Berita Nasional Terpercaya

Wahai Para Orang Tua, Perhatikan Ini untuk Perkembangan Anak Anda

0

Bernas.id – Setiap orang tua menginginkan anaknya tumbuh dan berkembang seperti apa yang di harapkan. Bahkan sebelum anak lahir pun, Anda sudah menciptakan mimpi dan harapan tersebut. Yang perlu Anda pahami, anak mengalami tahap pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan berarti dengan bertambahnya jumlah dan ukuran sel serta jaringan interseluler sehingga bertambah pula ukuran fisik dan struktur tubuh pada anak. Sedangkan, perkembangan berarti menggambarkan adanya peningkatan pada kematangan fungai individu.

Beberapa hal yang perlu Anda pahami terkait faktor – faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, yaitu:

1. Keluarga

Keluarga adalah faktor utama dalam tumbuh kembang anak. Lalu keluarga yang seperti apa yang dapat memberi pengaruh positif untuk perkembangan anak? Perlunya suasana yang kondusif dalam keluarga dan dalam hal ini orang tua di tuntut lebih yaitu dengan menundukkan ego agar tidak terjadi perdebatan berkepanjangan atau bahkan hingga terjadi perceraian. Selain itu, orang tua juga di tuntut untuk mendidik anak dengan seideal mungkin yaitu dengan memperlakukan anak sesuai dengan kepribadian anak. Oleh sebab itu, alangkah bagusnya ketika belum mempunyai anak, coba berusahalah semaksimal mungkin untuk belajar ilmu yang berkaitan tentang ilmu parenting.

2. Sekolah

Lingkungan kedua anak adalah sekolah. Sekolah pun tidak kalah penting dengan lingkungan keluarga karena di tempat ini anak banyak menghabiskan waktunya. Perlunya peran para guru dan pihak sekolah sangat dibutuhkan untuk memantau perkembangan anak didiknya. Selain itu, orang tua juga diperlukan untuk menjalin komunikasi yang baik dengan pihak guru untuk memantau bagaimana perkembangan anaknya di sekolah.

3. Lingkungan

Lingkungan anak pun jangan diabaikan karena lingkungan juga memiliki pengaruh besar terhadap anak. Anak memiliki karakter atau perilaku seperti apa tergantung dari bagaimana kondisi lingkungan temannya. Oleh sebab itu, perlunya orang tua untuk memantau lingkungan dimana anak tumbuh. Jika dirasa lingkungan anak kurang baik, orang tua harus menasehati anak dan memberi pengarahan agar anak tidak terjerumus dalam lingkungan yang kurang baik dan berpotensi menyebabkan perilaku yang menyimpang.

Itulah tiga faktor yang mempengaruhi perkembangan anak, anak tetap tergantung bagaimana orang tua mendukung dan mengarahkan anak dengan cara yang tepat. Bukan dengan paksaan apalagi kekerasan. Karena jika yang dilakukan dengan kekerasan, maka yang terjadi anak akan berontak. Kalau pun tidak, maka yang terjadi adalah anak akan melakukan hal serupa seperti apa yang orang tua lakukan ke anak jika dalam kondisi terdesak. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.