Berita Nasional Terpercaya

Ini Alasannya Zimbabwe Memiliki Menteri WhatsApp

0

Bernas.id – Robert Mugabe, presiden Zimbabwe belum lama ini membentuk Kementerian Keamanan Siber, Deteksi Ancaman dan Mitigasi yang diberikan kepada mantan Menteri Keuangan, Patrick Chinamasa. Di masa awal pemerintahan, Chinamasa pun membuat peraturan kontroversial untuk para pemakai platform WhatsApp.

Lewat edaran pers, Chinamasa mengharuskan semua administrator grup WhatsApp untuk mendaftar. Bagi grup yang enggan mendaftar maka akan memperoleh ancaman kriminalisasi.

Sama halnya di Indonesia, ketika memperoleh kebijakan pemerintah yang unik, netizen di Zimbabwe pun menggunakan berbagai guyonan meme yang menyindir kebijakan itu. Salah satunya adalah pemberian gelar Menteri WhatsApp untuk Chinamasa.

Gelar tersebut diberikan oleh para netizen simbabwe karena seolah-olah Chinamasa merupakan orang yang berhak mengatur pemakai WhatsApp di negara tersebut. Pemerintah Zimbabwe pun memberikan alasan jika kebijakan WhatsApp ini harus dilakukan untuk mengurangi kekerasan yang ada di media sosial.

Namun, para pengamat justru memandang Jika keputusan ini hanya sekedar meredakan kritik dari para warga yang memakai media sosial karena mengkritik ketidakstabilan ekonomi yang ada di Zimbabwe.

Leave A Reply

Your email address will not be published.