Berita Nasional Terpercaya

Tetap Jadi Pemenang, Sekalipun kalah dalam bertanding. Lakukan hal ini!!

0

Bernas.id – Manusia terus diuji selama ia hidup. Ujian membuat kita terus bertingkat. Dan seringkali, orang menyalah artikan dari sebuah “ujian”. Apapun akan dilakukan agar lulus dari ujian. Hal itu lumrah saja, namun perlu diingat bahwa tujuan kita diuji, agar kemampuan kita bisa kelihatan sampai di mana.

Kompetisi merupakan sebuah wadah untuk meningkatkan bakat seseorang. Sehingga, semua yang berada di area kompetisi, harus menunjukkan sebaik mungkin bakat ataupun kemampuannya. Tapi, jangan sampai larut dalam kesedihan, bila ternyata kita gagal dalam bertanding.

Untuk itu perlu perhatikan berikut ini, sebelum memulai bertanding atau lomba:

1. Konsisten pada perubahan

Memikirkan hasil, kadang buat hati kita jadi tidak karuan. Apalagi jika lomba yang kita akan ikuti waktunya sudah mepet. Bahkan kita akan mati-matian berlatih, agar hasil tidak mengecewakan. Untuk itu tetap tenang, dan lakukan yang terbaik. Fokus pada perubahan dan jangan fokus pada hasil.

2. Jangan pikirkan pendapat orang lain

Salah satu yang akan membuat kita tertekan adalah ketika kita terlalu memikirkan pendapat orang lain tentang kita. Padahal sebenarnya, orang lain sama sekali tidak memikirkan kita. Karena mereka hanya sibuk memikirkan diri sendiri. Untuk itu, perlu menghilangkan negative thinking, dan terus berusaha sampai kita benar-benar bisa mengalahkan diri sendiri.

3. Perjelas tujuan

Tujuan adalah suatu faktor kenapa kita melakukan ini dan itu. Karena tujuan, orang akan tetap semangat, sekalipun kita sudah letih mengasah diri. Tujuan merupakan perantara agar kita dapat meraih suatu hasil yang diinginkan. Maka bentuklah tujuan di pikiranmu. Karena apa yang kamu pikirkan, maka itu yang akan terjadi.

4. Perbanyak doa

Usaha adalah sebuah proses meraih sesuatu, sedangkan doa membuat usaha tidak sia-sia. Selalu pikirkan Tuhan, di manapun kita berada, maka apapun yang kita lakukan, akan dimudahkan. Orang kadang lupa, bahwa apa yang dia raih erat kaitannya dengan kehendak Tuhan. Maka dari itu, mintalah pada Tuhan agar apa yang kita harapkan, sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan terjadi pada kita.

5. Berlatih dengan maksimal

Berlatih dengan maksimal akan memberikan hasil yang maksimal. Tidak ada hasil yang mengkhianati usaha, yang ada usaha yang belum maksimal. Maka dari itu, jangan gampang puas jika telah melakukan sesuatu. Terus kenali kekurangan kita, dan asah itu menjadi suatu kelebihan.

6. Motivasi diri

Jika kita larut dalam kesedihan, maka obat yang ampuh adalah dengan motivasi diri sendiri. Motivasi bangkit dari keterpurukan akan selalu mengantarkan kita pada jalan terang. Manusia memang butuh pegangan, untuk terus mendorong semangat agar yang dilakukan dapat maksimal, itulah motivasi. Selagi kita masih muda, teruslah asah diri kita. Sebagaimana yang dikatakan Jack ma, “We will make it, because we are young. And we will never, never give up”

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.