Berita Nasional Terpercaya

Cara Tepat Bersihkan dan Rapikan Mainan Anak

0

Bernas.id – Membersihkan mainan anak yang berserakan di rumah memang sangat penting. Apalagi jika si kecil suka memasukkan semuanya ke dalam mulut. Jadi bisa dibayangkan banyaknya bakteri yang menempel. Supaya buah hati terhindar dari bahaya bakteri maka inilah cara membersihkan mainan anak sesuai dengan bahannya dengan cara yang mudah.

Bersihkan mainan sesuai bahannya

Silikon

Mainan dengan bahan dasar silikon sangat mudah untuk dibersihkan. Anda cukup merendamnya di dalam ember berisikan air panas. Setelah itu gosok lembut dengan sikat gigi bekas untuk dapat menghilangkan debu serta kotoran di mainan tersebut. Dengan cara ini mainan akan bersih dan bebas dari bakteri.

 

Kayu

Cara mudah membersihkan mainan dari kayu adalah dengan menuangkan cuka pada lap. Kemudian usapkan di seluruh bagian kayu mainan anak. Cuka adalah bahan alami yang bisa untuk membersihkan kotoran dan debu dan menjadi disinfektan yang ringan.

 

Elektronik

Mainan elektronik anak biasanya berbahan dasar plastik silikon atau karet. Bersihkan dengan lap yang telah disemprotkan dengan larutan air serta alkohol dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu keringkan dengan menggunakan lap kering supaya tidak ada air yang masuk ke dalam sirkuit elektroniknya. Jika air dibiarkan mengering di dalam mesin maka mainan akan rusak. Mesin jadi lembab dan ingatlah untuk membersihkan seperlunya saja.

 

Plastik

Mainan ini termasuk lego, boneka barbie, mobil-mobilan, kereta-keretaan dan masih banyak lagi. Terdapat dua cara untuk membersihkan benda kesayangan si kecil ini.

  • Cara pertama: siapkan larutan cuka ataupun larutan alkohol dengan perbandingan 1 : 1. Setelah itu semprotkan ke mainan tersebut dan keringkan dengan menggunakan lap. Sebaiknya lakukan pembersihan ini setidaknya 3 hingga 5 hari sekali.

 

  • Cara kedua: siapkan ember dengan air hangat. Tambahkanlah beberapa tetes sabun cuci cair. Jika perlu tambahkan sedikit cairan antiseptik. Rendam sebentar mainan anak, kemudian gosok bagian yang terlihat kotor dengan menggunakan sikat gigi kecil dan bilas sampai bersih.

 

Namun ingat khusus untuk mainan barbie Anda bisa membersihkan mainan ini dengan menggunakan lap yang telah dibasahi cuka ataupun larutan sabun. Cuci rambutnya memakai shampo dan supaya tidak cepat kusut.

 

Cara merapikan mainan anak

  • Ajak anak untuk merapikan mainan bersama

Terkadang anak susah sekali untuk diajak merapikan mainannya sendiri. Tetapi Anda bisa melibatkan mereka dengan permainan tertentu. Buatkanlah kegiatan yang menyenangkan. Buatlah kegiatan seperti melukis ataupun mewarnai di kertas setelah itu hasilnya akan ditempel di bak plastik atau cat kaleng besar sebagai penanda mainannya.

 

  • Pisahkan sesuai ukuran

Ketika mencari benda tertentu akan kesusahan karena terhalang oleh mainan besar yang lain. Untuk itulah pisahkan mainan anak sesuai dengan ukurannya. Sebagai contohnya mainan pedang-pedangan kumpul bersama dengan truk plastik yang berukuran besar. Gabung juga pistol-pistol satu tempat. Untuk mainan yang kecil dapat dijadikan satu di dalam kardus kemudian letakkanlah di bawah tempat tidur.

 

  • Gantung di tembok

Bila tak dapat menyimpan mainan di bawah tempat tidur maka cobalah untuk menggantung keranjang di tembok. Tetapi jangan menggantungnya terlalu tinggi, sehingga anak bisa meraihnya dan tak malas untuk meletakkannya kembali mainan tersebut. Gunakan kain warna-warni sebagai alasnya supaya tembok lebih meriah.

 

  • Sisihkan mainan yang jarang disentuh

Perhatikan mainan mana saja yang sering dipakai. Jika terdapat mainan yang masih bagus namun anak sudah mulai bosan maka ada baiknya disumbangkan ke panti asuhan terdekat. Tetapi jika sudah rusak segera sisihkan dan buang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.