Berita Nasional Terpercaya

Demi Jakarta Bebas Sampah Hal Ini Wajib Kamu Lakukan di Rumah

0

Bernas.id – Jakarta, sang ibukota, memiliki sejumlah permasalahan pelik yang hingga detik ini masih belum terselesaikan. Di antara puluhan, ada beberapa masalah yang paling meresahkan masyarakat. Apalagi kalau bukan sampah, banjir dan kemacetan. Setuju? Kita mungkin tidak sadar efek negatif ketika membuang botol bekas minuman di pinggir jalan atau bahkan hanya sekedar tisu sekali pun. Jelas, efeknya memang tidak timbul secara langsung. Tapi janganlah kita mengeluh kepada pemerintah ketika banjir melanda. Padahal itu semua dikarenakan ulah kita sendiri.

Ada lagi fakta yang lebih menyedihkan. Berdasarkan data Jambeck (2015), Indonesia berada di peringkat kedua dunia penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 juta ton setelah Cina yang mencapai 262,9 juta ton. Kali ini, bahkan laut sudah tercemar secara perlahan yang akan menimbulkan efek lain yaitu pada keberlangsungan hidup biota laut.

Lantas, sebagai rakyat biasa apakah yang dapat kita lakukan demi membantu Indonesia ini?

Tentunya ada langkah kecil yang harus kita mulai dari sekarang. Jika sulit untuk mengubah Indonesia paling tidak mulailah dari diri sendiri dan keluarga. Yaitu dengan membuat tempat sampah berbeda untuk setiap jenis sampah. Jika melihat bagaimana keadaan Bantar Gebang saat ini, pasti kita akan sangat terkejut karena ibarat ada gunung di sana. Hanya saja gunungnya dari tumpukan sampah. Apa sebenarnya faktor utama penyebab sampah tersebut menumpuk seperti itu? Tidak lain, karena sampah yang tidak terpisah sesuai jenisnya, hal itu yang membuat sampah akan sulit sekali terurai.

Nah, kita bisa lihat contoh tempat sampah seperti pada gambar dari artikel ini. Tentu  kita juga bisa membuat yang lebih sederhana lagi. Prinsipnya adalah menyiapkan,

1. Tempat sampah plastik

Plastik adalah jenis yang paling sulit diurai bahkan setelah bertahun-tahun, maka dari itu akan lebih sulit lagi jika ia tergabung dengan jenis sampah lain. Kumpulkan semua sampah plastik di rumah kita dalam satu tempat, dengan begitu akan ada banyak peluang di antaranya kita bisa menjualnya ke bank sampah atau mengolahnya kembali menjadi barang-barang unik yang bernilai jual.

2. Tempat sampah kertas

Kertas merupakan jenis yang mudah sekali melapuk. Jika kita memisahkan sampah kertas tersendiri akan kembali bisa didaur ulang atau menghilangkan jejak sampah kertas ini dengan pembakaran.

3. Tempat sampah organik

Sampah organik ini seringkali ditemukan berupa bekas makanan dalam rumah tangga. Entah itu nasi, tulang ayam, kulit pisang dan sebagainya. Sampah-sampah ini jenis yang mudah sekali membusuk dan membau. Hal itulah yang menjadi peluang besar bagi kita untuk menjadikan sebuah produk dari sampah organik yaitu pupuk. Sisa makanan yang kita timbun di dalam tanah bersamaan dengan daun kering dan kotoran hewan akan menghasilkan pupuk kompos untuk tanaman kita atau bisa juga kita jadikan lahan bisnis.

Sekarang, sudahkah kita siap memisahkan sampah sesuai jenisnya? Ayo lakukan langkah kecil untuk perubahan yang besar menuju Jakarta sejahtera, karena kepedulian kita akan sangat berarti.

Leave A Reply

Your email address will not be published.