Berita Nasional Terpercaya

Mau Memilih Lokasi Bisnis Waralaba yang Tepat? Ikuti 10 Tips Berikut

0

Bernas.id – Banyaknya tawaran dari para perusahaan waralaba secara tidak langsung membuat banyak orang tertarik untuk bergabung dan berinvestasi di dalam bisnis waralaba tersebut. Walaupun begitu, yang menjadi hal penting dalam bisnis waralaba ini adalah pemilihan lokasi yang tepat. Apabila lokasi yang dipilih untuk membuka bisnis ini tepat dan strategis, tentu bisnisnya akan berjalan dengan lancar dan mendatangkan profit yang besar.

Pemilihan lokasi dalam bisnis waralaba ini tidak bisa dianggap remeh. Apabila salah memilih lokasi, bisa-bisa usaha ini tidak akan berjalan dengan baik. Walaupun bisnis waralaba yang kamu jalani terkenal, tapi pemilihan lokasi usahanya salah maka usaha kamu tidak akan ramai pembeli.

Baca juga: Begini 3 Cara Membeli Saham Bagi Pemula dengan Mudah

Sebelum menentukan lokasi yang akan kamu buka untuk bisnis waralaba, ada baiknya ada melakukan survei terlebih dahulu. Walaupun beberapa dari para pemilik utama bisnis waralaba ada yang melakukan survei ke lokasi yang kamu ajukan, namun tidak sedikit pula yang lepas tangan begitu saja. Kamu di sini tentu harus pintar dalam memilih lokasi usaha waralabamu. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipikirkan dalam memilih lokasi.

1. Kepadatan Penduduk

Salah satu indikator besarnya potensi pasar usaha yang kamu buka adalah kepadatan penduduk. Walaupun pada kenyataannya hal ini bukan menjadi ukuran final. Tetap harus dipikirkan apakah lokasi tersebut bisa dijadikan sebagai tempat belanja masyarakat atau tidak.

Baca juga: 6 Langkah Belajar Investasi dan Trading Saham dari Nol

 

2. Penghasilan

Kamu perlu mengetahui bagaimana penghasilan penduduk di lokasi yang akan kamu buka usaha waralabamu. Ketahui juga tingkat daya beli masyarakatnya serta pikirkan apakah produk yang akan kamu jual akan disukai oleh masyarakat disekitar itu atau tidak.  

Baca juga: Mengenal Trading Saham dan Cara Jitu Jadi Trader Handal

 

3. Jumlah Usaha

Bila lokasi yang kamu pilih adalah pusat perbelanjaan atau sentra perdagangan, ada baiknya kamu melihat banyaknya usaha di lokasi tersebut. Pikirkan juga apakah tipe dari bisnis di lokasi tersebut menggunakan produk yang ditawarkan waralaba atau tidak.

Baca juga: 7 Cara Main Saham Bagi Investor Pemula dengan Mudah

 

4. Tempat Usaha

Banyak tempat usaha yang bisa kamu jadikan lokasi untuk kamu berjualan. Seperti di pinggir jalan, perumahan, mall, ataupun di tempat-tempat yang ramai.

Baca juga: Inilah Jam Buka Bursa Saham di Indonesia

 

5. Lalu Lintas

Kamu harus melihat berapa banyak kendaraan yang lalu lalang setiap harinya di lokasi tempat kamu membuka usaha waralaba. Pikirkan juga apakah lokasi kamu mudah untuk diakses dan orang-orang bisa dengan mudah melihat plang bisnis kamu.

Baca juga: Inilah Bedanya Karakteristik Obligasi dan Saham

 

6. Pusat Keramaian

Bila kamu merasa terlalu mahal membayar harga sewa tempat di dalam mall untuk berbisnis, cobalah berjualan di seberang jalan mall tersebut. Tempat di seberang mall biasanya juga banyak orang yang berlalu lalang dan terlebih harga sewanya lebih murah. Lokasi lainnya, kamu bisa memilih di daerah kampus, rumah sakit, ataupun tempat yang ramai pengunjung.

Baca juga: Mari Mengenal Perbedaan Saham Biasa dan Saham Preferen

 

7. Akses Karyawan

Jangan memilih lokasi usaha yang jarak tempuhnya jauh, karena dapat menjadi masalah tersendiri bagi karyawan kamu nantinya. Akan lebih baik pilihlah tempat yang lokasinya mudah dijangkau.

Baca juga: 4 Cara Menghitung Harga Saham Per Lembar Agar Tidak Terkecoh

 

8. Zona

Jangan memaksakan apabila lokasi yang kamu pilih bukan lokasi usaha atau perdagangan. Kamu perlu memikirkan terlebih dahulu apakah lokasi yang kamu pilih baik untuk bisnis kamu nantinya atau tidak.

Baca juga: 4 Cara Akurat untuk Menentukan Support dan Resistance Harga Saham

 

 

9. Kompetisi

Sebelum memulai, pertimbangkan tingkat kompetisi dari usaha yang akan kamu jalankan. kalau di lokasi yang kamu pilih sudah sesak dengan usaha-usaha lain yang menawarkan produk sejenis, maka lokasi tersebut tidak akan menguntungkan lagi bagi usaha kamu.

Baca juga: Memahami Investasi Reksadana Saham , Keuntungan, dan Risikonya

 

 

10. Lingkungan

Kamu pastinya ingin kalau usahamu menjadi laris dan juga lingkungan yang ada di sekitar lokasi juga tidak terganggu dengan usaha waralaba kamu. Maka dari itu, kamu perlu menanyakan pada franchisor apakah area lokasi tersebut aman dan juga baik untuk menjalankan usaha? Tanyakan juga apakah lingkungan lokasi yang kamu pilih cukup baik atau tidak?

Berikut adalah beberapa tips bisnis waralaba yang bisa jadi bahan pertimbangan kamu dalam memilih lokasi usaha. Semoga tips di atas bermanfaat dan kamu dapat menjalankan bisnis waralaba yang sukses.  

Baca juga: Inilah 7 Aplikasi Trading Saham Terdaftar OJK

Leave A Reply

Your email address will not be published.