Berita Nasional Terpercaya

Media Jepang: 200 Orang Tewas di Lokasi Uji Coba Nuklir Korut

0

Bernas.id ? Korut dan senjata nuklir ibarat dua hal yang kian tak terpisahkan. Bulan September lalu, Korut diketahui melakukan uji coba nuklir di bawah tanah di Punggye-ri. Namun menurut laporan terbaru TV Asahi yang berbasis di Jepang, uji coba tersebut juga membawa efek domino negatif.

Menurut laporan yang dirilis pada hari Selasa (31/10/2017) tersebut, terjadi insiden terowongan ambruk yang menewaskan ratusan orang di bekas lokasi uji coba. Hanya beberapa hari usai dilakukannya uji coba bom nuklir.

Korban tewas pertama terdiri dari 100 orang pekerja yang tertimpa reruntuhan terowongan. Ketika operasi penyelamatan dilakukan, badan terowongan kembali runtuh sehingga jumlah korban tewas bertambah menjadi lebih dari 200 orang.

Uji coba itu sendiri merupakan uji coba nuklir bawah keenam yang dilakukan oleh Korut sejak tahun 2006. Akibat uji coba tersebut, wilayah di lokasi ledakan dan sekitarnya mengalami longsor. Foto satelit yang diambil sehari sesudah ledakan menunjukkan terjadinya perubahan di permukaan tanah.

Badan Survei Geologi AS mencatat kalau uji coba di bulan September tersebut menghasilkan getaran sekuat 6,3 skala Richter dan getaran susulan sebesar 4,1 skala Richter. Menurut kalkulasi pihak Jepang, bom nuklir yang diledakkan dalam uji coba yang sama berkekuatan 8 kali lebih besar dibandingkan bom yang dijatuhkan di Hiroshima pada tahun 1945.

Korut merupakan satu dari 9 negara yang memiliki persediaan senjata nuklirnya sendiri. Kian majunya teknologi misil yang dikembangkan oleh Korut pada gilirannya menimbulkan kekhawatiran kalau Korut mungkin bakal meluncurkan misil berhulu ledak nuklir ke wilayah negara lain suatu hari nanti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.