Berita Nasional Terpercaya

Kesulitan Pasti Dialami oleh Semua Orang

0

Bernas.id – Willy Tasdin, MPsi, Psi menyebut pengalaman setiap orang itu unik. Namun,  ada beberapa hal yang membuatnya menjadi seperti sekarang. ?Kalau dimulai sejak awal, ketika saya diperkenalkan dengan dunia psikologi oleh kakak sepupu saya. Sejak saat itu, saya mulai bertekad untuk mengambil kuliah psikologi. Awalnya memang ada beberapa keluarga yang menentang, tetapi setelah dijelaskan akhirnya mereka bisa menerima. Dari sana, saya mulai belajar bahwa banyak hal yang harus diperbaiki, termasuk istilah berobat jalan untuk mahasiswa psikologi sendiri. Seiring berjalannya waktu, banyak orang-orang yang saya temukan, dari yang takut kecoak, bahkan takut dengan balon ataupun karet gelang. Hal-hal ini membuat saya semakin berpikir bahwa manusia adalah makhluk yang sangat unik dan misterius. Oleh karena itu saya pun memilih untuk melanjutkan S2 untuk menjadi psikolog klinis,? ungkapnya ke Bernas.

Senang mendengarkan orang lain menjadi alasan untuk terus menekuni bidang pekerjaan yang digeluti sampai sekarang. Baginya, ia juga dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan orang lain. Menurutnya, bisa membantu orang dalam menyelesaikan masalahnya menjadi suatu hal yang membuatnya merasa lebih puas. Di sisi lain, ia juga belajar lebih banyak mengenai bagaimana orang lain menjalani kehidupan mereka. Dengan demikian, ia juga terus mengembangkan dirinya untuk menjadi seseorang yang lebih baik. Untuk pengalaman unik di pekerjaan, ia menyebut sejumlah hal yang tidak diperkirakan tiba-tiba muncul.

?Kalau dikatakan unik yang spesifik tidak ada, tapi banyak hal-hal yang seringkali tidak antisipasi tiba-tiba muncul. Hal tersebut membuat saya belajar untuk merencanakan kerja dan bekerja lebih fleksibel. Selain itu, pengalaman-pengalaman yang sifatnya mendadak juga membuat saya semakin membuat saya tidak mudah panik dan belajar untuk berpikir lebih terstruktur,? katanya.

Untuk permasalahan yang paling sering dihadapi dalam pekerjaan, ia menyebut ketika menghadapi hal-hal yang kurang disukainya. ?Permasalahan yang sering saya hadapi adalah kadang-kadang berkaitan dengan sumbu saya yang cukup pendek, terutama ketika menghadapi hal-hal yang kurang saya suka. Ketika hal tersebut terjadi biasanya saya akan meninggalkan sementara hal-hal atau orang yang membuat saya kesal. Kemudian menenangkan diri, setelah itu, saya akan membicarakan hal-hal tersebut dengan pikiran yang lebih tenang dan juga emosi yang lebih tenang. Untuk tantangan ke depannya, akan banyak tantangan yang akan saya hadapi ke depannya. Cara saya menyikapinya cukup tenang dan menerima apa yang akan terjadi. Yang jelas saya akan terus mengingat dan berusaha mencapai tujuan saya,? tukasnya.

Ia pun meyakini bidang pekerjaan yang digeluti ini penting dilakukan dan dibagikan kepada masyarakat. ?Psikologi merupakan bidang yang memang dibutuhkan oleh setiap orang. Tidak hanya sebagai pengetahuan untuk menjalani kehidupan yang berhubungan dengan orang lain, seperti berkeluarga, berteman, ataupun bekerja. Psikologi juga dapat digunakan untuk diri sendiri sebagai sarana untuk pengembangan karakter, pemahaman diri yang lebih mendalam, dan kesehatan mental,?ucapnya.

Dikatakannya, habit khusus yang selama ini sering dilakukan adalah selalu mengevaluasi diri. ?Setiap malam dan terkadang ketika mengalami kejadian yang tidak menyenangkan, saya selalu berpikir, apakah yang saya lakukan adalah hal yang benar? Apa yang seandainya orang lain rasakan atau lakukan bila hal yang sama menimpa mereka? Apa yang saya lakukan dan rasakan bila hal yang terjadi pada orang lain menimpa saya? Dengan begitu, saya akan memiliki sudut pandang dan pola pikir yang lebih luas dan dapat melihat hal-hal dari sisi yang baru. Untuk mengembalikan mood agar kembali bersemangat bekerja, saya seorang gamers. Tetapi, tidak hanya dengan bermain game, kadang-kadang agar dapat kembali semangat, saya bisa bernyanyi, kadang menggerak-gerakkan badan ataupun berjalan-jalan sebentar untuk mencari suasana baru,? bebernya.

Psikolog ini memberikan inspirasi dan sarannya kepada orang lain yang membaca kisahnya ini. ?Inspirasi yang ingin saya berikan adalah agar setelah orang-orang yang membaca cerita saya, mereka dapat memahami, kesulitan pasti dialami oleh semua orang, walaupun kondisi yang sama, tapi setiap orang pasti akan mempersepsikan diri merekalah yang paling sial, malang, patut dikasihani. Saya berharap agar orang lain mengerti bahwa sesulit apapun itu, asalkan kita percaya, kita pasti bisa melewatinya. Untuk saran, hidup adalah pilihan. Jangan pernah menyerah dalam meskipun menemui banyak rintangan. Ingatlah apapun yang kita hadapi saat ini adalah pilihan kita. Jadi jalani pilihan tersebut dengan penuh semangat dan konsisten,? paparnya.

Lingkungan pun diakuinya memengaruhi hingga menjadi seperti sekarang. ?Lingkungan memengaruhi saya untuk terus menjadi orang yang terus belajar. Untuk pencapaian yang paling membanggakan, saya bisa lulus S2 menjadi seorang psikolog dan saat ini saya bisa membuka konsultan. Untuk sosok yang berperan, kalau mau disebutkan satu per satu cukup banyak. Tetapi, yang pasti adalah orang-orang terdekat saya, seperti orangtua dan juga keluarga saya. Mereka tidak hanya memberikan dukungan secara materi, tetapi juga moril. Walaupun terkadang orangtua saya cukup menyebalkan, namun saya tahu bahwa mereka menyayangi saya dan memerhatikan kesehatan saya dan juga kebahagiaan saya. Dalam hal ini, tentu pasangan juga berperan penting. Ia tetap menyemangati saya ketika dalam kondisi-kondisi yang membuat saya down ataupun kesal. Ya, dialah yang membuat emosi saya tetap stabil dan membuat saya menjadi orang yang lebih positif,? urainya.

Pria kelahiran Jakarta ini membocorkan rencana dalam waktu dekat dan impiannya dalam waktu dekat. ?Dalam waktu dekat saya masih ingin mengembangkan usaha konsultan saya. Saya ingin konsultan saya dapat dikenal dan dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sementara Jakarta dulu, tetapi rencananya bisa sampai ke seluruh Indonesia dan Asia nantinya. Untuk impian terbesar ke depannya, saya dapat menjadi seorang psikolog yang handal. Tidak hanya di indonesia, tapi di level asia dan juga internasional,? pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.