Berita Nasional Terpercaya

Pahlawanku, Pahlawanmu, Pahlawan Kita Semua

0

Bernas.id – Pahlawan selalu identik dengan perjuangan, perjuangan mendapatkan sesuatu yang menjadi haknya dari orang lain atau musuhnya.  Bermacam-macam julukan pahlawan dari pahlawan medan perang, pahlawan revolusi, pahlawan diskriminasi, pahlawan buruh sampai pahlawan tanpa tanda jasa.

Terkadang ada orang yang rela mengeluarkan uang hanya untuk membeli predikat pahlawan agar dirinya bisa dihormati.

Nilai kepahlawanan mulai luntur karena persepsi yang menyimpang  dari setiap orang. Kepahlawanan bukan lagi dinilai dari perjuangannya tapi dari nama besar untuk bisa dihormati dan mendapat fasilitas tertentu.

Pernahkah kita mengkaji nilai-nilai kepahlawanan dari sudut yang berbeda, tidak hanya dinilai dari nama besar dan dijadikan nama jalan sebagai penghormatannya tetapi dari perjuangan mendapatkan sesuatu tanpa merugikan orang lain.  Adakah kriteria seperti itu disekeliling kita? Jawabannya banyak! Tepat sekali!

Semua kita pasti punya orang tua, sadarkah kita bahwa orang yang selama ini merawat dan mendidik kita dari buaian sampai seumur ini. Sudahkah kita menghormati mereka seperti kita menghormati para pahlawan yang sering dielu-elukan banyak orang. Jawabannya tanya kepada diri Anda masing-masing.

Ayah dan ibu kita mungkin tidak mengenyam pendidikan tinggi seperti anak-anaknya namun dari dirinyalah kita belajar berjuang untuk berprestasi. Dia relakan waktu, tenaga, pikiran serta hidupnya demi anak tersayang. Dia relakan saat anak-anaknya menghitung kebaikan orang lain, hanya demi menyenangkan buah hatinya. 

Jadi masih bingung mencari pahlawan sejati, cobalah kita lihat ayah kita, amati wajahnya yang mulai lelah dialah pahlawan keluarga. Perhatikan juga sosok ibu wanita yang mengandung, merawat dan mendidik kita dengan segala kemampuannya yang tidak didapat dari sekolah manapun.

Orang tua adalah sosok pahlawan kita semua yang kita miliki tanpa terkecuali.

Dirgahayu pahlawanku, pahlawanmu dan pahlawan kita semua!   

Leave A Reply

Your email address will not be published.