Berita Nasional Terpercaya

Kedermawanan Tukang Sayur yang Telah Menyumbang Senilai Tiga Milliar ini, Memasukkannya Dalam Seratus Orang Paling Berpengaruh Versi Forbes

0

TAIWAN, HarianBernas.com – Seorang penjual sayur jadi donatur? Berapa keuntungannya hingga ia mampu menjadi donatur? Bukankah untuk membiayai hidupnya dan keluarganya sudah sangat terbatas?

Chen Shu Chu, adalah seorang penjual sayur di Taiwan. Melalui usahanya berjualan sayur ia berusaha untuk menabung. Lalu untuk apa hasil tabungannya? Untuk memperkaya diri?

Ia berusaha mengumpulkan uang untuk membantu orang-orang yang kesusahan. Ia tidak berusaha menjadi orang kaya yang kemudian membantu banyak orang. Namun ia membantu dengan segala yang ia dapatkan dari berjualan sayur. Kurang lebih ia sudah mendonasikan sekitar Rp 3 miliar lebih dari hasil penjualannya.

Menurut sebuah koran, Chen Shu Chu mengatakan, “Uang itu akan bernilai ketika kita gunakan untuk mereka yang membutuhkan.” Hal ini ia lakukan karena ia terinspirasi dari pengalamannya saat masih kecil, di mana ia mengalami kesulitan dan kemiskinan. Bila dijabarkan, uang Rp 3 miliar yang didonasikannya sudah digunakan sekitar Rp 320 juta untuk anak-anak, Rp 144 juta untuk membangun perpustakaan sekolahnya dan Rp 320 juta untuk anak yatim piatu di daerahnya.

Meski sudah mendonasikan sebanyak itu, namun wanita ini tidak berencana untuk berhenti menjadi donatur. Kedermawanannya pun menjadi pembicaraan di seluruh dunia.

Namun hal ini tak membuatnya menjadi tinggi hati. Sikap terpuji ini membuatnya pernah masuk sebagai 100 orang paling berpengaruh di tahun 2010 dan memenangkan gelar kedermawanan dari Forbes Asia. Ia memulai harinya pukul 3 pagi ke pasar di mana toko sayurnya berada, kemudian ia akan pulang pukul delapan malam. Ia menjadi yang pertama datang dan menjadi yang terakhir pulang di pasar tersebut. Chen Shu Chu hanya butuh bekerja dan tempat untuk tidur, ia menggunakan uang seperlunya. Sebuah kehidupan yang sangat sederhana, jauh dari kemewahan.

Kita seringkali berpikir bahwa untuk berbagi dengan orang yang membutuhkan, kita harus jadi orang kaya atau setidaknya punya banyak uang. Namun tidak bagi Chen Shu. Ia hanya memberikan dari apa yang ia miliki. Ia melakukan hal sederhana, namun menghasilkan perbuatan yang mengagumkan. Ia tak perlu hidup dengan mewah.

Apalah artinya hidup bergelimangan harta diantara orang-orang yang berkekurangan? Hidup sederhana dan berbagilah dengan apa yang kita miliki.

Leave A Reply

Your email address will not be published.