Berita Nasional Terpercaya

Inilah Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Mengembangkan Produk Baru

0

Bernas.id ? Di dalam bisnis salah satu hal yang paling menyita waktu ialah saat sedang melakukan persiapan sebuah produk baru. Biasanya banyak energi yang dibutuhkan untuk fokus di sana, sebut saja riset sampai proses dalam pengembangan sebuah produk.

Supaya lebih mudah di dalam proses persiapan sebuah produk baru. Inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan fase persiapan sebuah produk baru.

Mempersiapkan diri mulai dari ide

Supaya memperoleh ide tentang produk baru bisnis, Anda dapat menggunakan berbagai sumber, yang diawali dari umpan balik para pemakai produk tersebut, saran dan masukan yang berasal dari tim, atau pun berbagai inspirasi yang diperoleh dari pengembangan teknik. Dari beberapa langkah itu, biasanya akan muncul ilham yang bisa untuk diterapkan di dalam sebuah produk terbaru.

Menyesuaikan sumber daya dan srategi yang ada

Langkah selanjutnya ialah menyesuaikan dengan berbagai sumber daya serta strategi yang ada. Terdapat dua hal pertama yang perlu diperhatikan, yakni sejauh mana potensi pasar serta potensi basis pemakai yang ada.

Dalam titik ini, pebisnis pun harus dapat memetakan berapa jumlah kompetitor yang siap bertarung dengan produk Anda. Ketahuilah kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh mereka. Informasi itu tentu akan mendukung bisnis dalam menentukan akan menjadi apa produk baru tersebut.

Belajar dari berbagai keunggulan kompetitor sebaiknya hindarilah untuk membuat banyak kesalahan yang telah dilakukan oleh mereka. Bila produk yang ingin dipasarkan menyasar segmen baru dan tak mempunyai pesaing maka ada baiknya untuk melakukan tes pasar serta pemakainya perlu dilakukan lebih intensif lagi sehingga data yang didapat pun lebih akurat.

Anda wajib menentukan ingin seperti apa spesifikasi produk yang hendak dibangun, tentu akan lebih baik jika dilengkapi dengan seperti apa produk yang akan dialami selama 2 hingga 3 tahun yang akan datang. Tentukanlah seperti apa versi akhir atau gambaran sempurna produk yang ingin segera dibuat. Tentukan spesifikasi produk yang dapat mendukung bisnis di dalam menentukan selling point.

Mempersiapkan tim

Setelah menyelesaikan ide maupun strategi produk yang hendak dibangun, maka langkah selanjutnya ialah fokus dalam pembangunan tim maupun alokasi anggaran. Proses pembagian tim pun menjadi sangat penting. Karena itulah, pastikan anggota tim yang dapat terlibat dalam proses pembuatan.

Proses pembagian tim pun menjadi hal yang sangat penting. Pastikanlah jika anggota tim yang berhubungan dalam produk tersebut dapat membagi waktunya serta fokus di dalam pengembangan produk baru tersebut. Kehalian tinggi jelas dibutuhkan oleh mereka, namun fokus serta konsistensi tentu juga sangat dibutuhkan.

Diawali dari tim marketing, dilanjutkan pada produksi, kemudian desain sampai tim finansial haru dapat dipersiapkan dengan sangat baik. Setelah itu tentukanlah berbagai hal teknis yang berhubungan dengan adanya deskripsi pekerjaan serta deadline.

Sedangkan bagian yang paling penting di dalam menentukan tim ialah mengalokasikan dana, objektif serta jadwal pengembagan. Seluruhnya harus dihitung dengan sangat matang. Hal itu dilakukan untuk dapat menghindari jadwal mundur serta alokasi dana yang ternyata membengkak.

Diawali dari pembuatan prototype

Setelah melakukan proses persiapan selesai maka buatlah prototipe sebelum mengeluarkan produk baru. Prototipe ini berfungsi sebagai tes pasar. Dengan cara ini Anda dapat mengetahui respon serta penerimaan dari pelanggan yang menggunakan produk tersebut. Setelah itu lakukanlah monitoring yang berkelanjutan untuk dapat menentukan respons serta berbagai harapan pemakainya terhadap produk baru.

Leave A Reply

Your email address will not be published.