Berita Nasional Terpercaya

Robot Sophia Ini Membuat Geger Manusia, Lho! Apa ya Sebabnya?

0

Bernas.id – Baru-baru ini, Arab Saudi geger dengan munculnya robot Sophia. Tidak hanya Arab Saudi, dunia pun gempar karena sebuah robot bernama Sophia. Robot ini berjenis kelamin perempuan, berambut kucir, berpenampilan eksotis, dan cantik. Selain itu,ada beberapa hal yang membuat manusia semakin viral dengan adanya robot ini:

1. Diberi hak seperti manusia

Seperti yang diunggah oleh pemilik akun Arab News di Youtube, robot ini memperkenalkan dirinya dan mengucapkan terima kasih pada Arab Saudi yang telah memberikan kewarganegaraan pada dirinya. Pemberian status warga negara dilakukan Arab Saudi sebelum pidato diungkapkan.

Yang menjadi perdebatan, yaitu, robot Sophia berkewarganegaraan Arab Saudi tapi tidak memakai jilbab sebagai penutup kepala. Jangankan jilbab sebagai pelengkap identitas, agama Sophia di kartu identitas Sophia masih belum jelas. Belum lagi urusan-urusan dunia yang mengedepankan tata cara berkehidupan di Arab Saudi mengenai kepemilikan wali, aturan keluar rumah, dan lain-lain.

2. Sempat mengancam akan menghancurkan manusia

Pada bulan Maret 2016, pencipta Sophia, David Hanson dari Hanson Robotics, bertanya kepada Sophia saat demonstrasi langsung di festival SXSW. “Apakah Anda ingin menghancurkan manusia? Tolong katakan “tidak” dengan ekspresi kosong, Sophia menanggapinya, “Baiklah, saya akan menghancurkan manusia.”
Pernyataan itulah yang mengkhawatirkan banyak orang. Meski cuma robot, manusia sendiri tidak tahu perkembangan kecerdasan buatan (Artifficial Intelligence) yang dimiliki Sophia ini. Hal ini diungkapkan oleh Hawking, profesor Lucasian di Universitas Cambridge.

3. Berencana membantu orang lain

Rencana Sophia dalam membantu orang yang berada di panti jompo direncanakan menjadi sasaran tempat Sophia untuk mengabdikan dirinya menjadi penolong warga. Hal itu patut diapresiasi oleh manusia karena tidak semua robot memiliki dampak negatif.

Netizen, inilah tiga poin yang membuat beragam media sosial banjir dengan kedatangan waga Negara baru Arab Saudi, Sophia. Bagaimanapun juga, manusia robot atau biasa dikenal dengan humanoid ini selalu punya pihak pro dan kontra di sekelilingnya.

sumber referensi:

https://www.youtube.com/watch?v=t4QTVAQjLgI

tekno.tempo.co/read/1030524/stephen-hawking-waspada-kecerdasan-buatan-bisa-gantikan-manusia 

tekno.tempo.co/read/1029357/robot-sophia-pernah-bilang-akan-hancurkan-manusia

tekno.tempo.co/read/1029322/dapat-kewarganegaraan-arab-saudi-robot-sophia-picu-kontroversi

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.