Kebangkrutan Usaha Orangtua Menumbuhkan Jiwa Mandiri


21 Oktober 2017

Cynthia Cecilia dengan kegiatannya (sumber foto: istimewa)

Bernas.id - Cynthia Cecilia saat ini sedang menekuni profesi penulis dan startup founder Jobhun dan founder Project Lab. Di sela-sela kesibukannya menulis, ia mengurus startup buatan saya sehingga bisa dikatakan bahwa profesi founder pada startup sebagai sebuah pekerjaan. Tak dipungkiri hobi dan pekerjaannya ini dipengaruhi lingkungan yang banyak didominasi pebisnis, kemudian ayahnya yang juga dekat dengan dunia tulis-menulis di media.

Ia percaya bahwa bergaul di lingkungan positif bisa membuat seseorang semakin terpacu menjadi lebih baik. “Saya menekuni sesuatu karena saya memang mencintai bidang tersebut. Saya suka menulis, saya suka membaca, dan saya tertarik dengan dunia startup. Tidak menutup kemungkinan saya ingin mencoba hal-hal yang baru dan bukan bidang saya. Namun, biasanya hanya sekedar ingin tahu dan ingin mencoba saja,” ungkapnya ke Bernas.

Diceritakanya titik balik kehidupannya, ketika lulus SMA tahun 2013, waktu itu, ia mengidam-idamkan ingin masuk di sebuah universitas negeri terbaik di Jogja. Namun, sayangnya, waktu itu bisnis orangtuanya mengalami kebangkrutan. Ia tetap mendaftar saat itu dan ternyata diterima di universitas negeri favorit, tapi universitas negeri di Surabaya. Tentu, ia sangat senang. Tapi, akhirnya ia memutuskan untuk tidak jadi masuk ke universitas tersebut karena melihat biaya masuk yang begitu tinggi, belum lagi biaya per semester yang juga tinggi. “Saya juga berpikir bahwa saya tidak akan bisa bekerja jika berkuliah di sana. Saya tidak ingin merepotkan orang tua saya yang saat itu sedang susah dan berusaha bangkit dari kegagalan bisnisnya. Saya juga masih memiliki kakak yang saat itu masih berkuliah di univesitas negeri di Jogja, kemudian adik yang mau memasuki PAUD. Saya pun sadar bahwa kedua saudara saya masih membutuhkan banyak biaya, terlebih adik saya yang menderita down syndrome,” tuturnya.

Akhirnya, ia memutuskan untuk pindah ke Surabaya, kota kelahirannya, di mana masih memiliki banyak saudara di sana. Awalnya, ia ingin langsung berjuang di ibu kota, tapi orang tua tidak merestui jika belum memiliki ijazah S1. “Saya tinggal seorang diri di Surabaya. Selama setahun, saya bekerja di media, startup yang bergerak di bidang digital marketing, e-commerce yang bergerak di bidang IT, dan beberapa pekerjaan lepas di bidang kepenulisan. Saya merasakan bagaimana tulisan saya tidak dibayar oleh klien, tulisan dibayar sangat murah, tulisan dibayar lumayan, hingga tulisan dibayar mahal. Selama di Surabaya, saya membiayai hidup saya sendiri. Saya tidak meminta orang tua untuk mengirimkan uang kepada saya. Pikir saya, walau saya tidak bisa memberikan banyak uang kepada orang tua saya, setidaknya saya tidak merepotkan mereka lagi,” jelasnya.

Akhirnya, uangnya pun terkumpul untuk melanjutkan kuliah. Saat itu, ia memang masih berharap bisa berkuliah di universitas negeri favorit. Namun, akhirnya pikirannya berubah. “Saya pikir tidak penting saya berkuliah di mana, yang terpenting ialah ilmu yang saya serap dan juga pengalaman-pengalaman saya. Saya juga tidak akan memilih jurusan kuliah yang bukan passion saya. Pikir saya lebih baik tidak berkuliah, daripada harus berkuliah di jurusan yang saya tidak minati. Saya pun memilih universitas swasta yang jadwal kuliahnya bisa disesuaikan dengan pekerjaan saya. Saat ini kuliah saya lancar, pekerjaan saya lancar, dan bisnis saya juga lancar dijalankan,” terangnya.

Untuk pengalaman unik di pekerjaan, ia menyebut tentang susahnya memulai pekerjaan. ”Saya merasakan bagaimana sulitnya memulai sesuatu di pekerjaan, pengalaman menulis tidak dibayar, dibohongi klien, diremehkan olah partner bisnis dan teman, bos yang galak, bos yang pasif, hingga rekan kerja yang tidak bersahabat. Yang paling unik, saat saya menunda membayar uang SPP kuliah karena uangnya saya gunakan untuk modal bisnis. Saya juga sempat kekurangan uang bulanan, dan akhirnya harus bekerja ekstra dari pagi sampai malam, karena uangnya saya pakai semua untuk modal bisnis saya yang berkonsep sociopreneur, dimana keuntungannya tidak seberapa karena bisnis tersebut mengusung konsep sosial,” bebernya.

Membagi waktu untuk semua kegiatan, menentukan skala prioritas, hingga terhalangnya realisasi ide-ide karena masalah modal menjadi permasalahan yang paling sering dihadapi dalam pekerjaannya. “Untuk masalah pembagian waktu dan menentukan skala prioritas, biasanya saya akan berpikir keras, mana hal-hal yang memang penting dan harus didulukan. Peluang banyak datang, namun saya harus tetap memilih yang terbaik untuk saya. Tentu saya tidak akan bisa meraih semua karena terhalangnya waktu dan tenaga sehingga harus benar-benar berpikir untuk memilih yang terbaik dan merelakan yang tidak bisa saya raih. Biasanya, jika sudah bingung, saya akan berkonsultasi dengan keluarga, pacar, atau teman terdekat untuk membantu mencari solusi. Untuk masalah terhalangnya ide-ide, biasanya saya mencari solusi dengan cara mencari investor, sponsor, hingga berkolaborasi dengan partner,” paparnya.

Diungkapkannya, ia merasa bahwa menulis dan berbisnis merupakan sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi banyak orang. Dengan menulis, banyak orang menjadi tahu akan sesuatu, atau bahkan mereka bisa termotivasi juga. Kemudian dengan berbisnis, kita juga bisa menjadi solusi atas permasalahan yang ada. Orang butuh sesuatu, kita sediakan. Ada sebuah masalah, bisa teratasi dengan adanya layanan dalam sebuah startup bisnis tersebut. Untuk tantangan pekerjaan ke depan, ia menyebut tentu sangat banyak, mulai dari menyelesaikan kuliah, membuat bisnis semakin berkembang, dan tidak berhenti di situ saja hingga usaha untuk menerbitkan buku-buku. “Selama ini, saya terhalang waktu untuk menerbitkan buku karena masih banyaknya kegiatan. Hal ini tentu menjadi tantangan saya untuk menyelesaikan buku-buku saya tersebut. Menyikapi hal ini, saya harus bisa membagi waktu sebaik mungkin dan bekerja secara cerdas,” bebernya.

Penulis ini membocorkan inspirasi dan sarannya kepada orang lain yang membaca kisahnya ini. “Inspirasi yang ingin saya tawarkan ialah ternyata tidak ada hal yang mustahil di dunia ini jika kita memang percaya akan hal tersebut. Saya percaya bahwa semua impian bisa tercapai asal kita memang ‘berusaha keras’ dan yakin. Untuk saran, harus bisa mencari peluang, pintar memanfaatkan peluang, berani keluar dari zona nyaman, banyak-banyak berelasi, jangan takut mencoba, coba berkali-kali sampai bisa, jangan terlalu sensitif; dalam artian harus bisa bersikap cuek kalau ada hal-hal yang bikin down, pantang menyerah, dan banyak-banyak bersyukur,”ucapnya.

Untuk pencapaian prestasi, ia pernah meraih Juara I Writing Competition yang diselenggarakan  ASUS pada tahun 2016 kemarin. Kemudian, terpilih menjadi penulis terbaik di salah satu platform freelancer di Indonesia. Beberapa penghargaan lainnya ada di bidang fotografi. “Saya juga sudah dipercaya menjadi narasumber atau speaker, baik untuk bidang kepenulisan maupun startup, lebih dari 10 kali dalam setahun ini,” imbuhnya.

Penyuka hobi menonton film ini membocorkan rencana dalam waktu dekat ini dan impiannya ke depan. “Project terdekat, menerbitkan buku, mengembangkan bisnis sosial saya yang bernama Jobhun Surabaya dan mengembangkan bisnis digital marketing saya yang bernama Passion Project Lab. Saya akan menerbitkan dua buku, yaitu buku mengenai kepenulisan sekaligus motivasi, kemudian buku mengenai pengalaman saya saat bersekolah di salah satu sekolah homogen yang ada di Yogyakarta. Untuk impian terbesar ke depannya, bisnis saya semakin berkembang, karya-karya saya bisa memotivasi orang lain dan memberikan banyak manfaat untuk orang lain baik secara langsung maupun tidak langsung, bisa menjadi pendidik untuk membagikan ilmu-ilmu yang saya miliki, dan tentunya membahagiakan keluarga saya karena semua pencapaian saya,” pungkasnya. 



Hi guyss..
Terimakasih sudah berkunjung ke BERNAS.id yaa..

Sekarang, BERNAS Group sekarang membangun #ViralTeam di seluruh desa di
Indonesia melalui program #ViralDesa,

Ingin Produk dan Jasa di desamu terkenal? Kumpulkanlah 20 Orang untuk dilatih langsung Praktek ilmu #DigitalViralMarketing sekaligus, buat kalian bisa mendapatkan #RezekiDigital lewat #GotongRoyongDigital ya Guysss...

Mari menjemput #RezekiDigital, Menjadi 10-20 orang yang kami latih di BERNAS Group, untuk menjadi pengusaha Digital 2020#ViralDesa #Viralincome #ViralKomisi https://bernas.info/ViralDesa


Bagikan :


Info : Komentar bukan tanggung jawab Redaksi.
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Lifestyle

Jangan Hanya Karena Murah, Pertimbangkan 3 Hal Ini Saat Memilih Rumah

Bernas.id – Rumah adalah salah satu kebutuhan primer selain sandang dan pangan. Hidup rasanya ada yang kurang jika satu kebutuhan ini belum terpenuhi. Apalagi bagi pasangan muda yang baru menikah. Rumah adalah salah satu poin wajib ya ...

Lifestyle

Imbas Covid-19, Catat Perubahan Cuti Bersama Tahun 2020

BERNAS.ID - Situasi wabah virus corona di Indonesia menjadi pertimbangan pemerintah mengalihkan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri menjadi 28-31 Desember 2020. Keputusan ini sebagai antisipasi mudik Lebaran 2020 untuk mencegah penyebaran vir ...

Ekonomi

Inilah 16 Startup Asia Tenggara Terbaik, Indonesia Ada di Nomor Berapa?

BERNAS.ID - Banyak orang berlomba-lomba membuat startup di era milenial saat ini. Bahkan banyak sekali anak muda yang bermimpi atau bahkan berpikir jika membangun perusahaan miliknya sendiri adalah yang perlu dilakukan setelah lulus kuliah. ...

Pendidikan

Tenang, Gagal SNMPTN Bukan Akhir dari Segalanya!

Bernas.id – Tanggal 8 April 2020 kemarin hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang lebih dikenal dengan SNMPTN sudah mulai bisa dilihat melalui laman utama LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi) dan beberapa l ...

Ekonomi

Deretan Startup Dunia yang Gagal dan Gulung Tikar

BERNAS.ID - Banyak startup gagal melanjutkan bisnis karena beragam alasan. Dilansir dari TechCrunch, sepanjang 2019 ada startup global berskala besar maupun kecil yang memutuskan untuk berhenti beroperasi.  Daftar tersebut memuat 14 ...

Ekonomi

5 Startup dengan Ide Paling Unik yang Bisa Anda Contek

BERNAS.ID - Startup baru bermunculan setiap bulannya. Masing-masing startup menawarkan solusi untuk setiap permasalahan yang dialami manusia. Startup menawarkan solusi melalui penggunaan teknologi. Dari banyak startup yang bermunculan, r ...

Kesehatan

Kasus Covid-19 Capai 3.293, Jubir: Upaya Pemerintah Bergantung Kepatuhan Masyarakat

BERNAS.ID - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto mengatakan masyarakat adalah ujung tombak pemutus rantai penularan virus corona di Indonesia. Hal ini bergantung pada kepatuhan masyarakat Indonesia.  ...

Ekonomi

7 Kesalahan yang Bikin Bisnis Gagal di Tengah Jalan

  Bernas.id – Belum lama ini Forbes kembali merilis daftar orang terkaya dunia versinya, ada belasan nama orang Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. Apa pekerjaan orang-orang terkaya itu ya? Sudah pasti mereka adalah pe ...

Inspirasi

3 Sikap Agar Kesuksesan Bertahan Seumur Hidup

Bernas.id - Kesuksesan adalah impian setiap orang. Mereka mengerahkan tenaga dan pikiran untuk meraih kesuksesan itu. Sebagian dari mereka ada yang menargetkan sukses di usia sekian. Hal itu bagus, karena bisa menjadi sebuah dorongan untuk ...

Ekonomi

13 Miliarder Indonesia Masuk di Daftar Orang Terkaya Dunia Versi Forbes

  Bernas.id – Meskipun dunia tengah disibukkan dengan penanganan pandemi korona, Forbes tetap merilis daftar orang terkaya di dunia. Urutan pertama hingga ke tiga tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya Di posisi pert ...

Ekonomi

Inilah 5 Trik Jadi Penjual Online Handal di 2020

  Bernas.id – Tidak bisa dipungkiri bisnis online semakin merajai dari tahun ke tahun. Segala macam bisnis atau jualan bisa di-online-kan. Yang paling sederhana, seperti jualan sayur-mayur saja bisa lewat online.  Pela ...

Lifestyle

Tak Percaya Glenn Fredly Meninggal, Andien Tuliskan Pesan Ini

BERNAS.ID - Penyanyi Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) pukul 18.00 WIB di RS Setia Mitra Jakarta. Pelantun "Januari" itu menghembuskan napas terakhir di usia 44 tahun. Indonesia kembali kehilangan penyanyi sol ...

Ekonomi

6 Level Valuasi Startup yang Perlu Anda Tahu

BERNAS.ID - Belakangan ini startup digital sedang banyak diperbincangkan. Di Indonesia sendiri sudah ada sejumlah nama yang masuk ke dalam jajaran level valuasi startup unicorn, yaitu Tokopedia, Traveloka, Bukalapak, dan OVO. Sedangkan Go-J ...

Ekonomi

Ingin Jualan di Facebook Laris Manis? Simak 5 Caranya

Bernas.id - Di era serba digital seperti sekarang ini yang segala sesuatu dilakukan secara online, berjualan menjadi lebih mudah. Pekerjaan jualan tidak lagi dipandang sebelah mata tapi justru hal yang dilakukan oleh siapa saja. Seluruh ...

Ekonomi

Tips Membangun Startup Hingga Level Unicorn

BERNAS.ID - Dalam dunia startup ada tiga kemungkinan hasil akhir, yaitu gagal, sukses, dan sukses dengan spektakuler. Dan kemungkinan yang terakhir inilah yang biasanya menjadi calon unicorn (sebutan bagi startup yang telah memiliki valuasi ...

Lifestyle

5 Investasi Menguntungkan Untuk Mahasiswa

  Bernas.id – Siapa bilng investasi hanya perlu dilakukan oleh orang yang sudah bekerja atau berkeluarga? Kamu yang masih mahasiswa pun perlu berinvestasi sejak dini. Selain untuk mendapatkan manfaat materi, belajar berinvesta ...

Kesehatan

Mulai 10 April DKI Jakarta Berlakukan PSBB, Masyarakat Berharap #IndonesiaKembaliPulih

BERNAS.ID -  DKI Jakarta menjadi provinsi pertama yang mendapat persetujuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk penanganan virus corona (Covid-19) dari Menteri Kesehatan Terawan. PSBB yang diberlakukan oleh Gubernur DKI Jakar ...

Inspirasi

Dear Copywriter, Ini Dia Formula Ampuh Membuat Headline yang Menarik

Bernas.id – Riset menunjukkan dua dari sepuluh orang akan terus membaca headline yang menarik. Lantas bagaimana cara membuat headline yang menarik? Seorang business coach dan entrepreneur, Michael Masterson mengembangkan 4-U Formula. ...

DIY

Putuskan Rantai Covid-19, Ini Permintaan Sri Sultan HB X Kepada Pemudik

BERNAS.ID - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X mengimbau agar para perantau tidak mudik. Hal ini berkaitan dengan adanya virus corona yang tengah mewabah di Indonesia. Menurutnya, tidak mudik maupun bep ...

Lifestyle

5 Alasan Prioritas Memiliki Rumah Setelah Menikah. Pasangan Muda Wajib Tahu!

Menurut Wikipedia kebutuhan primer adalah kebutuhan pokok yang dibutuhkan manusia. Kebutuhan yang tergolong pokok manusia adalah sandang, pangan, papan. Maka rumah atau tempat tinggal menjadi hal yang masuk kategori pokok setelah kebutuhan ...

Lifestyle

Suasana Berbeda Ramadan 2020, Ini Panduan Ibadah Puasa dari Kemenag

BERNAS.ID - Kementerian Agama telah menerbitkan surat edaran terkait Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 H di tengah pandemi Covid-19. Surat edaran yang diteken Menteri Agama Fachrul Razi itu ditujukan ke seluruh kantor Keme ...

Ekonomi

3 Ide Brillian di Tengah Pandemi Covid-19 yang Harus Kamu Tahu

Bernas.id - Tiga ide brilliant di tengah pandemi covid-19? Wow, ini merupakan angin segar di antara kejenuhan yang mulai melanda masyarakat, Indonesia khususnya. Sejak ditetapkan sebagai pandemi, pemerintah telah mengambil langkah-langkah k ...

Ekonomi

Sudah April, Cermati Perubahan Besaran Iuran #BPJSKesehatan

BERNAS.ID - Kepala Humas BPJS Kesehatan M. Iqbal Anas Ma'ruf menyampaikan tentang besaran iuran kepesertaan yang harus dibayar sesuai dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan. Piha ...

Hukum dan Kriminal

Isu Napi Tindak Pidana Korupsi Dibebaskan Karena Covid-19, Ini Jawaban Jokowi

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya angkat bicara soal pembebasan narapidana (napi) terkait pandemi virus corona (Covid-19). Jokowi pun menegaskan pembebasan napi yang disetujui pemerintah adalah bebas bersyarat. ...

Ekonomi

6 Dokumen Legalitas Usaha yang Harus Dimiliki Startup

BERNAS.ID - Selain modal bisnis, ada hal penting lainnya yang harus dipikirkan ketika ingin memulai bisnis startup, yaitu legalitas bisnis Anda. Legalitas merupakan salah satu pondasi hukum sebuah bisnis yang harus diperhatikan sejak Anda i ...

Hukum dan Kriminal

Corona Alasan Dibebaskannya Koruptor, Begini Sindiran Pedas Najwa Shihab

Merebaknya virus COVID-19 di Indonesia menyebabkan pemerintah perlu mengambil berbagai tindakan. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah menimbulkan tanggapan pro dan kontra dari berbagai tokoh. Salah satunya adalah kebijakan terkait keputusa ...

Ekonomi

Perhatikan 5 Aspek Ini untuk Menghindarkan Startup Anda dari Masalah Hukum

BERNAS.ID - Berdasarkan data dari StartupRangking tahun 2019, lembaga riset startup dunia yang merilis informasi tentang jumlah startup di dunia, Indonesia menempati posisi dalam 5 besar negara dengan startup terbanyak, sekitar 2.080 startu ...

Ekonomi

7 Biaya yang Diperlukan untuk Membangun Startup

BERNAS.ID - Membangun sebuah bisnis memang menjadi mimpi seluruh masyarakat milenial. Sebagian besar dari kaum millenial menginginkan untuk kerja secara mandiri dan tidak dibatasi dengan peraturan kantor yang mengikat. Namun, sebaliknya bag ...

Ekonomi

Hal-Hal yang Menyebabkan Proposal Startup Ditolak Investor

BERNAS.ID - Modal merupakan hal penting sebelum memulai usaha. Ada banyak cara untuk mendapatkan modal, lalu bagaimana bila modal yang dibutuhkan ternyata belum mencukupi dari yang ada di kantong kita? Caranya adalah mencari investor, namun ...

Ekonomi

5 Ide Bisnis Startup Paling Potensial di Tahun 2020

BERNAS.ID - Di tengah perkembangan teknologi yang pesat belakangan ini, ada berbagai macam jenis perusahaan baru yang muncul ke permukaan. Salah satu dari sekian banyak perusahaan yang muncul itu adalah startup.  Secara pengertian, ...

Hukum dan Kriminal

PSI Dukung Warga Lebak Bulus Lawan Pengembang Nakal

JAKARTA, BERNAS.ID - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PSI August Hamonangan menyatakan akan mengadvokasi warga Jalan Manunggal Jaya, RT 08 RW 04, Lebak Bulus, Jakarta Selatan yang dikriminalisasi oleh PT Diamond Land Development, develo ...

Lifestyle

Bukan untuk Tubuh, Bilik Disinfeksi Tidak Dianjurkan

BERNAS.ID - Bilik disinfeksi menjadi salah satu sarana untuk mencegah penyebaran virus corona. Saat masuk ke bilik tersebut badan akan disemprot dengan cairan disinfektan yang dimaksudkan untuk mambasmi virus corona yang mene ...

Inspirasi

Paling Sering Makan Telur? Bisa Dicoba Resep Telur Dadar Ala Penyanyi Rossa

BERNAS.ID - Penyanyi Rossa begitu menikmati waktu di rumah selama pandemi Covid-19 dengan memasak beragam makanan. Rupanya selain memiliki talenta bernyanyi, Rossa juga pandai memasak. Perempuan kelahiran 9 Oktober 1978 itu begitu bersemang ...

Hukum dan Kriminal

Soal Pembebasan Napi Akibat Covid-19, Masyarakat Tegaskan #TolakNapiKoruptorBebas

BERNAS.ID - Twitter diramaikan dengan tagar #TolakNapiKoruptorBebas pada Minggu (5/4/2020). Hal ini menanggapi pernyataan Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly terkait pembebasan narapidana mengingat kondisi lapas di Indonesia yang ...

DIY

#JogjaGuyubSesarengan, Ini Maksud Simbol Hati yang Dibentuk dari Lampu Kamar Hotel

BERNAS.ID - Puluhan hotel di Yogyakarta menyalakan beberapa lampu kamar hotel ataupun lampu hiasan hingga membentuk simbol hati atau cinta. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk aksi solidaritas dan kepedulian terhadap situasi yang tak men ...

DIY

Sleman Siapkan Pemakaman Massal untuk Pasien Corona yang Meninggal

SLEMAN, BERNAS.ID- Sleman menyediakan lokasi pemakaman massal untuk pasien Corona yang meninggal dunia di Desa Madurejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Penyiapan lokasi ini diperlukan untuk antisipasi apabila terjadi penolakan warga. Sekda ...

DIY

Situasi Tak Menentu, Puluhan Hotel di Jogja Nyalakan Lampu Kamar untuk Membentuk Tanda Hati

YOGYAKARTA, BERNAS.ID-Puluhan hotel di Yogyakarta akan menyematkan "Tanda Cinta" sebagai bentuk aksi solidaritas dan kepedulian terhadap situasi yang tak menentu dari para penggiat dunia perhotelan Yogyakarta. Aksi ini dilakukan d ...

Pendidikan

Kuliah Sambil Bisnis Ala Dr. Tirta

Tirta Mandiri Hudhi, atau yang lebih dikenal dengan dr. Tirta, adalah sosok yang akhir-akhir ini sering muncul di televisi dan media sosial. Ia adalah seorang dokter lulusan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (FK UGM) yang ...

Ekonomi

5 Tips Menjadikan Grup WhatsApp Menarik

BERNAS.ID - Grup WhatsApp sekarang menjadi fitur umum bagi pengguna WhatsApp (WA) yang ingin mengatur liburan, makan, atau tetap berhubungan dengan teman-teman yang puluhan hingga ribuan kilometer jauhnya. Sejumlah orang bahkan menggunak ...

Hukum dan Kriminal

Ketika Pemudik 'Ngeyel', Ridwan Kamil: Fatwa Ulama Lebih Didengar

BERNAS.ID - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa yang berisi haram hukumnya mudik saat pandemi virus corona (Covid-19) di Indonesia. Pernyataan ini merupakan tanggapan Wapres terhada ...

Kesehatan

Ramai 'Herd Immunity' Solusi Hadapi Covid-19, Ini Kabar Baik dan Buruknya

BERNAS.ID - Wabah virus corona yang menjadi penyebab penyakit Covid-19 belum juga mereda. Selain itu, jumlah kasus kematian akibat infeksi virus corona pun masih terus bertambah. Tidak hanya Indonesia, sebelumnya negara-negara di dunia ...

Pendidikan

Tiadakan UN Karena Covid-19, Jokowi: Ada 3 Persoalan Pendidikan di Indonesia

BERNAS.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ditiadakannya Ujian Nasional (UN) 2020 bukan hanya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona tetapi juga menjadi momentum bagi pemerintah untuk mengevaluasi standar pendidikan ...

Ekonomi

Tips Mengelola Keuangan Startup Baru Agar Tidak Bangkrut

BERNAS.ID - Salah satu kriteria yang diminta oleh investor, pihak bank, dan perusahaan finansial kepada startup baru yang ingin mengajukan pinjaman pendanaan adalah laporan keuangan yang jelas dan lengkap. Tentunya menjadi hal yan ...

Ekonomi

Strategi UMKM Hadapi Krisis Akibat Corona

BERNAS.ID - Tantangan perekonomian saat ini sangatlah berat. Masyarakat berada dalam kondisi waspada dan sangat berhati-hati dengan membatasi bepergian dan konsumsi, tentunya hal ini berimbas kepada transaksi jual beli di pasaran. Berbagai ...

DIY

Jogja Sediakan Pemakaman Khusus Covid19

YOGYAKARTA, BERNAS.ID- Antisipasi pemakaman jenasah pasien Covid19 yang kemungkinan akan ditolak warga di pemakanan umum, Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) mempersiapkan pemakaman massal untuk korban jiwa Covid19. Namun, Pem ...

Ekonomi

Kriteria Startup yang Paling Diminati 6 Investor Besar

BERNAS.ID - Pertumbuhan startup di Indonesia kian hari kian menjamur. Seiring dengan hal itu, semakin banyak pula aliran suntikan dana dari para investor untuk membiayai perusahaan rintisan berbasis teknologi tersebut.  Jika Anda me ...

Ekonomi

5 Penyebab Gagalnya Startup yang Harus Anda Waspadai

BERNAS.ID - Menurut riset dari Profesor Harvard Business School, Shikhar Ghosh terhadap dua ribu startup yang didanai modal ventura, 95% di antaranya memiliki risiko kegagalan. Padahal, perusahaan-perusahaan pemula itu menghimpun setidaknya ...

Ekonomi

Ingin Punya Startup Tapi Bingung Mau Bikin Apa? Baca Dulu 5 Tips Ini

BERNAS.ID - Saat ini perkembangan bisnis startup cukup pesat, bahkan sudah banyak bermunculan bisnis-bisnis startup yang kreatif yang menarik perhatian konsumen di pasaran. Menjalankan bisnis startup memang membutuhkan ide kreatif dan brili ...

Lifestyle

Pemerintah: Paskah dan Ramadhan Harus Berjalan, Gereja KAS Sudah Siapkan Ini

BERNAS.ID - Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus corona Achmad Yurianto menyatakan masyarakat tetap mengikuti anjuran para pemuka agama dalam kegiatan keagamaan. Hal ini masih berkaitan dengan upaya penanganan pandemi virus co ...

Ekonomi

Tips Membuat Presentasi atau Pitch Deck Startup yang Menarik dan Meyakinkan

BERNAS.ID - Pitch deck adalah sebuah presentasi singkat yang bisa menjelaskan gambaran umum tentang rencana bisnis startup Anda. Dengan bantuan file presentasi tersebut, Anda bisa memperkenalkan produk Anda di hadapan calon invest ...