Berita Nasional Terpercaya

Mangga, Buah yang Dari Kulit Sampai Biji Sangat Bermanfaat

0

Bernas.id – Selama ini kita mengonsumsi mangga karena rasanya yang segar. Ada yang menyukai jika rasanya masam namun sebaliknya ada juga yang menyukainya karena rasanya yang manis. Padahal kedua rasa buah ini memiliki manfaat yang tinggi dari kulit hingga bijinya. Lalu seperti apa manfaatnya? Simak penjelasan dibawah ini.

1.Daging buah bukan hanya lezat

Buah mangga bukan hanya nikmat tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antaranya,

  • Pencernaan lancar

Kandungan enzim di dalam buah mangga dapat memecah lemak dan protein pada makanan yang dikonsumsi. Sehingga nutrisinya mudah diserap oleh tubuh. Selain melancarkan proses pencernaan juga melancarkan buang air besar.

Kandungan seratnya juga sangat baik untuk Anda yang ingin mengikuti program penurunan berat badan. Lemak pada dinding usus akan diikat dengan serat dan dibuang.

Selain itu dengan mengonsumsi buah yang satu ini dapat membuat perut kenyang lebih lama. Anda pun dapat mengontrol nafsu makan.

  • Mata yang sehat

Makan mangga secara rutin dapat mencegah beberapa keluhan pada mata, sebut saja rabun senja mata kering kelelahan pada mata iritasi dan masih banyak lagi.

Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin A yang sangat tinggi dalam mangga.

  • Kolesterol jahat berkurang

Dengan kandungan pektin serat dan vitamin C yang cukup tinggi, buah ini dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Alhasil, tubuh terhindar dari beberapa penyakit seperti halnya jantung, stroke dan masih banyak lagi.

  • Menjaga daya tahan tubuh

Kandungan vitamin A, C, dan 25 jenis karotenoid atau senyawa pencegah radikal bebas yang terdapat pada mangga sangat efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena itulah, daya tahan tubuh pun akan semakin meningkat. Dengan mengonsumsinya secara rutin, makan tubuh tak mudah terserang penyakit.

  • Kulit dan rambut lembut

Vitamin A dalam mangga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Kandungannya dapat mencegah kulit kusam mengecilkan pori-pori dan menghaluskan kulit. Vitamin jenis itu juga memproduksi alami yang bisa melembabkan rambut.

Vitamin C yang ada pada mangga juga dapat merangsang pembentukan kolagen pada kulit. Kandungan antioksidan dalam mangga juga membantu peremajaan dan perbaikan sel. Sehingga membantu detoksifikasi kulit dari dalam dan mencegah timbulnya jerawat.

  • Meningkatkan daya ingat

Dengan rutin mengonsumsi mangga, Anda akan mengingat serta menghafal sesuatu lebih cepat dan mudah. Kandungan asam glutamine pada buah ini sangatlah banyak dan dapat meningkatkan konsentrasi serta daya ingat.

2. Daun kaya akan vitamin

Tak banyak yang mengetahui jika daun mangga memiliki banyak kandungan nutrisi seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Selain itu, juga mempunyai sifat antioksidan yang sangat kuat karena memiliki kandungan flavonoid yang tinggi serta fenol.

Daunnya juga dapat dipakai untuk mengatasi asam urat. Untuk memanfaatkannya, cukup seduh daun mangga muda dalam gelas Kemudian tuang air panas dan aduk setelah itu diminum.

Untuk Anda yang Ingin secepatnya mengobati luka bakar maka gunakanlah daun mangga sebagai penyembuh. Caranya dengan menempelkan Segenggam daun mangga yang telah dibakar hingga menjadi abu. Selain itu, rebusan air daun mangga yang ditambahkan dengan madu juga dapat mengatasi masalah kesehatan seperti demam.

Itulah beberapa manfaat dari daging serta daun buah mangga. Sebenarnya bukan hanya dari dua bagian pohon mangga itu saja, masih ada lagi biji dan kulit buah mangga yang juga memiliki sejuta manfaat. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk memasukkan buah mangga ke dalam menu harian diet kamu. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.