Berita Nasional Terpercaya

Hati-hati, Ngorok Bisa Jadi Tanda Hipertensi dan Diabetes

0

Bernas.id ? Apakah Anda dan pasangan sering mengorok di saat tidur? Jika iya, ada baiknya untuk segera mengatasi hal tersebut. Terlalu sering mengorok juga dapat menyebabkan kita mudah terkena hipertensi dan diabetes.

Nama medis dari ngorok adalah sleep apnea. Dilansir dari WebMD, sleep apnea adalah gangguan serius yang ada di pernapasan di saat tidur karena adanya saluran udara yang terhambat yang disebabkan dinding tenggorokan yang mengendur dan menyempit.

Untuk penderita apnea, otot tenggorokan sangat lemas dan menganggu saluran pernapasan. Anda wajib untuk hati-hati jika sudah terlalu sering mengalami hal ini karena dapat menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Di antaranya adalah:

Hipertensi

Komplikasi memang tak menjadikan adanya gejala khusus namun bisa meningkatkan risiko penderita terkena serangan jantung atau stroke. Supaya dapat mencegahnya, Anda harus melakukan hidup sehat melalui pola makan sehat dan olahraga yang teratur.

Diabetes tipe 2

Biasanya penderita sleep apnea akan sering mengalami resistensi insulin sampai mengalami diabetes tipe 2.

Karena itulah, jangan pernah lagi menyepelekan kebiasaan ngorok. Bahkan jika sudah terlalu menganggu tidur Anda, bahkan dapat membuat depresi, insomnia, napas terengah-engah, pusing dan mudah marah. Bila sudah mempunyai beberapa tanda di atas, tak ada salahnya untuk segera melakukan konsultasi ke dokter untuk penanganan yang lebih cepat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.