Berita Nasional Terpercaya

Jangan Anggap Enteng, ini Bahaya Kerokan yang harus Kamu Tahu

0

Bernas.id – Apakah kamu termasuk orang yang suka dikerok? Bisa jadi karena mendengar banyak manfaat yang diperoleh dari kerokan. Beberapa di antaranya adalah dapat menyembuhkan pegal-pegal, masuk angin, dan masih banyak lagi. Tapi tahukah Jika kegiatan yang satu ini dapat menimbulkan bahaya bagi kesehatan?

Sebenarnya kerokan itu tak menawarkan efek apapun kepada tubuh kecuali rasa hangat. Masuk angin terjadi karena adanya pembuluh darah di kulit yang menyempit dan membuat otot kehilangan oksigen.

Tubuh pun akan terasa pegal dikarenakan efek dari pembuluh darah yang terasa kaku. Kerokan bisa menjadikan pembuluh darah yang awalnya sempit menjadi lebar. Dilansir dari netdoctor.co.uk, pembuluh darah jika sering dipaksa untuk melebar dapat saja pecah dan menimbulkan efek yang tidak baik untuk tubuh.

Jangan mengira bila tanda merah yang dihasilkan dari kerokan merupakan tanda terdapat masuk angin di dalam tubuh. Faktanya, kerokan justru memperbesar pembuluh darah tepi atau vasokoktrisi menjadi lebar. Itulah yang menimbulkan warna merah dikulit pada saat pengerokan. Bisa dibilang, warna merah merupakan tanda bila pembuluh darah pecah karena terdapat gesekan.

Jadi mulai sekarang kurangilah kegiatan mengerok ketika tubuh terasa pegal atau masuk angin. Sebaiknya minumlah herbal yang dapat mengeluarkan angin dari tubuh seperti air jahe.

Leave A Reply

Your email address will not be published.