Berita Nasional Terpercaya

Ladies, Tetap Aktif Walaupun Menstruasi Lagi Banyak-Banyaknya. Mengapa Tidak? Nomor Satu Terasa Aneh!

0

Bernas.id – Menstruasi adalah proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Menstruasi pasti dialami oleh semua perempuan. Siklus menstruasi adalah jarak antara satu menstruasi ke menstruasi berikutnya. Siklus ini biasanya berlangsung kurang lebih 28 hari (antara 21-35 hari). Biasanya, lamanya menstruasi bisa berbeda-beda, umumnya berkisar antara 3 sampai 10 hari. Tapi, rata-rata wanita mengalaminya selama 5-7 hari.

Tetapi ada juga wanita yang mengalaminya selama 4 hari hingga 6 hari. Tahukah ladies, bahwa siklus bulanan itu dapat mengganggu aktivitas kita ketika lagi banyak-banyaknya, terutama dihari pertama, kedua bahkan sampai hari ketiga.

Lalu bagaimana di kondisi yang seperti itu, para ladies tetap aktif beraktivitas? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Gunakan diapers bayi

Terasa aneh mendengarnya? Ya, betul sekali ladies, diapers bayi bisa sebagai pengganti pembalut malam atau siang. Bukan diapers dewasa ya. Pembalut khusus malam hari biasanya didesain panjang dan lebar, namun tetap saja di awal menstruasi beberapa dari wanita mengalami kondisi dimana darah yang keluar itu banyak sekali. Kadang pembalut malam tidak cukup menampungnya, bahkan sudah pakai pembalut malam pun kita harus menggantinya sampai beberapa kali dalam sehari. Di waktu siang, sisi melebar pembalut malam itu sebenarnya tidak begitu bermanfaat. Karena kita lebih banyak berdiri atau duduk, bahkan tidak pernah dalam posisi tidur. Nah, diapers bayi yang memiliki daya tampung banyak itu akan membantu para ladies mengatasi itu semua. Ya, mungkin kelemahannya, tidak ada perekat yang menempel ke celana dalam, dan kurang nyaman dengan ukurannya yang sedikit besar.

2. Jangan terburu-buru mengonsumsi obat atau minuman anti nyeri

Di hari pertama pasti wanita akan merasakan pegal bahkan sampai nyeri di daerah perut, pinggang samping atau belakang. Kondisi normal untuk setiap menstruasi. Sakit perut menjelang atau pada saat menstruasi, merupakan akibat dari kontraksi otot perut ketika mengeluarkan darah dari dalam rahim. Sebagaimana kontraksi otot pada bagian tubuh yang lain, otot rahim yang telah bekerja sangat intens ini pun akan mengalami ketegangan (kram), dan kondisi ini menyebabkan nyeri.

Namun jangan terburu-buru mengonsumsi obat atau minuman anti nyeri ya ladies. Cobalah dengan memberi kompresan air hangat, minyak kayu putih, atau pijat-pijat lembut daerah yang terasa pegal atau nyeri. Jika sakitnya memang terasa akut, coba hubungi dokter ya.

3. Mandi dengan air hangat

Tidak dipungkiri lagi, mandi air hangat memang menenangkan. Ketika menstruasi, wanita akan mengalami perubahan hormon. Perubahan hormon akan berpengaruh kepada mood kita loh. Jadi perubahan mood bukan hanya terjadi sebelum menstruasi saja, biasanya diawal menstruasi masih ada gejala-gejala perubahan mood. Agar emosi kita tetap terkontrol, cobalah untuk mandi air hangat. Selain itu mandi air hangat pun bisa mengurangi rasa pegal atau nyeri yang timbul di hari pertama menstruasi.

4. Minum suplemen penambah darah

Ketika lagi banyak-banyaknya, beberapa wanita ada yang mengalami anemia, atau kekurangan darah. Biasanya ditandai dengan pandangan berkunang-kunang, pusing, dan wajah pucat. Cobalah konsumsi suplemen penambah darah agar anemia dapat dihindari.

Begitulah empat cara yang bisa dilakukan agar hari-hari tetap berjalan lancar dan menyenangkan walaupun menstruasi lagi banyak-banyaknya. Selamat mencoba ladies!

Leave A Reply

Your email address will not be published.