Berita Nasional Terpercaya

Tradisi Menyapa Unik dari Berbagai Belahan Dunia

0

Bernas.id – Setiap negara di dunia ini memiliki tradisi menyapa yang berbeda, unik dan spesial sesuai dengan budayanya. Mulai dari cara menyapa yang paling umum yaitu bersalaman, merangkul, mencium pipi, menangkupkan tangan ke dada, membungkuk, saling menempelkan hidung, mengeluarkan lidah, bahkan meludah! Aneh bukan? Di Indonesia dan Malaysia, kita mengucapkan salam lalu saling berjabat tangan pada saat menyapa. Tak jarang bagi kaum wanita dapat saling mencium pipi ketika bertemu. Meskipun sama caranya, tetapi di Malaysia sapaan dengan mencium pipi dilakukan tiga kali, pada pipi kanan, kiri dan kembali ke kanan lagi sedangkan di Indonesia cukup dua kali saja. Orang Jawa juga unik, setelah bersalaman lalu memyentuhkan tangan sendiri ke dada, pertanda bahwa 'kita adalah saudara'.

Beralih ke Asia Timur seperti Jepang dan Korea, mereka membungkukkan badan ketika saling bertemu dan menyapa. Ketika bertemu dengan seseorang yang lebih tua, atau lebih tinggi status sosialnya, harus membungkukkan badan (Bow) dengan cara mencondongkan tubuh ke depan, punggung harus tegak dan tangan berada di samping badan. Di China cukup menganggukkan kepala untuk menyapa dan memberikan salam.

Masih di Asia, budaya menyapa di Thailand tidak jauh berbeda dengan di India, yaitu menangkupkan kedua belah tangan sambil menundukkan kepala dan badan seperti sikap berdoa yang disebut dengan ?wai?. Tak jauh berbeda, di Bali juga menggunakan cara ini yaitu dengan mencangkupkan kedua belah tangan sebagai simbol selamat datang.

Adapun tradisi menyapa yang unik dilakukan oleh suku Maori di New Zealand, pada saat menyapa mereka akan saling menempelkan hidung agar dapat berbagi nafas kehidupan dari dewa. Tradisi ini disebut juga dengan Hongi, jika kita telah melakukan hongi dengan warga asli suku tersebut, maka kita akan dianggap sebagai salah satu warga mereka. Selain suku Maori, orang di Saudi Arabia juga melakukan hal yang sama. Setelah mengucapkan salam ?Assalamualaikum?, kaum laki-laki dapat saling menggesekkan hidung hingga beberapa kali untuk mengucapkan salam.

Menurut kamu, kira-kira mana yang paling unik atau aneh?

Leave A Reply

Your email address will not be published.