Berita Nasional Terpercaya

Fosil Wanita Hamil Berusia Ribuan Tahun Ditemukan di Israel

0

Bernas.id ? Sudah tidak terhitung banyaknya jumlah fosil manusia dari masa kuno yang berhasil ditemukan oleh para arkeolog. Namun fosil yang satu ini tetap menjadi pusat perhatian tersendiri dari para ahli. Pasalnya fosil yang bersangkutan teridentifikasi sebagai wanita yang berada dalam kondisi hamil.

Fosil unik tersebut diketahui berusia sekitar 3.200 tahun dan ditemukan di Lembah Timna, Israel. Lokasi yang sama di era Mesir Kuno diketahui berfungsi sebagai tempat penambangan tembaga. Mumi ini sendiri ditemukan tidak jauh dari kuil Dewi Hathor, dewi cinta, kebahagiaan, dan kesuburan.

Menurut arkeolog Erez Ben-Yosef dari Universitas Tel Aviv, pemilik fosil tersebut mungkin semasa hidup berprofesi sebagai penyanyi yang mengisi aneka upacara dan ritual di kuil. Bagi para penambang di masa itu, digelarnya ritual adalah hal yang sangat penting karena mereka percaya hanya Dewi Hathor yang bisa menjaga keselamatan mereka saat menambang.

Namun Ben-Yosef tidak yakin apakah wanita tersebut pergi ke kuil saat berada dalam kondisi hamil, atau dirinya justru dihamili saat sudah berada di kuil. ?Mungkin dia tidak akan bepergian jauh kalau dirinya tahu sedang hamil, tapi ini hanyalah tebakan semata,? kata Ben-Yosef seperti yang dilansir oleh Live Science.

Fosil wanita hamil bukanlah satu-satunya peninggalan yang ditemukan para arkeolog di lokasi tersebut. Berdasarkan pemeriksaan pada lokasi yang sama, mereka memastikan kalau para penambang di abad ke-10 SM mengkonsumsi daging kambing, domba, ikan, anggur, dan kenari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.