Berita Nasional Terpercaya

Matahari Bersinar Terik? Yuk, Lindungi Kulit Anda dari Paparannya dengan Ini!

0

Bernas.id – Telah Anda ketahui bahwa sinar matahari di pagi hari merupakan unsur yang penting untuk menunjang kesehatan, dikarenakan sinar matahari merupakan antibiotik alami. Tentu akan bermanfaat untuk kulit kita sendiri, karena akan mengubah provitamin D menjadi vitamin D yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tetapi perlu Anda ketahui, bahwa paparan sinar matahari secara terus-menerus dan dalam jangka waktu lama terbukti tidak meningkatkan kadar pembentukan vitamin D secara signifikan, khususnya saat sinar matahari sedang terik di tengah hari. Radiasi yang terdapat di UVA dan UVB dari sinar matahari mengakibatkan meningkatnya resiko timbulnya efek samping. Seperti merusak jaringan DNA kulit, yang bahkan dapat terjadinya kanker kulit. Oleh karena itu, setiap orang harus melindungi dirinya dari sinar matahari yang berlebihan, karena akan dapat merusak serat kolagen di sekujur tubuh dan sebagainya.

Maka dari itu, diperlukan suatu keseimbangan untuk menghindari efek samping paparan sinar matahari. Sehingga dalam hal ini akan membahas lebih lanjut cara melindungi efek sinar matahari bagi tubuh. Berikut ulasannya:

1. Gunakan Tabir Surya 

Perlu Anda ketahui bahwa tabir surya bermanfaat untuk melindungi bahaya radiasi matahari, dengan cara menyaring semua sinar UV menyentuh kulit Anda. Selanjutnya, bekerja dengan cara menyerap, memantulkan, atau menghamburkan sinar matahari yang mengenai kulit. Jad,i bukan berarti Anda bisa berlama-lama di bawah paparan sinar matahari, loh ya! Bisa saja Anda terpapar oleh bahaya sinar UV, walaupun Anda sudah menggunakan tabir surya. Oleh sebab itu, jangan lupa gunakan tabir surya 15-30 menit sebelum Anda keluar rumah. Gunakan tubuh yang terkena sinar matahari, terutama bagian tubuh yang sering terkena sinar matahari, seperti tangan, leher, kaki atau bagian lain yang belum tertutupi oleh pakaian Anda. Gunakanlah tabir surya lagi setelah beberapa jam (tergantung jumlah SPF-nya). Bisa juga digunakan saat Anda mulai berkeringat atau berenang. Mulai sekarang mulailah lindungi kulit Anda. 

2. Hindari matahari di bawah sinar matahari langsung

Saat Anda berada di luar ruangan sekitar pukul 10.00 sampai dengan 16.00. Cobalah untuk tidak keluar ruangan, dan menghindari dari sinar matahari. Apabila pekerjaan Anda mengharuskan Anda untuk berada di luar ruangan di jam-jam tersebut, gunakanlah kacamata hitam dan topi sebagai pelindung Anda. Agar kulit wajah Anda terlindungi dan wajah Anda tidak akan terbakar, sekaligus tidak akan terkena flek-flek hitam. Tentu jangan lupa juga siapkan payung jika diperlukan. Satu hal lagi, hindari langsung membilas wajah langsung dengan air dingin seusai berada di bawah sinar matahari. Biarkan wajah Anda beradaptasi dengan suhu di ruangan, sebelum wajah Anda dibersihkan. Minumlah air putih yang banyak, minimal 1 gelas setiap 30 menit. Sebagai perlindungan penting untuk menjaga elastisitas kulit Anda. 

3. Gunakan bahan-bahan alami

Banyak orang yang belum memanfaatkan bahan-bahan alami untuk melindungi kulit mereka dari sinar matahari. Padahal, terdapat manfaat yang luar biasa, yang dapat melindungi kulit kita dari sinar matahari. Salah satunya seperti senyawa likopen pada tomat yang memiliki khasiat dalam mencegah kulit terbakar. Perlu Anda ketahui bahwa pencegahan tersebut adalah langkah awal untuk mencegah terjadinya kanker kulit. Jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang maksimal dari likopen, Anda harus memasaknya terlebih dahulu. Karena memasaknya akan mendapat lebih banyak kandungan likopen. Anda bisa juga mencoba bahan-bahan alami yang lain untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Itulah ulasan tentang melindungi diri dari sinar matahari. Bagaimana? Sekarang Anda sudah mengetahuinya cara melindungi diri dari sinar matahari, kan? Buatlah kulit Anda tetap segar dan sehat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.