Berita Nasional Terpercaya

Setajam Apakah Kekuatan Mata dalam Membantu Berbicara di Depan Publik?

0

Bernas.id ? Apakah Anda termasuk orang yang tidak percaya diri ketika berbicara di depan orang banyak? Apakah pikiran Anda sering nge-blank ketika banyak mata menatap Anda? Apabila Anda demikian, maka jawabannya hanya satu yaitu ? tatap kembali mata mereka, lawanlah!.? Ibarat mereka menatap kita dengan cinta, maka balaslah dengan penuh cinta dan setelah itu, perkataan Anda akan keluar dengan sendirinya. Karena semakin Anda berusaha menghindari tatapan mata audience, maka tatapan Anda akan tidak fokus dan membuat audience juga akan kehilangan ketertarikan pada materi yang disampaikan.

Waktu presentasi adalah waktu di mana pembicara menyampaikan ide-ide yang telah dituangkannya dalam tulisan sehingga dapat disampaikan secara lisan kepada audience. Penulisan materi yang bagus namun tidak ditunjang dengan penyampaian yang baik dan penuh rasa percaya diri akan mengurangi kesan yang baik akan materi.

Kenapa tatapan mata begitu penting ketika presentasi? Karena mata mempunyai kekuatan, yaitu:

  • Mata berbicara

Ketika melakukan presentasi, jadikanlah mata kita berbicara. Cara untuk menjadikan mata kita berbicara adalah dengan menguasai materi. Untuk menguasai suatu materi dapat dilakukan dengan menghafalkan materi yang akan dipresentasikan atau membawa peraga yang membantu untuk mempermudah tersampaikannya materi. Apabila pemateri menguasai materinya maka matanya akan berbicara kata demi kata.

  • Mata mampu mengekspresikan.

Ekspresi yang ditampakkan oleh mata mampu mempengaruhi keseluruhan ekspresi wajah yang akan membuat pendengar terbawa dalam isi materi dan terhindar dari rasa bosan. Dengan ekspresi yang tepat dengan materi pun dapat menghilangkan rasa gugup dan dada yang berdebar kencang karena takut. Maka, apabila ada ungkapan ?Jangan menatap mata audience ketika berbicara di depan publik agar tidak gugup.? Sepertinya kurang tepat, karena dengan menatap wajah audience, pemateri akan mengetahui bagaimana ekspresi penonton yang akan mempertajam ekspresi pembicara.

  • Mata menunjukkan rasa percaya diri

Pembicara yang mampu menatap khalayak akan dikatakan sebagai pembicara yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Karena setiap penonton pun ingin dipandang oleh pembicara, rumus yang berlaku bagi audience adalah ?Apabila dia dipandang oleh pembicara maka dia akan merasa kalau diperhatikan oleh pembicara.? Dengan demikian, pembicara akan ikut serta dan termotivasi untuk mengikuti arahan pembicara.

  • Mata adalah kejujuran

Dengan mata yang ikut berperan dalam presentasi maka audience akan melihat adakah kejujuran di sana?, karena ungkapan mata tidak bisa berbohong, masih sangat dipercaya semua orang. Apabila kejujuran di mata pemateri mampu terbaca oleh audience, maka akan menambah kepercayaan audience akan kebenaran dari isi materi.

Walaupun Anda termasuk jenis pembicara yang lebih menggunakan hafalan sebelum mempresentasikan isi materi, atau Anda adalah jenis pembicara yang lebih suka melihat naskah ketika presentasi, atau bahkan apabila Anda adalah jenis pembicara yang spontan tanpa banyak persiapan, namun apabila mata Anda mampu berbicara, mampu mengekspresikan, mampu menunjukkan kepercayaan diri dan kejujuran, maka insya Allah segala ide, pendapat, imajinasi dan inovasi pembicara akan tersampaikan pada audience.

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.