Berita Nasional Terpercaya

Yuk Kenali Makanan Pengganti Nasi. Nomor 4 Terdengar Asing!

0

Bernas.id – Nasi memang menjadi makanan pokok di negara Indonesia, selain sebagai sumber karbohidrat nasi juga mempunyai rasa yang netral sehingga akan enak jika dimakan dengan berbagai sayur dan lauk. Namun terdapat bahaya jika Anda berlebihan dalam mengonsumsi nasi. Salah satunya adalah penyakit obesitas karena kelebihan karbohidrat yang dihasilkan nasi akan membuat seseorang mudah mengalami penambahan berat badan. Saat ini sudah banyak masyarakat yang mulai meninggalkan nasi sebagai makanan pokok dan mulai beralih ke makanan pokok lain pengganti nasi. Apa saja makanan pengganti nasi? Yuk kenali berbagai makanan pengganti nasi disini.

1. Jagung

Jagung merupakan salah satu hasil pertanian di Indonesia sehingga akan dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Jagung dikenal sebagai makanan yang tepat untuk pengganti nasi karena mempunyai kandungan antioksidan, serat, vitamin B, mineral dan Fruktosa yang sangat baik dikonsumsi untuk tubuh. Indeks Glikemik yang dimiliki jagung hanya 50-60 sehingga jagung lebih baik dan sehat dikonsumsi dibandingkan dengan nasi.

2. Umbi-umbian

Makanan jenis umbi-umbian masuk dalam daftar makanan pengganti nasi karena mempunyai kandungan karbohidrat  yang tinggi dan kandungan serat yang tinggi. Yang termasuk dalam makanan jenis umbi-umbian adalah ubi jalar, kentang, singkong/ubi kayu, talas, uwi, ganyong, gadung, dan gembili. Saat ini masyarakat baru mengkonsumsi sebagian jenis umbi-umbian yaitu kentang, ubi jalar, singkong, dan talas, sebagian yang lain belum terlalu populer untuk makanan pengganti nasi karena hanya ada di wilayah-wilayah tertentu di Indonesia.

3. Sagu

Sagu dikenal sebagai makanan pokok masyarakat di wilayah Indonesia bagian timur, khususnya di daerah Papua dan Maluku. Sagu adalah jenis makanan yang dihasilkan dari batang pohon metroxylon sagu kemudian diolah menjadi tepung yang selanjutnya dimasak. Setelah dimasak sagu memiliki tekstur yang licin dan lengket seperti tepung kanji. Sagu memiliki banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh seperti karbohidrat kompleks yang tinggi, kandungan gizi yang relatif lengkap, kandungan protein, vitamin, dan mineral. Sagu dapat memberikan efek mengenyangkan lebih lama  dan juga tidak meningkatkan kadar gula darah sehingga mengkonsumsi sagu lebih baik dari pada mengonsumsi nasi.

4. Jelay

Jelay merupakan makanan yang berbentuk biji-bijian. Makanan ini kaya akan karbohidrat alternatif yang dapat dikonsumsi sebagai makanan pengganti nasi. Selain kaya akan karbohidrat, jelay juga mengandung serat, protein, mineral dan zeta-gluca yang mampu mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga selain mengenyangkan jelay juga menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena memiliki nilai indeks glikemik yang rendah.

5. Sorgum

Tidak jauh beda dengan jelay, Sorgum juga merupakan makanan yang berbentuk biji-bijian dan masih satu keluarga dengan padi, jagung, dan gandum. Biji sorgum ini merupakan makanan pengganti nasi yang kaya akan vitamin dan mineral untuk tubuh. Namun karena popularitasnya yang belum banyak diketahui masyarakat, biji sorgum ini belum banyak dikonsumsi. Biji sorgum dapat diolah dengan cara dijadikan bubur atau dapat diolah lagi menjadi tepung sorgum yang bisa dibuat menjadi roti dan kue.

6. Gandum

Gandum termasuk jenis makanan pengganti nasi karena memiliki kandungan karbohidrat sebanyak 71 gram setiap 100 gram gandum. Biasanya gandum diolah menjadi roti dan kue yang kemudian dapat dikonsumsi. Gandum belum banyak dikonsumsi masyarakat sebagai makanan pokok pengganti nasi karena masyarakat masih lebih memilih mengkonsumsi nasi daripada mengolah gandum untuk pengganti nasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.