Berita Nasional Terpercaya

Surga Tersembunyi! Inilah 5 Tempat Wisata Alam di Batang yang Wajib Dikunjungi

0

Bernas.id – Batang merupakan salah satu kabupaten dengan jalan pantura terpanjang di Jawa Tengah. Bagi sebagian orang yang belum familier dengan namanya pasti akan bertanya dimana sih persis letaknya? Kabupaten yang terkenal dengan angkernya Alas Roban ini berbatasan langsung dengan kabupaten Kendal, Pekalongan, Banjarnegara dan Wonosobo. Wilayah kabupaten Batang yang didominasi oleh dataran tinggi memang cukup banyak perbukitan dan pegunungan. Namun, bukan berarti kabupaten Batang tidak mempunyai dataran rendah. Pantura dan alun-alun Batang berada di dataran rendah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Wisata alam yang akhir-akhir ini menjadi pilihan berwisata yang menyenangkan membuat munculnya wisata baru di beberapa daerah dan dijadikan sebagai potensi untuk menarik wisatawan, begitu pun dengan kabupaten Batang. Selama beberapa tahun terakhir bermunculan wisata-wisata baru yang pantas dijadikan potensi untuk menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Inilah 7 tempat wisata alam di Batang yang  wajib dikunjungi ketika anda berkunjung ke Kabupaten Batang.

1. Kebun Teh Pagilaran

Agro wisata yang terletak di desa Gondang kecamatan Blado ini akan memanjakan mata dengan pemandangan hamparan kebun teh. Tempat wisata ini sangat cocok untuk berlibur dengan keluarga, selain ada wahana untuk memacu adrenalin tersedia juga kolam renang anak. Untuk pengunjung dari luar kota, tak usah khawatir. Karena di sekitar agro wisata Pagilaran terdapat banyak villa yang disewakan.

2. Curug Genting

Tempat wisata satu ini membutuhkan fisik yang cukup kuat untuk sampai ke lokasi. Biasanya air terjun berada di lokasi yang cukup jauh dari pemukiman warga. Curug Genting berlokasi di desa Bawang, kecamatan Blado. Untuk sampai ke lokasi yang merupakan salah satu situs peninggalan kerajaan Majapahit ini harus menempuh perjalanan dengan medan jalan setapak kira-kira 5 km. Namun, lelah selama perjalanan akan terbayar dengan keindahan air terjun dengan ketinggian 40 meter ini.

3. Pantai Ujung Negoro

Bagi pecinta pantai, jangan lewatkan pantai yang berlokasi di desa Ujungnegoro kecamatan Kandeman. Pantai ini memiliki fungsi ganda selain sebagai wisata alam juga sebagai wisata religi. Karena di atas bukit pantai terdapat makam Syekh Maulana Maghribi dan Gua Aswatama. Suguhan hamparan pasir dan pemandangan pantai yang luas sangat memanjakan mata. Apalagi terdapat tebing-tebing cukup tinggi yang dapat dinaiki untuk melihat pemandangan laut dari atas tebing.

4. Desa Wisata Pranten

Desa wisata Pranten yang terletak di desa Pranten kecamatan Bawang ini berada di kaki gunung Prau dekat dengan dataran tinggi Dieng. Ketika anda berkunjung ke Batang jangan melewatkan untuk berkunjung ke desa wisata Pranten yang keindahan pemandangannya tidak ada duanya. Pemandangan yang indah, udara yang segar serta penduduk lokal yang ramah bisa memberikan sensasi berbeda bagi anda yang kesehariannya padat aktifitas.

5. Telaga Dringo

Telaga Dringo terletak di desa Mojo Tengah kecamatan Roban, objek wisata yang memiliki daya tarik dari air telaganya ini seringkali disebut Ranukumbolonya Jawa Tengah. Akses menuju lokasi ini dapat ditempuh melalui Wonosobo, Banjarnegara dan Pekalongan karena masih masuk dalam satu kawasan dengan pegunungan Dieng. Jalur termudah untuk sampai ke lokasi melalui Wonosobo ke arah Dieng. Pengunjung biasanya ber-camping untuk melihat keindahan sunset nan eksotis di telaga Dringo.

Leave A Reply

Your email address will not be published.