Berita Nasional Terpercaya

Mau Nikah Muda? Ini 7 Hal Yang Perlu Dipersiapkan Agar Berakhir Bahagia

0

Bernas.id – Generasi now atau anak zaman sekarang banyak yang memutuskan untuk menikah muda agar terhindar dari dosa dan maksiat berzina. Keputusan itu memang bagus karena dengan kemajuan teknologi yang begitu canggih juga terdapat efek negatif yang mengiringinya. Seperti mudahnya akses pornografi yang dapat mempengaruhi anak muda untuk bertindak di luar batas norma dan agama.

Tetapi apakah menikah itu semudah membalikkan telapak tangan? Karena kenyataannya banyak yang menikah muda tapi tidak dapat mempertahankan pernikahannya. Akhirnya bercerai dan menjadi duda dan janda di usia muda. Parahnya lagi, ada yang kemudian menikah lagi dan akhirnya bercerai lagi. Seolah-olah kawin cerai itu hal biasa. Padahal perceraian adalah hal yang sangat dibenci oleh Allah Swt.

Menikah adalah ibadah. Tapi sebelum memutuskan untuk menikah muda sebaiknya dipertimbangkan dulu secara matang, dan dipersiapkan dengan sebaik mungkin. Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk memutuskan menikah muda yaitu seperti berikut ini:

1. Cinta

Pernikahan harus didasari dengan rasa cinta. Memang ada pepatah Jawa yang mengatakan ?witing tresno jalaran soko kulino? yang artinya cinta akan datang karena terbiasa. Tapi, untuk menunggu rasa cinta itu datang, bukankah memerlukan waktu, tenaga, dan biaya? Bagaimana apabila orang yang dinikahi sedang tidak punya uang atau sekedar waktu untuk memberi perhatian, apakah cinta akan segera datang? Ataukah justru berpaling pada yang lain? Berbeda dengan orang yang saling mencintai, tidak punya uang pun mereka akan sanggup untuk berpuasa menahan lapar dan keinginan, serta dapat menjaga kesetiaan terhadap pasangan apapun godaan yang datang.

2. Keyakinan

Cinta saja belum cukup. Kedua mempelai harus sudah saling meyakini bahwa pasangannya adalah jodohnya. Untuk umat muslim, keyakinan dapat diperoleh melalui sholat istikharah. Kalau sudah jodoh apapun halangannya pernikahan akan tetap terlaksana. Tapi apabila bukan jodohnya apapun usahanya, pernikahan tidak akan berlangsung.

3. Mental

Orang yang mau menikah meskipun usianya masih muda harus bisa berpikiran dewasa. Mereka berdua harus siap mental apapun yang akan terjadi. Bahkan harus siap mengalami kondisi yang terburuk, misalnya kesulitan ekonomi, tidak bisa bersenang-senang dengan teman sebaya karena sudah mempunyai tanggung jawab sebagai suami dan istri.

4. Finansial

Ini adalah hal yang terpenting untuk dipikirkan. Apalagi untuk yang menikah ketika belum lulus kuliah. Jangan sampai pernikahan membuat kuliah berantakan karena harus bekerja mencari rezeki. Memang rezeki sudah diatur oleh Allah Swt. Tapi apabila sewaktu kuliah sudah mempunyai penghasilan, maka akan mengurangi masalah ekonomi. Misalnya bisnis sampingan, seperti online shop, guru, penulis, makelar, wirausaha, atau pekerjaan halal lainnya. Apalagi kalau sudah mempunyai anak tentu kebutuhan juga akan bertambah, jadi harus dipikirkan dari mana sumber finansialnya.

5. Emosional

Faktor emosional adalah penyebab tertinggi angka perceraian. Orang yang mau menikah harus bisa mengontrol emosi dan egonya. Apabila keduanya masih sama-sama egois dan emosional tentu pertengkaran yang akan selalu terjadi. Apabila tidak bisa menahan emosi maka terjadilah kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang bisa berakibat kematian.

6. Spiritual

Untuk menangkal godaan-godaan setan, seperti kekerasan, perselingkuhan, bahkan pembunuhan, harus mempunyai iman dan spiritual yang kuat. Masalah apapun yang terjadi serahkanlah semuanya kepada Allah Swt. Karena semua masalah pasti ada hikmahnya dan pasti ada jalan keluarnya.

7. Niat

Setelah mempersiapkan hal-hal tersebut, maka niat untuk menikah sudah semakin mantap. Jika kedua mempelai sudah sama-sama niat dan sepakat, maka segeralah menikah. Karena itu lebih baik daripada pacaran yang mendekati zina dan menimbulkan fitnah. Yang paling penting adalah niatkan menikah untuk ibadah, sehingga Allah Swt akan memudahkan jalan membentuk keluarga sakinah, mawaddah, wa rahmah. Amiin.

Leave A Reply

Your email address will not be published.