Berita Nasional Terpercaya

Masih Ingat Mantan Artis Cilik Rachel Amanda? Kini Ia Sedang Berjuang Melawan Kanker Tiroid

0

Bernas.id ? Apakah kamu masih ingat Rachel Amanda? Mantan artis cilik yang kerap memainkan sinetron serta film di tahun 2000-an. Tidak hanya itu saja, Ia pun sempat berduet dengan Opick lewat lagu Alhamdulillah. Tetapi belakangan ini, gadis cantik tersebut semakin jarang terlihat di dunia hiburan. Salah satu sebabnya karena penyakit kanker tiroid yang menggerogoti.

Kanker tiroid sendiri adalah penyakit yang dimulai dari perkembangan sel tiroid yang tidak berjalan dengan normal. Letak dari kelenjar tiroid ada di leher yang bertugas untuk membuat hormon untuk mengatur metabolisme. Sedangkan sel yang ada di dalamnya dikenal dengan sel folikel.

Kanker tiroid terdiri dari 3 macam, jika berasal dari sel folikel disebut kanker folikuler, kanker papiler serta sebuah kanker yang masih belum dapat dikategorikan. Untuk kanker yang sering dialami oleh anak muda ialah kanker papiler. Untuk kanker folikuler dialami oleh orang lanjut usia. Sedangkan untuk jenis kanker yang masih belum dikategorikan masih sangat susah untuk disembuhkan.

Dilansir dari sheknows, kanker tiroid tidak memiliki gejala khusus, tetapi biasanya diawali dengan tumor tiroid. Selain itu, terdapat beberapa tanda lainnya yang perlu diwaspadai layaknya suara serak, pembengkakan kelenjar getah bening,  kesusahan menelan, dan sakit leher.

Bila sudah mengalami beberapa tanda di atas, segeralah berkonsultasi ke rumah sakit untuk mendapatkan pemeriksaan yang lebih akurat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.