Berita Nasional Terpercaya

keuntungan berani coba-coba

0

Bernas.id – Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa ada interaksi dengan manusia lain. Sebagai makhluk sosial, pasti manusia  terus berusaha melakukan perkembangan dalam hidupnya.  Ada manusia yang berkembang secara cepat, adapula yang perkembangannya berjalan lambat. Banyak faktor yang menjadi penentu penyebab cepat lambatnya laju perkembangan seseorang.

 Orang-orang yang memiliki tingkat perkembangan yang cepat disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya adalah mau menerima perkembangan zaman, tidak menolaknya karena dia tahu dengan memanfaatkan apa yang ada kemudian menginovasikannya menjadi sesuatu yang mempunyai nilai manfaat  dan menghasilkan sesuatu. Sementara orang-orang  yang laju perkembangannya berjalan lambat disebabkan karena banyak faktor. Salah satunya adalah kurang peka terhadap kemajuan zaman dan tidak berani mencoba sesuatu yang baru. Padahal banyak manfaat yang diperoleh dari berani mencoba. Diantaranya :

Keuntungan yang didapatkan dari berani mencoba adalah kita mendapatkan ilmu baru yang sebelumnya tidak kita tahu. Dengan ilmu yang baru maka akan menambah cakrawala wawasan kita sebagai bekal untuk meraih kesuksesan ke depan.  

Jika kita disuruh orang tua untuk beli gula di pasar atau beli peralatan sepeda motor di bengkel, padahal kita sebelumnya tidak pernah pergi ke pasar ataupun ke bengkel. Pasti kita akan ragu-ragu untuk menuruti permintaan orang tua kita. Namun mau tidak mau kita harus menurutinya karena itu adalah perintah dari orang tua. Yang awalnya kita tidak mengetahui letak pasti tempat yang kita tuju, bahkan sempat kesasar juga. Namun setelah bertanya-tanya kepada orang mengenai letak tempat yang kita tuju dan akhirnya sekarang kita menjadi tahu tempatnya. Maka itu yag disebut pengalaman, pengalaman kesasar di tempat yang sebelumnya tidak pernah kita lewati, pengalaman bertanya kepada orang. Itulah yang dinamakan pengalaman. Hikmah dari pengalaman yang sudah kita dapat adalah pengalaman megajarkan kepada kita untuk lebih bijak dan tepat dalam melakukan sesuatu sesuai apa yang diinginkan.

Manfaat yang didapat dari berani mencoba sesuatu adalah sensasi. Sensasi? Iya. Contoh konkritnya adalah ketika kita baru pertama kali mencoba menawar harga barang yang berada di pasar. Pasti kita akan menjumpai hal-hal yang tidak terduga yang dialami. Misalnya ketika kita akan menawar barang yang akan kita beli. Namun si penjual bersikeras bahwa barang yang dijual itu adalah harga pas. Namun kita mencoba berusaha membujuk si penjual  agar barang yang dijualnya itu diturunkan harganya. Akhirnya karena berbesar hati, si penjual itu menurunkan harganya. Yang awalnya kita tidak pernah melakukan tawar menawar barang namun karena berani mencoba, akhirnya kita berani untuk melakukannya. Secara tidak langsung kita akan merasakan sensasi yang sebelumnya tidak pernah kita rasakan. Sensasi gugup, gembira bercampur jadi satu karena kita berani mencoba hal yang baru. 

Semua orang ingin sukses, semua orang ingin maju. Tapi jika mereka hanya sebatas mempunyai keinginan tanpa ada action atau usaha untuk mewujudkannya itu sama saja dengan bohong. Maka bagi anda yang sebelumnya merasa tidak berani mencoba hal-hal baru, mulai sekarang segeralah berubah, beranilah mencoba hal-hal baru dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

Leave A Reply

Your email address will not be published.