Berita Nasional Terpercaya

5 Masalah Layar Smartphone Android yang Kerap Terjadi Beserta Solusinya

0

Bernas.id ? Masalah layar memang sering menganggu para pemiliki smartphone selain  baterai. Dengan mayoritas smartphone jaman now yang menggunakan layar, kita pasti mati kutu jika sang layar bermasalah.

Gimana ya caranya untuk bisa mengatasi layar smartphone anroid yang error?

Terlalu sering melakukan kontak dengan pemakainya tentu membuat layar kerap mendapatkan masalah. Namun tenang saja, selain mengerti berbagai permasalahan yang sering terjadi pada layar smartphone Android. Dalam artikel ini pun akan dibahas bagaimana cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Dead Pixel

Jika melihat dari namanya, dead pixel dapat diartikan sebagai matinya piksel yang ada di layar. Tentu saja hal itu mengakibatkan tidak normalnya bagian layar yang tak menyala dan membuat terdapat sebuah atau beberapa bercak noda pucat atau bahkan hitam. Nantinya bagian layar dead pixel itu akan semakin meluas yang menyebabkan layar tak dapat lagi dipakai.  

Solusi: hilangkan dead pixel dengan menggunakan aplikasi Pixel Fixer. Aplikasi ini mampu melakoni spectrum cahaya dinamis agar dapat merangsang layar sehingga dapat memberikan respon seluruh warna yang ditampilkan. Tidak cuma warna saja, aplikasi ini juga bisa mengembalikan sensitivitas layar terhadap sentuhan, kece badai!

 

2. Ghost Touching

Ghosts touching merupakan kondisi dimana layar smartphone melakukan perintah sendiri padahal tanpa disentuh atau melakukan respon sentuhan yang membuatnya berlari tidak jelas. Walaupun bernama ghost touching, itu tak bermakna ada hantu yang bermain  layar smartphone android kamu. GT terjadi karena adanya kerusakan LCD smartphone maupun adanya arus listrik yang berlebih.

Solusi: Ghost Touching dapat terjadi karena charger rusak atau tegangan yang terlampau tinggi. Untuk mengatasi masalah ini, kamu sebaiknya tak melakukan charging (pengisian baterai) yang bukan bawaan. Bila ini sering terjadi bisa jadi LCD smartphone kamu rusak karena hal tersebut.

 

3. Flickering

Flickering merupakan kondisi di saat layar smartphone mengalami garis yang bergerak-gerak menyamping ataupun atas ke bawah. Tentu saja hal itu membuat mata kita menjadi pusing dan sangat menganggu.

Solusi: hindarilah cahaya atau panas yang berlebih pada smartphone kamu, ada baiknya untuk memperhatikan brightness yang terdapat di dalamnya. Selain itu, flickering dapat terjadi karena aplikasi. Jika sudah begini, hapus saja aplikasi yang membuat layar menjadi flicker. Beberapa aplikasi yang dapat menjadi penyebabnya adalah aplikasi game dan kamera yang memerlukan fitur Auto Brightness. Bisa jadi flickering terjadi setelah penginstalan custom ROM, kalau begini tinggai kembali stock ROM saja.

 

4. Baret-Baret

Baret-baret merupakan masalah layar yang pernah dialami hampir semua pemakai smartphone. Terlebih lagi karena sering asal dalam meletakkan smartphone baik itu di tas atau saku yang membuatnya tergores oleh benda kasar seperti kunci, koin dan masih banyak lagi.

Solusi: menggunakan pasta gigi. Selain digunakan untuk menambal gigi berlubang, pasta gigi juga ampuh memuluskan layar yang baret-baret. 

 

5. Layar Tidak Sensitif

Layar smartphone terkadang hilang sensitivitasnya. Bisa jadi karena masalah overheat atau kepanasan.

Solusi: cobalah matikan layar beberapa saat dan nyalakanlah kembali. Jika ingin lebih maksimal maka tunggulah layar sampai dingin dan nyalakan.

Itulah beberapa masalah layar smartphone android yang kerap terjadi dan membuat pemakainya pusing 7 keliling. Tapi sekarang kamu sudah mengetahui cara untuk menyelesaikan masalah tersebut. Lantas apakah kamu pernah atau malah sering mengalaminya juga? Lantas solusi apa saja yang dilakukan? Apakah sama dengan apa yang disebutkan di atas atau punya cara yang lain? Jangan lupa membaginya di kolom komentar yang ada di bawah yah. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.