buat foto produk yang ada dengan gaya yang cocok di Instagram, karena itu medsos isinya gambar semua. Jadi kita harus kreatif,” terang Jokowi, sapaan akrab Joko WIdodo.

Melalui media sosial itulah, pemasaran produk mudah dilakukan. Tak hanya bebas biaya tetapi bisa menjangkau pasar yang lebih luas hingga ke negara-negara lain.

“Jadi boleh saja jualannya di Yogyakarta, Bandung, Makassar, di mana-mana, tapi yang bisa beli bisa dari berbagai negara, karena bisa dilihat promosinya di medsos. Peluang-peluang itu lah yang harus kita kejar,” jelasnya.

Baca Juga Gratis! Cara Gibran dan Kaesang Ini Patut Ditiru Pengusaha Baru Agar Laris Manis

Presiden ingin produk tangan perajin lokal diterima di berbagai negara dan menembus pasar internasional. Dekranas menggelar Pameran Kriyanusa 2017 yang bertema “Tingkatkan Kreativitas Wirausaha Muda Kriya Indonesia”. Pameran tersebut digelar mulai 27 September hingga 1 Oktober.

Leave A Reply

Your email address will not be published.