Berita Nasional Terpercaya

Sekolah Luar Biasa Gratis Ini Didirikan Oleh Seorang Difabel

0

HarianBernas.com – Muarif adalah seseorang yang tumbuh besar dengan memiliki kekurangan, ia juga terlahir dari keluarga yang sederhana. Muarif membangun sekolah gratis untuk anak-anak berkebutuhan khusus.

Belajar baca dan menulis telah menjadi kegiatan sehari-hari di  Sekolah Semesta Luar Biasa ia telah ia dirikan. Beragam jenis keterampilan juga diajarkan untuk beragam kondisi anak, mulai dari autisme hingga tuna netra. Meski terlahir dalam kondisi tak sempurna, Muarif tahu betapa sulit seorang penyandang cacat mendapat pendidikan memadai.

Apalagi bila tumbuh dalam keluarga sederhana. Berkat upaya-upaya Muarif semakin banyak warga Mojokerto menyadari pentingnya pendidikan untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Bagaimana cara Muarif membangun sekolahnya? Pada 1999, ia menjadi guru bantu di SMK tempat ia dulu bersekolah. Dengan penghasilan tidak seberapa ia mulai menabung.

“Di sini awalnya saya door to door ke lembaga-lembaga untuk bekerjasama agar bisa menerima saya untuk membuka sekolah difabel gratis,” ucap Muarif. Sekarang 50-an anak berkebutuhan khusus memperoleh pendidikan layak dan gratis di Sekolah Semesta Luar Biasa. Sejumlah relawan pun siap membantu Muarif.

Memiliki cacat fisik membuatnya semakin peduli dengan kaum difabel. Tidak hanya merasa senasib sepenanggungan, namun ia menyadari bahwa pendidikan untuk kaum difabel dengan ekonomi menengah kebawah masihlah kurang. Menumbuhkan rasa empati sangat penting untuk menumbuhkan rasa berbagi, ya, merasakan apa yang mereka rasakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.