Berita Nasional Terpercaya

Inilah 8 Jajanan Olahan Tepung Tapioka Zaman Now yang Wajib Dicoba!

0

Bernas.id – Masih ingatkah quote dari Pidi Baiq tentang Bandung berikut? 

?Dan Bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan, yang bersamaku ketika sunyi?

Ya, Bandung memang salah satu kota yang spesial di Indonesia. Ngomong-ngomong tentang Bandung, kota yang satu ini tidak pernah ketinggalan dari yang namanya trend kuliner. Bagaimana tidak, para warga Bandung selalu saja menciptakan aneka kuliner yang tidak pernah gagal menarik perhatian 'foody lovers'. Mulai dari makanan berat, kue-kue basah, aneka camilan, minuman, bahkan sampai ke jajanan anak sekolahan.

Jajanan anak sekolahan? Sebutan spesial untuk makanan khas yang dijual di depan sekolahan. Kuliner satu ini khas banget Bandung punya. Apa itu? Ya, cireng! Makanan ini termasuk olahan tepung tapioka yang banyak digemari. Tepung tapioka adalah tepung yang terbuat dari singkong. Ada jajanan apa saja ya yang menggunakan bahan baku tepung tapioka?

1. Cireng

Makanan yang satu ini diolah dari tepung tapioka yang dicampur dengan air hangat dan bumbu-bumbu halus, lalu diuleni sampai kalis. Cireng ada yang tanpa isi, ada juga yang diberi isi. Yang biasa kita makan itu isi oncom dengan rasa pedas. Nah modifikasi cireng terbaru itu ada yang isi keju, kornet, bakso, sosis, ayam dan lainnya. Dari segi tekstur juga makin dikembangkan, mulai dari bertekstur lembek sampai bertekstur crispy.

2. Cimol

Sejenis dengan cireng, hanya saja bentuknya yang bulat sebesar kelereng. Digoreng lalu dalam penyajiannya diberi taburan bumbu kering dengan aneka rasa. Rasa keju, pedas, bawang, kacang, barbeque, jagung manis, dan masih banyak lagi. Selain dari bentuknya yang bulat, cimol ini tidak diberi isian apapun.

3. Cilok

Ada yang membedakan cilok dari berbagai olahan tepung tapioka lainnya. Cilok ini setelah dibuat adonan bulat-bulat sebesar kelereng atau bola bekel, kemudian langsung direbus. Ketika cilok mulai mengapung di air rebusan lalu dipindahkan ke tempat pengukusan. Penyajiannya biasanya disiram dengan saus kacang, atau saus sambal. Cilok juga seringnya diberi isian, mulai dari tetelan sapi, sosis, dan telor.

4. Cilor

Cilor, bentuk modifikasi dari cilok. Cilor itu singkatan dari cilok telor. Cilok dengan ukuran kecil, setelah matang, ditusuk seperti satai. Dimasukan kedalam kocokan telur lalu digoreng. Penyajiannya beragam, ada yang disajikan dengan saus kacang, saus sambal, atau menggunakan bumbu kering seperti cimol.

5. Cilung

Cilung makanan olahan tapioka ini dicampur dengan air matang dingin ditambah garam. Adonannya yang cair ini dimasak dengan menggunakan wajan anti lengket. Karena hanya sedikit menggunakan minyak, adonan cilung dimasukan ke wajan lalu diratakan seperti membuat crepes. Sebelum matang biasanya diberi telor kocok, dan bumbu-bumbu kering cimol. Setelah matang cilung digulung dengan menggunakan tusuk satai. Dinamai cilung karena aci (sebutan tepung tapioka) digulung.  

6. Cibay

Sudah pernah dengar? Adonan cibay dibuat dengan mencampurkan tepung tapioka dengan air panas dan bumbunya. Adonannya mirip seperti membuat lem kanji, tidak terlalu encer. Lalu adonan tersebut dibungkus dengan kulit lumpia untuk digoreng. Disajikan dengan bumbu kering seperti cimol.

7. Bacil

Bacil, singkatan dari bakso cilok. Cilok yang sebelumnya disajikan dari pengukusan, kalau bacil direbus. Penyajiannya juga sama seperti bakso, menggunakan kuah dan pelengkap lainnya.

8. Cimin

Cimin, singkatan dari cireng mini, cilok mini atau aci mini? Yang jelas olahan cimin berbeda juga dengan yang lainnya. Adonan cimin hampir sama seperti cilok, setelah direbus dengan ukuran panjang diameter seperti ibu jari, cimin dipotong-potong menjadi bentuk kecil. Potongan-potongan cimin dimasukan ke wajan yang terdiri dari 4-6 bulatan kecil yang berdiameter kurang lebih 8-10cm. Setelah itu disiram kocokan telur. Biarkan matang, disajikan dengan bumbu-bumbu kering seperti cimol.

Nah bagaimana foody lovers? tertarik untuk mencoba jajanan olahan tepung tapioka zaman now?

Leave A Reply

Your email address will not be published.