Berita Nasional Terpercaya

Inilah 14 Khasiat Wedang Uwuh, Minuman Khas Yogya yang Nikmat dan Sehat

0

Bernas.id – Yogyakarta di bidang kuliner, tidak hanya dikenal gudeg dan bakpianya saja. Saat ini, ada ramuan khas Jogja yang telah lama dikenal oleh kalangan masyarakat. Ramuan dengan rempah-rempah Indonesia tersebut adalah wedang uwuh. Ramuan ini digandrungi masyarakat Jogja bahkan para pelancong yang datang dari luar negeri juga tertarik untuk mencoba manfaat ramuan dan khasiat wedang uwuh Jogja.

Sebenarnya apa itu wedang uwuh? Dalam bahasa Jawa, Wedang berarti minuman sedangkan Uwuh berarti sampah. Jadi minuman ini adalah minuman dengan berbahan dasar sampah. Secara visual, memang tampilan dari wedang uwuh seperti kumpulan sampah yang diramu di dalam gelas.

Ada berbagai macam ramuan dan manfaat dari wedang uwuh berasal dari rempah-rempah, dedaunan, dan kayu kecil. Aroma dan rasa dari wedang uwuh ini pun sangat khas yang mana rasa manis, pedas, dan wangi rempah-rempahnya asli Indonesia berpadu menjadi satu menjadikan khasiat meminum wedang uwuh semakin disukai.

Baca juga: Mengulik Proses Produksi Wedang Uwuh Den Bagus, Minuman Khas Imogiri yang Berkhasiat Tinggi

Sebenarnya bahan untuk membuat wedang uwuh tidaklah sampah seutuhnya. Tetapi karena pencampuran bahan-bahan inilah yang membuat minuman ini terlihat seperti sampah yang terkumpul dalam air. Bahan yang digunakan untuk menyajikan wedang uwuh antara lain kayu secang, kayu manis, jahe, cengkeh, pala/daun, pala, akar sereh, dan kapulaga.

Khasiat Wedang Uwuh Jogja

Jogja yang menjadi daerah istimewa yang terkenal dengan tempat-tempat wisatanya ini juga menyimpan ramuan minuman herbal yakni minuman rempah wedang uwuh. Sementara itu, kegunaan wedang uwuh untuk kesehatan dan kecantikan ini menjadi incaran para wisatawan.

Di samping itu, bahan pembuatan wedang uwuh yang sangat alami, tentu bisa kita bayangkan manfaat dari minuman ini. Dilansir dari khasiat.co.id setidaknya ada 14 manfaat wedang uwuh untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, diantaranya:

1.Menurunkan Kolesterol Darah

Pertama, wedang uwuh dapat menurunkan kolesterol. Bahan yang terkandung dalam wedang uwuh yang dapat menurunkan kolesterol adalah jahe. Jahe, sangat berguna sebagai pemancar peredaran darah dalam tubuh. Sifat keungggulan yang dimiliki jahe mampu mencegah terjadinya pembekuan darah dan lebih baik jika dibandingkan dengan bawang merah atau bawang putih.

Manfaat jahe sebagai bahan yang dapat menurunkan kadar kolesterol dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan di Jepang yang membuktikan bahwa penyerapan kolesterol dalam hati dan darah bisa dicegah dengan zat alami yang dikandung jahe.

Baca juga: Musim Pancaroba Telah Tiba Jaga Stamina Tubuh dengan Wedang Uwuh Khas Jogja

Selain itu, jahe juga bisa membantu mengendalikan tekanan darah tinggi dengan cara mengurangi laju peredaran darah sehingga tidak terlalu menekan pembuluh arteri.

2.Mengobati Masalah Perut

Kandungan lain yang terdapat dalam wedang uwuh selain jahe adalah  kayu manis. Kayu manis inilah yang akan membuat rasa dari minuman herbal wedang uwuh menjadi lebih nikmat. Kayu manis, mengandung antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menangkal parahnya radikal bebas.Tidak hanya itu, kandungan ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih awet muda dan mengatasi masalah perut.

3.Menghilangkan Capek

Wedang uwuh juga mampu menghilangkan capek yang disebabkan karena aktivitas sehari-hari karena bahan-bahan dan aroma yang terkadung di dalamnya. Kandungan gula di dalam wedang uwuh mampu membuat penikmatnya mengembalikan daya konsentrasi saat bekerja.

4.Kaya Akan Antioksidan

Bahan lain dari wedang uwuh yang juga berkhasiat sangat baik adalah kayu secang. Kayu secang inilah yang membuat manfaat wedang uwuh menjadi lebih lengkap diantaranya untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti batuk darah, sifilis, dan peradangan. Kayu secang juga bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, menjadi antioksidan, antikanker, melegakan pernafasan, dan melancarkan peredaran darah.

Baca juga: Cara Membuat Wedang Sereh Jahe

5.Menghilangkan Nyeri

Bahan selanjutnya yang digunakan untuk menyajikan wedang uwuh adalah pala. Bahan ini memiliki kandungan berupa saponin, flavonoid, dan polifenol yang sangat bermanfaat untuk melancarkan menstruasi, melancarkan sistem pencernaan, menghilangkan nyeri, meredakan perut mulas, mengatasi penyakit lambung, serta melancarkan sirkulasi darah. Hal ini menjadikan kegunaan wedang uwuh cocok untuk menjaga kesehatan wanita.

6. Menyegarkan Badan

Manfaat wedang uwuh uwuh adalah badan akan terasa lebih segar. Selain itu, wedang uwuh juga dapat membuat tubuh lebih bersemangat untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

7.Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kemudian, manfaat lain dari wedang uwuh adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan memperlancar aliran darah. Manfaat ini diperoleh dari ramuan bahan jahe di dalam setiap sajian wedang uwuh. Jahe yang memiliki unsur panas mampu menghangatkan dan stamina tubuh.

8.Melancarkan Sirkulasi Darah

Akan sangat berbahaya jika aliran darah kita tidak lancar. Dampaknya adalah berbagai gangguan kesehatan lain. Kandungan rempah dari wedang uwuh sudah begitu dikenal dan sibut-sebut sebagai obat alami untuk memperlancar aliran darah dalam tubuh.

9.Menyembuhkan dan Mencegah Masuk Angin

Masuk angin yang sering datang dan menyerang tiba-tiba dapat disembuhkan dengan wedang uwuh asal Jogja. Hal ini karena salah satu manfaat kandungan dari wedang uwuh yang berasal dari jahe sangat berperan untuk mencegah serta mengatasi masuk angin.

10.Menghangatkan Badan

Selanjutnya, wedang uwuh mampu untuk memberi kehangatan pada tubuh kita. Hal ini di karenakan salah satu bahan alami yang digunakan untuk meracik wedang uwuh adalah jahe. Jahe inilah yang dapat menghangatkan badan terlebih lagi di saat cuaca dingin.

Baca juga: Ada Empon-empon Corona dalam Segelas Wedang Uwuh

Selain 10 manfaat diatas, ada 4 manfaat lain dari wedang uwuh yaitu:

  1. Mengatasi sakit gigi.
  2. Mengobati perut kembung.
  3. Mengatasi sakit kepala.
  4. Mengatasi obesitas untuk diet.

Itulah segenap khasiat dan kegunaan wedang uwuh yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Anda sekarang dapat menjadikan wedang uwuh sebagai minuman rempah herbal alami setiap hari untuk menjaga stamina dan kebugaran tubuh.

Leave A Reply

Your email address will not be published.