Literasi Akan Hasilkan Generasi Berprestasi

Paulus Yesaya Jati - Paulus Yesaya Jati
16 November 2017

Titik Andriyati Robi’ah, SPd, Guru di SMAN 1 Pundong (sumber foto: istimewa)

Bernas.id - Gerakan literasi menjadi salah satu upaya penumbuhan budi pekerti siswa. Sebagaimana telah diupayakan pemerintah melalui Kemendikbud, untuk mencetak siswa berbudaya, kegiatan membaca dan menulis merupakan proses pembelajaran sepanjang hayat. Dengan demikian,  siswa  diharapkan dapat memperoleh hasil  maksimal serta  memperoleh prestasi gemilang. Gerakan literasi sekolah wajib bagi semua warga sekolah. Tidak hanya guru atau  siswa  yang berada di kelas tetapi juga karyawan dan masyarakat  sekolah. Apabila waktu literasi dimulai, semua di lingkungan sekolah harus ikut kegiatan ini tanpa kecuali.

Karakter Budi Pekerti

Waktu pelaksanaan literasi ini ditetapkan 15 menit sebelum pelajaran dimulai. Setelah bel jam pertama berbunyi semua warga sekolah siap dengan buku masing-masing. Meskipun pada awal tahap membaca masih pembiasaan namun semua harus semangat mengikuti. Hal ini tidak lepas dari kesadaran atau karakter warga sekolah sendiri. Tumbuhnya karakter budi pekerti siswa sesuai dengan harapan atau tujuan gerakan literasi. Sebagaimana dituangkan dalam Peraturan Menteri pendidikan dan kebudayaan Nomor 23 tahun 2015. Salah satu upaya penambahan pengetahuan adalah membaca buku-buku nonpelajaran.

Dengan membaca buku nonpelajaran memang berpengaruh terhadap kemampuan secara umum. Artinya siswa tidak hanya cakap dalam bidang ilmu pelajaran tetapi juga lainnya. Tidak salah jika ada istilah dengan membaca bisa menggenggam dunia. Apabila banyak waktu dihabiskan untuk membaca maka semakin banyak ilmu yang diperoleh. Sehingga tanpa membaca seseorang tidak tahu apa-apa. Akhirnya  membaca merupakan tuntutan hidup untuk melanjutkan arah  masa depannya.

Tidak Maksimal

Kegiatan literasi sekolah merupakan masalah penting dan tidak boleh ditinggalkan. Namun, pada kenyataannya masih ada sekolah yang belum bisa melaksanakan dengan maksimal. Satu contoh untuk sekolah pinggiran, di sana masih ada kendala baik dari segi fasilitas atau sumber daya  manusianya. Rendahnya minat baca dari kalangan siswa  menjadi kendala besar yang tidah mudah penanganannya. Selalu ada alasan untuk menghindari jam literasi. Misalnya masuk kelas terlambat, lupa tidak membawa buku literasi, sampai adanya lingkungan yang tidak kondusif.

Lingkungan kelas yang tidak nyaman untuk membaca menjadi faktor penting keberhasilan membaca. Misalnya saja letak kelas yang dekat dengan jalan raya sehingga bising dan mengganggu konsetrasi. Adanya kelas-kelas yang tidak ditunggui oleh guru yang mengajar jam pertama membuat siswa semaunya memperlakukan buku bacaannya. Mereka membaca sambil berbincang semaunya karena tidak ditegur guru sehingga waktu membaca habis percuma.

Kesulitan membiasakan membaca pada karyawan juga menjadi tantangan sendiri. Mengingat pekerjaan mereka tidak di kelas. Jadi, seolah-olah menjadi wajar jika kegiatan ini tidak dilakukan. Dengan demikian, mereka langsung melakukan aktifitas kerjanya sehingga menghambat keberhasilan gerakan literasi sekolah. Lain halnya dengan guru yang harus bisa menyesuaikan diri mengingat dia sebagai ujung tombak keberhasilan gerakan ini. Dikatakan demikian karena guru harus bisa memberi contoh teladan yang baik dan mengarahkan siswanya untuk maju bersama.

Alasan lain mengapa kegiatan literasi susah dilanjutkan adalah adanya sekolah tertinggal atau terpencil yang kurang memiliki fasilitas lengkap. Minimnya koleksi buku sekolah nonpelajaran menjadi masalah besar ketika semua warga harus membaca sementara buku tidak ada. Ironis sekali, tidak hanya di sekolah terpencil tetapi di Jogyakarta sebagai kota pelajar masih ditemui sekolah yang tidak memiliki fasilitas memadai.

Sejumlah masalah di atas menjadi fenomena yang tidak bisa didiamkan. Untuk menjalankan sebuah program memang dituntut kerjasama dari berbagai pihak. Apabila dalam proses perjalanannya masik terseok-seok memang perlu kesabaran yang luar biasa dan upaya untuk keluar dari permasalahan.

Keluar dari Masalah

Adanya kebijakan baru yang mendukung program GLS menjadi angin segar di dunia pendidikan. Tidak ada alasan terlambat untuk bertindak dan mengejar ketinggalan bagi sekolah yang belum bisa melaksanakan kegiatan secara maksimal. Banyak cara bisa ditempuh untuk belajar dan belajar. Sehingga kendala yang menghadang bisa disingkirkan.Uluran tangan dari berbagai pihak sebagai jalinan kerjasama saling membantu sangat dibutuhkan agar tercapai hasil maksimal.

Keberhasilan sekolah-sekolah maju dalam melaksanakan GLS ini menjadi contoh nyata untuk bisa diteladani. Di sekolah ini tidak lagi ditemukan masalah berarti yang menghambat jalannya literasi. Adanya komitmen tinggi dari warga sekolah akan keberlangsungan GLS menjadi modal utama dalam kegiatannya. Kesadaran akan kebutuhan membaca menjadi kewajiban dan rutinitas dalam kesehariannya. Membaca tidak hanya dibatasi 15 menit pada awal pelajaran saja. Namun, setiap ada waktu luang masing-masing warga sekolah selalu haus membaca.

Di sekolah maju fasilitas pendukung untuk melakukan GLS juga sungguh-sungguh diupayakan. Adanya ruang pojok untuk membaca, taman bacaan, sudut ruangan kosong dan tempat ibadah untuk memajang buku bacaan. Dengan demikian, warga sekolah tidak kesulitan mencari bahan bacaan ketika literasi. Semua warga sekolah bisa berpartisipasi tidak hanya meminjam buku untuk literasi tetapi  juga menyumbangkan buku. Jadi, buku yang dibaca tidak terbatas jumlahnya.

Penutup

Kesadaran akan GLS memang memberi manfaat bagi semua warganya. Selain itu juga mengangkat minat baca masyarakat di atas 0,001%. Hasil nyata dari kegiatan ini dibuktikan oleh sekolah yang konsisten terhadap Gerakan Literasi Sekolah. Prestasi yang diperoleh siswa tidak lepas dari kegiatan membaca. Sadar akan  pentingnya literasi telah membuka mata mereka. Bahwa dengan keyakinan serta kesungguhan hati membiasakan diri membaca telah mengubah hidup dan jalan pikirannya. Tidak ada yang tidak mungkin dalam meraih cita-cita.

Adanya kesatuan tekad dan kerjasama antar warga sekolah menjadi modal dasar dalam keberhasilan GLS. Siswa gemar membaca didukung fasilitas memadai. Bimbingan dan pendampingan guru dalam literasi. Karyawan juga tidak dibiarkan asyik dengan kerjanya sendiri. Bahu-membahu saling mengingatkan akan memberi energi positif dan kenyamanan.Kegiatan saling menguntungkan tanpa ada yang menyalahkan juga memberi motifasi untuk berprestasi. Akhirnya, dari membaca semua itu bisa diatasi dan  dinikmati hasilnya.Dengan demikian, semboyan untuk maju bersama hebat semua tidak akan sia-sia. (*Penulis: Titik Andriyati Robi’ah, SPd, Guru di SMAN 1 Pundong).    


Bagikan :
SELANJUTNYA
BERITA TERKINI
Inspirasi 1 Jam lalu

Inilah Alasan Hari Ibu Patut Diperingati. Nomor 4 Paling Fenomenal!

Bernas.id - Di Indonesia setiap memasuki bulan Desember disamping ada perayaan Hari Raya Natal ada juga perayaan yang bisa bikin heboh sekaligus juga mengharukan, apa coba tebak? Ya, perayaan Hari Ibu setiap tanggal 22 Desember, t ...

Inspirasi 2 Jam lalu

Sebenarnya Seperti Apa Sih Kebersamaan yang Ideal?

Bernas.id - Jiwa kebersamaan melekat di setiap manusia, rasa saling memiliki merupakan sifat yang tertanam. Bukan hanya sekedar bersama tapi saling mencintai merupakan keindahan yang diberikan oleh Allah SWT. Kepedulian merupakan anugerah y ...

Lifestyle 4 Jam lalu

Ingin Mendapat Direct Messages dari Idolamu? Ini Nih Cheatnya!

Bernas.id - Siapa yang tidak mengenal instagram? Media sosial tempat berbagi foto dan video ini sangat hits dan kekinian di zaman now. Pengguna instagram pun melingkupi semua kalangan, baik itu anak muda, tua, artis, presiden, ora ...

Pendidikan 4 Jam lalu

7 Kekonyolan Saat UAS Berlangsung! Anda Termasuk Yang Mana?

Bernas.id - Ulangan Akhir Semester (UAS) merupakan momentum bagi para siswa untuk bisa memperoleh nilai sebaik-baiknya agar bisa menutup kekurangan nilainya. Di saat-saat seperti ini, biasanya para siswa akan belajar dengan sungguh-sun ...

Lifestyle 5 Jam lalu

7 Karakter Teman yang Menjengkelkan. Nomor 5 Bikin Was-was!

Bernas.id - Salah satu tempat yang bisa digunakan untuk memperbanyak pengalaman yaitu sekolah. Sekolah adalah tempat untuk menimba pendidikan dan mulai mengenal banyak orang serta harus mulai berinteraksi. Adanya interaksi dengan orang ...

Ragam 5 Jam lalu

Wow, Gadis yang Dulunya Sering Dihina Ini Bangkit Menjadi Sesosok Peri Suci!

Bernas.id - Setiap orang pasti ingin dilahirkan dalam keadaan sempurna ke dunia, tak ada cacat apapun. Para wanita berharap kelak tubuhnya cantik dan mulus, dan yang lelaki berjuang supaya mendapat pengakuan ganteng.  Terlahir ...

Nasional 7 Jam lalu

Kementrian PUPR Terus Uji Coba Aspal Limbah Plastik

BANTEN, Bernas.id - Uji  coba campuran beraspal yang menggunakan limbah plastik atau dikenal aspal plastik kembali dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Ujicoba tersebut dilakukan di jalan tol Tanger ...

Nasional 8 Jam lalu

Kemenhub Siapkan Strategi Kelancaran Lalu Lintas Nataru

JAKARTA, Bernas.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus mempersiapkan kelancaran lalu lintas saat periode Natal 2017 dan TahunBaru 2018 (Nataru 2017/2018) dalam mengatur operasional kendaraan angkutan barang untuk kendaraan dengan sum ...

Nasional 8 Jam lalu

Tahun 2020 Jalur Ganda Rel Kereta Api Bogor-Sukabumi Siap Beroperasi

SUKABUMI, Bernas.id - Jalur ganda rel kereta api (KA) Bogor-Sukabumi diyakini pihak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan selesai tahun 2020 mendatang. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, di Cicurug, Jum ...

Nasional 8 Jam lalu

Kecewa! Priyo Kaget Airlangga Jadi Ketum Golkar

JAKARTA, Bernas.id - Sekretaris Dewan Kehormatan Partai Golkar Priyo Budi Santoso mengaku kaget dengan terpilihnya Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar dalam rapat pleno pada Rabu (13/12/17) mal ...

Regional 8 Jam lalu

8 RS di Bekasi Dilengkapi Fasilitas Isolasi Penyakit Difteri

BEKASI, Bernas.id - Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Jawa Barat, telah menyediakan layanan perawatan bagi pasien difteri di delapan rumah sakit swasta. Rumah sakit pun sudah dilengkapi dengan sejumlah fasilitas pendukung. "Sal ...

Teknologi 9 Jam lalu

Dalai Lama Luncurkan Aplikasi App-iness untuk Sampaikan Ajaran

Bernas.id - Pemimpin spritual Buddhisme Tibetan, Dalai Lama adalah salah satu tokoh agama dunia yang tak enggan memanfaatkan kemajuan teknologi. Ia mempunyai akun Twitter bernama @DalaiLama yang pengikutnya mencapai 16,6 juta orang. Sela ...

Regional 9 Jam lalu

Obyek Wisata Gunung Kidul Berbenah Setelah Siklon Cempaka

GUNUNG KIDUL, Bernas.id -  Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun kembali kepercayaan sektor pariwisata setelah terpuruk akibat dampak Badai Cempaka pada 28 November 2017 lalu. Sekretaris Dinas Pari ...

Film 9 Jam lalu

Ada “Gundam” sampai “Back to the Future” di Film Terbaru Steven Spielberg

Bernas.id –  Warner Bros baru saja merilis trailer film baru karya sutradara Legendaris Steven Spielberg. “Ready Player One” judulnya, adalah sebuah film yang penuh simbol budaya pop  tahun 90'an Dalam tra ...

Regional 9 Jam lalu

Akibat Badai Cempaka, Obyek Wisata Gunungkidul Rusak

YOGYAKARTA, Bernas.id - Badai Cempaka yang berembus pada 28 November lalu menyebabkan kerusakan di sejumlah obyek wisata di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satunya adalah Air Terjun Sri Gethuk, Kecamatan ...

Inspirasi 10 Jam lalu

Lakukan 3 Hal Ini Agar Liburan Anda Bisa Menghasilkan Uang. Cekidot!

Bernas.id - Menjelang liburan, biasanya kebanyakan orang sudah mempersiapkan rencana untuk melakukan perjalanan wisata, atau bagi para mahasiswa rantau memilih pulang ke kampung halaman. Liburan memang sesuatu hal yang dinantikan oleh setia ...

Bisnis 10 Jam lalu

Belazo: Membuat Background Luar Biasa Untuk Hasil Foto Sempurna

Bernas.id. - Seni foto, sangat berkaitan dengan keindahan obyek dan teknik demi kesempurnaan. Ada banyak teknik digunakan oleh seorang fotografer. Entah itu teknik yang berhubungan dengan pemanfaatan cahaya seperti Edge-Cut Sun, Dark F ...

Film 11 Jam lalu

Film Animasi Dragon Ball ke-20 Siap Dirilis Tahun Depan. Ini Temanya...

Bernas.id - Beberapa saat yang lalu, laporan dari Jepang mengkonfirmasi bahwa sebuah film animasi baru Dragon Ball akan dibuat, dan Akira Toriyama sang kreator franchise Dragon Ball akan sangat terlibat. Menurut laporan dari Yonkou Produ ...

Nasional 11 Jam lalu

Jelang Pilkada Serentak, Status Ganjar Pranowo Perlu Diperjelas KPK

JAKARTA, Bernas.id – DPD Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Jawa Tengah mendukung langkah Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo yang meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk memperjelas status Gubernur Jateng Ganjar Prano ...

Nasional 12 Jam lalu

Benarkah Kasus Setnov Untuk Seret Nama Besar Lainnya?

JAKARTA, Bernas.id - Kuasa Hukum Setya Novanto, Maqdir Ismail menduga ada upaya menyeret nama-nama besar dibalik kasus yang membelit Setnov. "Jangan-jangan ini perkara dibesar-besarkan untuk jatuhkan orang besar," analisa Maqdi ...

Mutiara Iman 12 Jam lalu

Muslim Harus Tahu! Ternyata Ada Penyebar Agama Islam di Afrika!

Bernas.id - Islam datang ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Para pedagang menjajakan dagangannya sembari berjualan. Ada juga yang akhirnya menikah dengan penduduk asli dan menetap di Indonesia. Setelah menetap, mereka pun tetap be ...

Nasional 12 Jam lalu

Terkesan Bermain Sendiri, Setnov Diminta Bongkar Pihak Lain

JAKARTA,Bernas.id - Penetapan Setya Novanto sebagai terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan KTP berbasis elektronik dianggap aneh. Sebab, terkesan Setnov hanya seorang diri dalam dugaan tipikor itu. Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, ...

Inspirasi 12 Jam lalu

Wow! Ini Dia 5 Kunci Rezeki yang Dijanjikan Allah

Bernas.id- Memang benar, setiap orang sudah diatur kepemilikan rezekinya. Baik banyak ataupun sedikit, sudah tercatat di buku manusia masing-masing. Namun, patut digarisbawahi bahwa rezeki tidak melulu soal uang. Anak sehat, istri ...

Film 12 Jam lalu

Disney Resmi Beli Fox, Pemeran Deadpool Unggah Meme Ini

Bernas.id –  Pada hari Kamis (14/12/2017) kemarin, Disney resmi mengumumkan bahwa mereka telah membeli beberapa aset Fox seharga $52.4 miliar. Kabar tersebut telah disambut antusias bagi penggemar film superhero yang berharap X-M ...

Bola 12 Jam lalu

Kalahkan Ronaldo dan Messi, Inilah Pemain Bola Paling Dicari di Google Sepanjang 2017

Bernas.id –  Mungkin banyak yang mengira bahwa Lionel Messi atau Cristiano Ronaldo adalah pemain sepakbola yang namanya paling dicari di Google tahun 2017. Namun faktanya bukan nama kedua megabintang itu yang paling dicari di Goo ...

Nasional 13 Jam lalu

Ramai Menikah Teman Sekantor, Fadli Zon: Itu Hak Asasi

JAKARTA, Bernas.id – Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPR RI Fadli Zon menyatakan setuju adanya putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang membolehkan menikah dengan teman sekantor. Fadli menilai hal itu sah-sah saja karena merupakan hak asasi ...

Nasional 13 Jam lalu

Setya Novanto, Kunci yang Irit Bicara dan Diyakini Tak Tahu Soal Kasus E-KTP

JAKARTA, Bernas.id – Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto diharapkan membuka mulut dan membongkar semua pihak yang terlibat kasus dugaan korupsi megaproyek e-KTP. Namun, Novanto diyakini akan tutup mulut. "Kalau bola di Setya Nov ...

Nasional 13 Jam lalu

Megawati Ingin 5 Persen APBN Dialokasikan untuk Riset Alam dan Lingkungan

JAKARTA, Bernas.id – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta agar 5 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) nantinya dialokasikan untuk keperluan riset dan penelitian. Hal ...

Inspirasi 13 Jam lalu

Wow, Menebak Isi Hati Seseorang Hanya Dengan Memandang Matanya? Begini Penjelasannya

Bernas.id - Di saat sedang ramai-ramainya semua orang mempertanyakan kejujuran di negara ini, sebagian lagi hanya bisa tersenyum dengan tatapan kosong. Kita sering mendengar jika ingin melihat kejujuran seseorang, tataplah matanya, karena m ...

Pendidikan 13 Jam lalu

10 Cara Komunikasi Guru Yang Efektif Di Sekolah. Nomor 3 Perlu Diperhatikan!

Bernas.id – Akhir-akhir ini komunikasi yang efektif sangat diperlukan oleh setiap orang. Tidak terkecuali komunikasi guru dengan rekan guru, pelajar, kepala sekolah, staf tata usaha dan warga sekolah lainnya.    Komu ...

Inspirasi 14 Jam lalu

Tak Ingin Bergantung Pada BPJS Kesehatan? Cobalah Tips Berikut!

Bernas.id - Ramainya berita penghapusan 8 macam penyakit dari daftar pengkaveran BPJS memang lagi santer beredar. Pendapat yang pro dan kontra seakan berlomba memberikan alasan masing-masing. Jika sudah seperti ini apa yang harus kita lakuk ...

Lifestyle 14 Jam lalu

Girls, Mau Tetap Tampil Imut? Ini Rahasianya!

Bernas.id - Ada sebagian orang yang walaupun sudah berumur, namun wajahnya tetap lucu dan menarik, seperti bayi. Pemilik baby face ini tentunya akan terlihat tetap imut dengan balutan busana apa pun. Sebagian orang memang suka tam ...

Nasional 14 Jam lalu

Aksi Sweeping Dilarang Jelang Natal dan Tahun Baru

JAKARTA, Bernas.id - Jelang perayaan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menegaskan seluruh organisasi kemasyarakatan (Ormas) untuk tidak melakukan sweeping terhad ...

Pendidikan 14 Jam lalu

Mendikbud Pastikan USBN 2018 Gunakan Model Esai

JAKARTA, Bernas.id - Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) 2018 sebagian besar soalnya akan menggunakan model esai atau mengisi jawaban dengan pilihan yang tidak tunggal. “Soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) nanti seba ...

Nasional 14 Jam lalu

LRT Semakin Banyak Diiminati Kota Besar Indonesia

JAKARTA, Bernas.id - Empat kota besar di Indonesia tertarik untuk membangun proyek kereta api ringan (Light Rapid Transit/LRT), dan sudah mengusulkan ke Kementrian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Keempat daerah tersebut ...

Internasional 16 Jam lalu

Ngeri, Bus Ini Terbelah Dua Usai Ditabrak Kereta

Bernas.id – Bencana kecelakaan mengerikan terjadi di Prancis. Sebanyak 4 orang tewas dan 12 lainnya menderita luka-luka setelah sebuah bus sekolah ditabrak oleh kereta. Jumlah korban tewas dikhawatirkan masih akan terus bertambah kare ...

Internasional 16 Jam lalu

Tiongkok Gunakan Drone untuk Kirimkan Obat ke Desa Terpencil

Bernas.id – Dewasa ini, drone menjadi pemandangan yang kian lazim dijumpai di langit. Bentuknya yang ringkas dan kemudahan dalam pengoperasiannya menyebabkan wahana terbang kecil ini kian banyak digunakan oleh orang-orang. Seiring den ...

Internasional 16 Jam lalu

Sebanyak 6700 Warga Rohingya Tewas Hanya Dalam Kurun Waktu Sebulan

Bernas.id – Kisah pilu mengenai etnis Rohingya masih belum usai. Menurut lembaga internasiol Dokter Tanpa Batas (MSF), setidaknya ada 6.700 warga sipil Rohingya yang tewas oleh aparat Myanmar di negara bagian Rakhine. Jumlah korban ...

Internasional 17 Jam lalu

Inilah Gedung Kedutaan Besar Termahal di Dunia

Bernas.id – Inggris dan Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai partner erat di banyak bidang. Menjadi hal yang wajar jika masing-masing negara memiliki kedutaan besar di negara sekutunya. Dalam waktu dekat, AS bakal punya gedung kedutaa ...

Bola 17 Jam lalu

Dihujat Suporternya Sendiri, Kiper AC Milan Menangis

Bernas.id – Bagi pemain sepak bola profesional, keberadaan suporter bak dua sisi mata uang. Dukungan mereka bisa membantu memotivasi pemain untuk tampil habis-habisan di atas lapangan. Namun, jika sang pemain dianggap tidak bermain cu ...

Kesehatan 17 Jam lalu

Luar Biasa, Seluruh Anggota Keluarga Ini Tidak Bisa Merasakan Sakit

Bernas.id – Apa yang bakal anda rasakan jika kaki Anda tanpa sengaja menginjak benda yang tajam? Pastinya Anda bakal merasa kesakitan. Namun, hal tersebut tidaklah berlaku bagi keluarga Marsili. Keluarga asal Italia tersebut memiliki ...

Mutiara Iman 18 Jam lalu

Rimpu, Wujud Keindahan Maruah Muslimah yang Terjaga

Bernas.id - Keanekaragaman budaya Indonesia sungguh mengagumkan. Tanpa terkecuali dapat kita jumpai di daerah ujung Nusa Tenggara Barat, tepatnya Suku Mbojo. Suku tersebut menyebar sepanjang wilayah kota Bima, Kabupaten Bima, ...

Pendidikan 21 Jam lalu

Guru Harus Tahu, 3 Jenis Mengapa Siswa Nakal.

Bernas id - Siswa menghabiskan sebagian besar waktunya di sekolah. Waktu yang dihabiskan sekitar 6 sampai 9 jam sehari. Belum lagi jika ada kegiatan-kegiatan di luar akademik. Sekolah sudah seperti rumah bagi siswa. Memang dikatakan ba ...

Lifestyle 21 Jam lalu

Punya Teman Introvert? Jangan Galau, Nih Keuntungannya.

Bernas id - Memiliki teman sesuai harapan memang asyik. Apalagi memiliki teman yang humoris, kocak, konyol, seru dan lainnya. Hidup semakin berwarna dengan kehadiran teman-teman tersebut. Teman-teman yang mengerti segala sesuatu tentan ...

Kesehatan 23 Jam lalu

Mengenal Herd Immunity, Si Superhero Vaksin yang Luar Biasa Manfaatnya

Bernas.id - Seperti yang kita semua tahu, superhero merupakan sosok pahlawan super yang bertugas memberikan perlindungan atau membantu orang yang mengalami kesulitan. Maka dari itu, herd immunity bisa disamakan tugasnya dengan superhero. ...

Pendidikan 1 Hari lalu

12 Karakter Sopan Santun Pelajar. Nomor 10 Sering Dilupakan!

Bernas.id – Beberapa pelajar telah kehilangan sikap sopan santunnya. Baik terhadap orangtua, guru ataupun teman-temannya. Mereka kerap bersikap jauh dari sopan santun. Para pelajar yang dididik dalam keluarga yang penuh dengan kesa ...

Inspirasi 1 Hari lalu

Ternyata Sebelum Sukses Besar, Novel Sensasional Ini Pernah Berkali-kali Ditolak Penerbit Lho!

Bernas.id - Siapa sih yang masih asing dengan novel dan film Harry Potter? Novel yang sudah mendunia ini ditulis oleh seorang penulis asal Inggris yang memiliki nama pena J. K. Rowling. Sekilas, nama itu terdengar seperti nama laki-lak ...

Inspirasi 1 Hari lalu

Kamu Tidak Memiliki Teman? Bersyukurlah! Keuntungan di Bawah Ini Pasti Kamu Rasakan

Bernas.id - Manusia terbagi menjadi tiga kepribadian, yaitu ekstrovert, introvert, dan ambivert. Pemilik kepribadian ekstrovert terkenal dengan ciri mudah bergaul, supel, dan memiliki banyak teman. Seorang ambivert adalah mereka y ...

Nasional 1 Hari lalu

Bali Masuk Daftar Favorit Pencari Google Tahun 2017

Bernas.id - Indonesia benar-benar menjadi tujuan wisata paling digemari oleh pecinta dunia maya, khususnya Google yang mencatatkan Bali menjadi salah satu destinasi wisata paling banyak dicari. Hal itu berdasarkan hasil selama tahun 2017 ...

Nasional 1 Hari lalu

Pemerintah Dukung Pengusaha Impor Sapi Indukan

JAKARTA, Bernas.id - Para pengusaha mendapat dukungan dari Pemerintah untuk mengimpor sapi indukan sebagai upaya percepatan mengembangkan peternakan hingga satu juta ekor sapi. Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman ya ...