Literasi, Menumbuhkan Minat Menulis

Paulus Yesaya Jati - Paulus Yesaya Jati
15 November 2017

Drs Ahmad Nundhir,Guru SMAN 2 Banguntapan (sumber foto: istimewa)

Bernas.id - Beberapa tahun belakangan ini, persoalan gerakan literasi sangat akrab di telinga dan mata kita. Mengapa demikian? Banyak anjuran dan himbauan lewat pidato atau tulisan pejabat yang sampai pada kita. Lebih-lebih setelah keluarnya Permendikbud No 23 Tahun 2015 sebagai landasan untuk menggerakkan siswa di sekolah dalam melaksanakan literasi sehingga menjadi Gerakan Literasi Sekolah (GLS). Literasi di sekolah dimaksudkan sebagai kegiatan membaca dan menulis.

Gerakan Setengah Hati

Mengapa literasi perlu menjadi sebuah gerakan? Jawabannya tegas, karena minat baca dan menulis orang Indonesia terutama siswa pada semua tingkatan sekolah sangat rendah. Sastrawan Taufiq Ismail menyebut, “Siswa Indonesia rabun membaca lumpuh menulis!” Hal ini dikemukakan pada tahun 2003 lalu. Sampai sekarang (14 tahun kemudian) keadaan tersebut belum beranjak jauh.

Rasa prihatin dikemukakan oleh beberapa kalangan, tidak terkecuali Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) DIY, Budi Wibowo S.H, M.M pada kolom “Seloka” harian Kedaulatan Rakyat, 10 Januari 2016. Aktivitas membaca kurang diminati masyarakat. Salah satunya adalah orang tua yang juga rendah minat bacanya.

Bagaimana sekolah (khususnya SMA) menanggapi dan melaksanakan aktivitas ini?. Setelah dicanangkan, GLS ternyata belum dilaksanakan secara maksimal. Dengan kata lain, gerakan ini menjadi gerakan setengah hati. Ada beberapa faktor yang menghambat berlangsungnya GLS, antara lain siswa tidak memiliki buku, siswa tidak membaca buku selain buku pelajaran, tidak tersediaanya buku yang beragam, jauhnya buku dari tempat berkumpulnya siswa, dan kurangnya keharusan membaca buku tertentu atau menuliskan gagasan terbaiknya.

Upaya Sekolah

Untuk menghilangkan atau mengurangi hambatan tersebut, pihak sekolah dapat melakukan beberapa hal. Pertama, pihak sekolah memohon orang tua untuk membelikan buku non-pelajaran kepada putra-putrinya. Selama ini orang tua kurang perhatian terhadap kemajuan minat baca anaknya. Sedikit atau jarang orang tua untuk mengajak putra-putrinya ke pameran buku atau ke toko buku. Padahal dari kegiatan tersebut banyak manfaat, setidaknya orang tua dan anak membaca beberapa judul buku baru dari berbagai jenis. Dari sekian banyak judul, pasti ada yang diminati. Dari situlah terjadi keinginan membeli buku.

Kedua, buku yang dibeli tentu harus lebih dari satu judul, beberapa judul buku bisa disumbangkan ke sekolah lewat putra-putrinya agar dibaca oleh dirinya dan teman-temannya secara bergantian dalam satu kelas atau lain kelas.

Ketiga, orang tua membiasakan membaca buku yang dimiliki pada waktu sore atau malam menyertai anaknya belajar. Bila kegiatan ini bisa berlangsung terus dalam waktu lama, tentu rumah menjadi perpustakaan keluarga. Lama-kelamaan menjadi keluarga pencinta membaca buku.

Keempat, selain menyediakan waktu lima belas menit sebelum pelajaran dimulai untuk membaca (literasi), sekolah juga menyediakan buku dalam jumlah yang besar dan beragam. Sekolah dalam membeli buku perlu mempertimbangkan buku yang diminati siswa (untuk hiburan) dan yang memotivasi kearah masa depan menjadi pemimpin atau pembangun bangsa.

Kelima, pihak sekolah mendekatkan buku-buku pada tempat berkumpulnya siswa seperti di kantin, sudut ruang tertentu, ruang tamu, masjid,dan tempat lain yang nyaman untuk membaca buku. Ruang pun dibuat nyaman, enak, dan tidak membosankan siswa dengan kotak-kotak buku berbagai model.

Keenam, selain hal tersebut masih perlu adanya reward bagi pembaca buku terbanyak. Untuk itu, perlu bukti beberapa buku yang sudah dibaca siswa dengan menyerahkan ringkasan atau sinopsis buku kepada tim GLS agar bisa didata setiap minggu atau setiap bulannya sehingga secara berkala sekolah memberikan reward sebagai penghargaan kesungguhan siswa dan memotivasi siswa lainnya. Terjadilah persaingan sehat untuk memperbanyak membaca buku.

Dari Membaca ke Menulis

Bila sudah tumbuh kegemaran, kebiasaan, dan kebutuhan membaca, akan tumbuh keinginan dan kebiasaan menulis. Dimulai dari menulis rangkuman atau sinopsis dan dilanjutkan menulis puisi, cerpen, esai, dan artikel. Tulisan tersebut tidak hanya memenuhi tugas mata pelajaran, tetapi juga untuk eksistensi individu dimuat pada majalah dinding, majalah sekolah, atau dikirimkan ke surat kabar atau majalah agar bisa diterbitkan.

Kegiatan menulis inilah yang masih sedikit dan kurang bergairah. Dari kenyataan tersebut timbul pertanyaan,  mengapa siswa miskin tulisan? Jawaban dari pertanyaan itu bisa bermacam-macam antara lain tidak terbiasa menulis, susah mengawali/ memulai sebuah karangan, sedikitnya praktikmenulis dalam pembelajaran, sedikitnya runag kreatif disekolah, dan kebiasaan mendengar lebih dominan dalam pembelajaran.

Dari sekian banyak kendala tersebut yang paling banyak dirasakan oleh siswa adalah sedikitnya praktik menulis dalam pembelajaran. Ini bisa diketahui dari mata pelajaran yang diikuti siswa hanya beberapa saja berkaitan langsung dengan menulis. Menulis yang dimaksud di sini adalah kegiatan menulis ilmiah atau populer. Mata pelajaran yang ada kompetensi dasar menulis karangan adalah bahasa  Indonesia.

Materi tentang karangan atau menulis karya ilmiah hanya beberapa jam pelajaran. Pada kesempatan ini guru dituntut aktif mengajar siswa memanfaatkan waktu singkat yang tersedia pada silabus. Guru menggali pengetahuan yang dimiliki oleh siswa tentang pengetahuan dan pengalaman menulis karya ilmiah. Beberapa siswa memiliki pengetahuan  yang memadai tentang karya ilmiah, tetapi banyak juga masih minim pengetahuan dan pengalaman menulis karya ilmiah.

Karya ilmiah berbeda dengan karya atau tulisan yang nonilmiah. Kriteria ilmiah harus dipahami dan digunakan sebagai acuhan dalam tulisan. Kebanyakan siswa kurang menyadari keilmiahan tulisan dituntut secara konsisten. Di sinilah peran guru sangat penting dan sabar dalam membimbing maupun mendampingi siswa berproses untuk menghasilkan karya ilmiah.

Agar bisa menulis, siswa harus berlatih dan mencoba tanpa jemu. Guru melayani siswa dalam pembimbingan melebihi dosen membimbing mahasiswa karna kemampuan dan kemandirian siswa masih rendah. Di sinilah arti pengabdian sangat terasa. Seorang guru, digugu lan ditiru. Apa yang dikemukakan guru diikuti dan apa yang dituliskan ditiru oleh siswa. Guru menjelaskan dan memahamkan konsep sampai pada penulisannya.

Literasi Model Ki Hajar Dewantara

Konsep 3n dari Bapak Pendidikan Nsional Ki Hajar Dewantara bisa diterapkan dalam penulisan karya ilmiah atau karya popular siswa. Yang pertama, niteni , berarti memperhatikan dan mengkritisi contoh karya tulis yang ada diperpustakaan atau diperlihatkan oleh guru. Model dan cara penulisan karya popular lebih dahulu ditekankan agar siswa tidak mempunyai kesan sulit dalam menulis.

Pada tahapan ini, siswa diminta membaca sebanyak-banyaknya membaca karya, khususnya karya sastra Apa yang akan ditulis, itulah yang banyak dibaca Bila siswa tertarik menulis puisi, berarti siswa harus banyak membaca puisi dari berbagai penyair baik yang sudah punya nama (terkenal) maupun yang belum terkenal. Begitu juga karya lainnya, semakin  intesnsif membaca dan memperhatikan berbagai karya akan semakin banyak pengetahuan yang didapat. Beda pengarang tentu berbeda pula gaya dan cara  mengemas isi.

Yang kedua, nirokke , berarti meniru gaya penulisan dari contoh yang dibaca siswa atau meniru apa yang dicontohkan oleh guru. Pada tahap ini sebagai pemula, penulis (calon penulis) boleh meniru, tetapi sebatas keperluannya. Meniru dari berbagai  cara, gaya, cara memulai menulis dan engakhirinya, atau apa saja yang menjadi ciri khas tiap-tiap pengarang. Lama-kelamaan bisa menentukan cara sendiri yang paling mudah dan sesuai untuk dirinya dalam menuangkan ide atau gagasan. Bukan tidak mungkin suatu saat memiliki ciri tersendiri sebagi penulis/pengarang.

Yang ketiga, nambahi,  berarti siswa menambah kelengkapan atau kesempurnaan tulisan karya yang pernah ditulis orang lain. Bahkan diharapkan lebih baik dari pada tulisan atau permasalahan yang pernah dibahas orang lain.

Guru mengarahkan dan membimbing siswa sampai memahami dan menuliskan gagasan. Siswa didorong dan diarahkan mengembangkannya secara luas dengan kreativitasnya. Siswa yang berhasil mengembangkan kreativitasnya diapresiasi dan diminta menularkan kemampuannya kepada teman-temannya yang belum bisa atau kesulitan dalam kreasi.

Dari teori sederhana ini, siswa semangat mencoba menulis puisi dan cerpen meskipun beberapa kali mengalami perbaikan dan makan waktu berhari-hari. Proses inilah yang menyenangkan bagi siswa. (*Penulis: Drs Ahmad Nundhir,Guru SMAN 2 Banguntapan)



Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Wisata 57 Menit lalu

Tahun Depan Mau Traveling ke Luar Negeri? Persiapkan Hal-Hal Ini Sejak Sekarang!

Bernas.id - Di era modern ini setiap orang bisa berkunjung ke luar negeri, kemudahan untuk mendapatkan tiket harga murah membuat banyak orang untuk tertarik berlibur ke luar negeri. Tidak perlu jauh, namun berlibur ke Negara tetangga sepert ...

Pendidikan 1 Jam lalu

Masih Ragu? Inilah 4 Alasan Orang Tua Memasukkan Anaknya Ke Pondok Pesantren

Bernas.id - Siapa yang tak tahu dengan pondok pesantren? Sistem pendidikan yang satu ini sudah sangat terkenal dan tersebar di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dunia. Kerena sistem ini memiliki keunikan dan ciri khas yang berbeda. Sebag ...

Film 5 Jam lalu

Alamak, Justice League Dapat Rating Busuk dari Rotten Tomatoes

Bernas.id – DC Extended Universe jadi korban para kritikus Rotten Tomatoes lagi. Kali ini Justice League yang dapat rating buruk dari situs ulasan film dan serial TV itu. Selama ini Rotten Tomatoes telah menjadi acuan bagi banyak o ...

Nasional 5 Jam lalu

Ada 11 Ribu Aduan, Menteri Desa Lakukan Pengawasan dan Cegah Penyelewengan Dana Desa

JAKARTA, Bernas.id – Pemerintah menambah jumlah dana desa untuk masing-masing desa pada tahun 2018. Pemerintah pun akan memperketat pengawasan penggunaan dana desa. Pengawasan ini karena banyak ditemukan penyelewengan penggunaan dan d ...

Nasional 5 Jam lalu

Soal Paradise Papers, Menkeu: Lakukan Verifikasi Dulu

JAKARTA, Bernas.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani menegaskan pihaknya akan terus melakukan verifikasi terhadap data dalam “Paradise Papers”. Dalam dokumen Paradise Papers, memuat sekitar 13,4 juta nama yang diam-diam berinv ...

Nasional 5 Jam lalu

Program BBM Satu Harga Makin Dirasakan Warga di Timur Indonesia

PAPUA, Bernas.id - PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VIII menargetkan pada 2018 program BBM Satu Harga bisa bertambah di 14 titik lokasi di wilayah Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat. Program BBM Satu Harga ini ...

Nasional 5 Jam lalu

PPP: Golkar Harus Jaga Kredibilitas DPR

JAKARTA, Bernas.id - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mengharapkan persoalan internal Partai Golkar tidak mengganggu kredibilitas Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) sebagai lembaga negara. Wakil Sekretaris Jenderal DPP P ...

Internasional 5 Jam lalu

Warga Harare Berpesta Rayakan Mundurnya Diktator 37 Tahun Robert Mugabe

Bernas.id – Jalan-jalan di Harare, Ibukota Zimbabwe, dipenuhi berbagai perayaan hari Selasa (21/11) usai Presiden Robert Mugabe mengundurkan diri, mengakhiri kekuasaannya selama 37 tahun. Menurut pejabat-pejabat tinggi di Partai ZA ...

Kesehatan 7 Jam lalu

Rokok Bukan Masalah Ringan! Menkes Ingin Peneliti Indonesia Lakukan Ini

JAKARTA, Bernas.id - Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek meminta para peneliti di Indonesia untuk melakukan riset yang mengkaji penyebab sejumlah kasus penyakit secara spesifik untuk kepentingan pembangunan kesehatan ke depan. Nila m ...

Properti 7 Jam lalu

Berikut Tips Merubah Impian Hunian Kecil Terkesan Mewah

JAKARTA, Bernas.id - Rumah merupakan istana bagi pemiliknya. Sebesar apapun hunian Anda, apabila tidak dapat merawat dengan baik maka terkesan tidak terurus. Sebaliknya, meskipun hunian Anda kecil atau mungil, namun Anda bisa merawat dengan ...

Properti 7 Jam lalu

Begini Pertimbangan Sebelum Membeli Rumah Bagi Generasi Milenial

JAKARTA, Bernas.id - Bagi setiap orang, rumah merupakan impian yang harus dikejar. Pasalnya, rumah adalah aset investasi dan tempat berlindung untuk keluarga. Kendati saat ini banyak rumah atau apartemen disewakan, namun memiliki rumah send ...

Properti 7 Jam lalu

Indonesia Menduduki Posisi Terendah di Dunia Soal Rasio KPR

JAKARTA, Bernas.id - Indonesia tercatat sebagai negara yang menduduki posisi terendah di dunia dalam capaian rasio Kredit Perumahan Rakyat (KPR). Dalam rasio itu, urutan Indonesia hanya sebesar 2,85 persen. Di kawasan regional ASEAN saja ...

Properti 9 Jam lalu

Indeks Kenaikkan Harga Properti, Secara Tahunan Surabaya Unggul

JAKARTA, Bernas.id - Survey harga properti primer yang dilakukan Bank Indonesia (BI) III-2017 mencatat, Bandar Lampung merupakan daerah dengan kenaikan harga tertinggi secara triwulanan. Namun dari survey tersebut, secara tahunan Surabay ...

Properti 9 Jam lalu

Kontrak Perusahan Ini Sabet Rp 137 Miliar Sejak Januari

JAKARTA, Bernas.id - Perusahaan besar yang bergerak dalam pembangunan infrastruktur telah menyabet sebesar Rp 137 miliar dari target Rp 150 miliar tahun ini. PT Wijaya Karya Tbk. melalui anak usahanya PT Wika Pracetak Gedung mencatatkan per ...

Properti 9 Jam lalu

Kementerian PUPR Libatkan Asosiasi untuk Antisipasi Pengembang Properti Nakal

JAKARTA, Bernas.id - Demi tercapainya program pemerintah dalam menggenjot pembangunan infrastruktur di lini hunian atau perumahan, pemerintah terus melakukan inovasi. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi adanya para pengembang prop ...

Highlight 9 Jam lalu

Kok Ada Kimchi di Google Doodle Hari Ini ya?

Bernas.id – Hari ini, 22 November 2017, terlihat gambar sejumlah sayuran seperti wortel, sawi daun bawang dan cabai di mesin pencari Google. Juga ada bumbu-bumbu beserta botol gambar ikan.  Rupanya, 22 November merupakan ...

Properti 9 Jam lalu

Ini Daerah yang Mengalami Kenaikkan Harga Rumah Paling Tinggi Se-Indonesia

JAKARTA, Bernas.id - Pembangunan infrastruktur hunian yang tengah digenjot pemerintah di berbagai daerah, mengalami tingkat kenaikkan. Meskipun pertumbuhan kenaikkannya tidak terlalu signifikan, namun di beberapa daerah cukup berarti. Ba ...

Regional 9 Jam lalu

Pasca Gunung Agung Meletus, AirNav: Penerbangan di Bali Normal

JAKARTA, Bernas.id - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav Indonesia) mengumumkan letusan Gunung Agung yang terjadi pada Selasa (21/11/17) tidak berdampak pada kegiatan penerbangan di Ba ...

Tokoh 9 Jam lalu

Masih Andalkan Cara Lama, Bisnis Akan Tergilas Digital Start Up

Bernas.id - Bari Arijono menceritakan pengalaman istimewanya yang menjadi titik balik dalam hidupnya sehingga menjadi seperti sekarang. Saat itu, ia melakukan business trip bersama Bapak Indra Widjaja – putra Bapak Eka Widjaja, pemili ...

Inspirasi 10 Jam lalu

Memberi Ini Akan Membuat Hidup Lebih Indah. Sudahkah Anda Melakukannya?

Bernas.id - Dalam membina suatu hubungan biasanya ada beberapa momen yang dilalui. Salah satu diantaranya adalah moment break. Break pada umumnya disebut dengan status jeda atau istirahat yaitu saling introspeksi. Istilah ini ...

Inspirasi 10 Jam lalu

Hati-hati, Kisah yang Satu Ini Akan Mengubah Pola Pikirmu!

Bernas.id - Pernah denger cerita mengenai keledai, bapak, dan anak? Kalau belum, simak baik-baik ya. Zaman dahulu, ada ayah dan anak yang ingin pergi ke pasar untuk menjual keledai. Jarak rumah mereka dengan pasar adalah setengah hari. ...

Lifestyle 10 Jam lalu

Punya Kakak Itu Asyik! Ini Lho Alasannya. Nomor 5 Bikin Greget!

Bernas.id - Keluarga adalah salah satu faktor terpenting dalam menjalani kehidupan. Tanpa bantuan keluarga, seseorang tidak akan mencapai apa yang dia inginkan. Semua anggota keluarga memiliki perannya masing-masing. Terlebih pada kakak, se ...

Mutiara Iman 10 Jam lalu

5 Alasan Klasik Belum Berjilbab. Nomor 3 Pasti Sering Terjadi!

Bernas.id - Setiap wanita pasti ingin belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Sosok yang begitu anggun dengan hati yang cantik untuk menjadi pribadi yang solehah. Salah satunya dengan menutup aurat yang mana merupakan kewajiban setiap musl ...

Inspirasi 10 Jam lalu

Wahai Orang Tua, Yuk Ciptakan Anak Yang Luar Biasa!

Bernas.id - Media saat ini memiliki pengaruh yang begitu besar bagi masyarakat. Namun, dunia pertelevisian di sini masih jauh dari konten-konten anak yang mendidik. Mungkin masih ada sebagian kecil acara televisi yang menayangkan acara anak ...

Nasional 11 Jam lalu

Sri Mulyani: Pak Jokowi Belum Happy Sebab Investasi Bukan Soal Ini

JAKARTA, Bernas.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebutkan meski Indonesia mendapat pengakuan dari berbagai lembaga internasional soal perbaikan kemudaha investasi ternyata Presiden Joko Widodo belum puas. Hal itu disa ...

Regional 12 Jam lalu

Gunung Agung Meletus, Warga Diimbau Pakai Masker

BALI, Bernas.id - Warga kembali berbondong-bondong mengungsi setelah Gunung Agung meletus  pada Selasa (21/11/17) sore kemarin. ‎Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karangasem, Ida Bagus Ketut Arim ...

Nasional 13 Jam lalu

Sampai Akhir Tahun Jokowi Berkantor di Istana Bogor, Ini Alasannya

BOGOR, Bernas.id - Presiden Joko Widodo sehari-harinya bermalam di Istana Bogor dan berkantor di Istana Kepresidenan Jakarta. Selama bulan Desember, pria yang akrab disapa Jokowi itu akan berkantor di Istana Bogor. "Benar, selama De ...

Nasional 13 Jam lalu

Bertolak ke Malaysia, Ini yang Mau Dibahas Jokowi dan PM Najib

JAKARTA, Bernas.id - Presiden Joko Widodo menghadiri Annual Consultation atau konsultasi tahunan ke-12 Indonesia-Malaysia pada Rabu (22/11/17) pagi. Ia bertolak dari Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1. Presiden Joko Wid ...

Nasional 13 Jam lalu

Setya Novanto Tetap Jadi Ketum Golkar dan Ketua DPR, Ini Sikap MKD

JAKARTA, Bernas.id – Partai Golkar memutuskan Setya Novanto masih tetap sebagai ketua umum sampai ada putusan sidang praperadilan. Namun, Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) Sufmi Dasco Ahmad mengaku tetap akan melakukan rapat denga ...

Pet 13 Jam lalu

Gambar Anjing Berusia 8000 Tahun Ditemukan di Arab Saudi

Bernas.id – Anjing merupakan salah satu hewan peliharaan favorit di berbagai belahan dunia. Tapi tidak ada yang pernah tahu, kapan 'teman terbaik manusia’ ini mulai dijinakkan oleh manusia. Namun deretan gambar yang ditemuka ...

Nasional 13 Jam lalu

KPK Prioritaskan Penguatan Bukti Setya Novanto Dibanding Lakukan Ini

JAKARTA, Bernas.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memilih tidak tergesa-gesa dalam menyusun berkas perkara untuk 'menyeret'  tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP, Setya Novanto ke pengadilan. Padahal, sejumlah pih ...

Sudut Pandang 15 Jam lalu

Korupsi Dipandang dari Sisi Psikologi Sosial

Bernas.id - Melenceng dari tujuan pembuatan, mega proyek E-KTP malah berujung pada perkara. Kasus e-KTP pun telah bergulir selama hampir 6 tahun sejak tahun 2011 hingga akhirnya disidangkan PN Tipikor. Tahun 2016, KPK baru mengumumkan to ...

Inspirasi 15 Jam lalu

Sensasi Naik Bus Ekonomi AKAP! Nomor 3 Paling Oke

Bernas.id - Sekarang ini, pilihan moda transportasi semakin beragam. Beragamnya moda juga diikuti beragamnya pola pemesasan tiket. Hampir semua moda transportasi sudah menerapkan moda tiket daring. Tentu ada sisi positifnya. Perjalanan ...

Mutiara Iman 15 Jam lalu

5 Jenis Kekayaan yang Allah Siapkan untuk Manusia

Bernas.id - “Firman Tuhan inilah gitaku, Firman Tuhan inilah harus menjadi Gitamu : “Innallaaha laa yughoiyyiru maa biqaumin, hattaa yughoyyiru maa bianfusihim”. ”Tuhan tidak akan merobah nasibnya sesuatu bangsa sebe ...

Kesehatan 19 Jam lalu

Hati-hati! Suhu Dingin Bisa Membunuh Bayi Anda

Bernas.id - Setiap manusia ditakdirkan untuk memiliki sistem homeostasis dari lahir. Sistem ini berfungsi untuk menjaga suhu tubuh tetap normal. Jika terjadi sesuatu gangguan pada sistem homeostasis ini, maka suhu tubuh dapat turun maupun m ...

Kesehatan 22 Jam lalu

Terbukti Ampuh! Terapi Minyak Tanah Untuk Penderita Asam Urat dan Rematik

Bernas.id - Jika kedua kaki Anda selalu terasa nyeri untuk berjalan, bisa jadi Anda adalah penderita salah satu penyakit asam urat dan rematik. Sebenarnya, asam urat dan rematik itu adalah jenis penyakit yang sama, hanya saja asam urat adal ...

Wisata 1 Hari lalu

Inilah Wisata Malam Di Jogja Yang Selalu Dirindukan Pengunjungnya!

Bernas.id - Jogja adalah kota yang menyuguhkan keindahan dan keromantisan di setiap sudut kotanya, sehingga tidak jarang seseorang yang pernah berkunjung ke kota ini akan kembali lagi. Jogja memang membuat rindu setiap pengunjungnya, kerama ...

Seni Budaya 1 Hari lalu

Mengenal Bangunjiwo, Kelurahan Dengan Berbagai Potensi Budaya

Bernas.id - Saat ini Kementerian Pariwisata Republik Indonesia sedang menggalakkan program Rintisan Desa Budaya, dimana setiap desa diharuskan untuk memiliki satu atau lebih kebudayaan yang dapat menjadi daya tarik. Salah satu Desa yang mem ...

Internasional 1 Hari lalu

Planet Ini Jaraknya Tidak Jauh dari Bumi dan Mungkin Berpenghuni

Bernas.id – Keberadaan alien memang masih belum terbukti hingga sekarang. Namun misi para astronom untuk mencari planet lain yang berpenghuni masih terus berlanjut. Tim astronom di observatorium Chili baru-baru ini mengumumkan kalau p ...

Bola 1 Hari lalu

Waduh, Dua Rekan Setim Ini Berkelahi di Tengah-Tengah Pertandingan

Bernas.id – Sepak bola merupakan olah raga tim. Jadi sudah sepantasnya pemain-pemain di tim yang sama menunjukkan kekompakannya di atas lapangan hijau. Namun hal berbeda tersaji dalam pertandingan Liga Serie A Brazil antara Flamengo m ...

Tokoh 1 Hari lalu

Semua Harus Dilakukan dengan Cara dan Pikiran yang Benar

Bernas.id - Handy Wijaya CFP menceritakan pengalaman istimewanya yang menjadi titik balik dalam kehidupannya. Waktu itu, ia mengambil keputusan untuk pindah ke dunia perbankan setelah  satu setengah tahun bekerja di perusahan sekuritas ...

Umum 1 Hari lalu

Canggung Menari, Kahiyang Ayu Lempar Senyum Manis Usai Terima Marga Siregar

MEDAN, Bernas.id – Putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu resmi menerima marga Siregar, Selasa (21/11/17). Dalam pemberian marga tersebut, Kahiyang didudukkan di atas pelaminan yang sudah disediakan keluarga paman Bobby, yaitu Doli ...

Tokoh 1 Hari lalu

Presenter TV Senior AS Charlie Rose Dituduh Sebagai Pelaku Pelecehan Seksual

Bernas.id – Charlie Rose, jurnalis TV senior yang menjadi pembawa acara CBS This Morning, dan paling dikenal untuk tayangan wawancara PBS-nya, baru saja ditambahkan ke daftar nama pria yang dituduh melakukan pelecehan secara seksual d ...

Kesehatan 1 Hari lalu

Ternyata, Berdasarkan Penelitian, Lemak itu Tak Bikin Gemuk!

Bernas.id – Banyak orang menganggap memakan makanan berlemak bakal membuat gemuk. Namun, semakin banyak saja penelitian yang membuktikan anggapan itu keliru. Salah satu penelitian tentang lemak ini ditulis oleh Aaron Carroll, seorang ...

Nasional 1 Hari lalu

Mubazir Kalau Plt Ketum Golkar Orang di Dekat Setya Novanto

JAKARTA, Bernas.id - Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar pada Selasa (21/11/17) siang ini akan menggelar rapat pleno untuk menentukan pelaksana tugas (Plt) ketua umum partai untuk mengganti posisi Setya Novanto yang kini menjadi ta ...

Nasional 1 Hari lalu

Nazaruddin Siap Bantu KPK Beri Keterangan Soal Setya Novanto

JAKARTA, Bernas.id - Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin mengaku siap membantu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) apabila keterangannya diperlukan dalam penyidikan terhadap tersangka kasus dugaan korupsi e-KT ...

Internasional 1 Hari lalu

Dituduh Penyihir, Gadis Asal Papua Nugini Disiksa Warga Secara Brutal

Bernas.id – Seorang gadis muda disiksa secara brutal di Papua Nugini setelah secara keliru dituduh mempraktikkan ilmu sihir. Gadis yang diyakini berusia sekitar enam tahun itu, saat ini, tengah dirawat di rumah sakit karena luka pa ...

Musik 1 Hari lalu

Video Klipnya Dinilai Terlalu Sensual,  Penyanyi Pop Wanita Mesir Ini Diciduk Polisi

Bernas.id – Seorang penyanyi wanita bergenre pop asal Mesir terpaksa ditahan oleh kepolisian setempat setelah video klip lagu yang ia nyanyikan menuai kontroversi. Karya yang ia garap dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sensual te ...

Lifestyle 1 Hari lalu

Masih Suka Menunda-nunda dan Mengabaikan Pekerjaan? Sadari Kerugian Ini Agar Kamu Tidak Melakukannya Lagi

Bernas.id - Hal kecil seringkali luput dari penglihatan kita. Tapi tau nggak sih bahwa kita itu nggak boleh meremehkan hal kecil. Sebab sekecil apapun itu pasti akan berdampak besar bila dilakukan secara berulang-ulang. Kebiasaan mengaba ...

Highlight 1 Hari lalu

Tiang Listrik, Akhir Perjalanan Panjang Setnov Menuju KPK

Bernas.id - Drama panjang nan melelahkan antara KPK dan ketua DPR RI Setya Novanto akhirnya menemuka ujungnya. Minggu malam (19/11) Setyo Novanto resmi mengenakan rompi orange KPK. Tersangka kasus mega korupsi e-KTP ini tiba di gedung KPK m ...